15 Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang dan Merelakannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 14 November 2023 21:33
15 Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang dan Merelakannya
Mungkinkan kita melupakan orang yang kita sayang?

Cara melupakan orang yang kita sayang emang nggak gampang. Terkadang hal ini bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk melupakan patah hati yang kita rasakan.

Dilansir dari Professional Counseling, mudah tidaknya kamu melupakan dia bergantung pada jalannya hubungan dan bagaimana kamu menanganinya. Jadi, yang menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melupakan seseorang bukanlah bagaimana hubungan itu berakhir, tetapi bagaimana kamu menjalaninya. Bahkan, tak peduli apakah dia pernah menjadi milikmu atau tidak.

Selain itu, dikutip dari Bebodywise, cara melupakan orang yang kita sayang dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni mengalihkan perhatian, melibatkan hal lain, dan mengganggu pikiran kita. Hal ini dikarenakan otak kita memiliki pusat memori. 

Bertentangan dengan kepercayaan umum, ingatan ada di otak kita. Emosi kita juga dipicu dari bagian otak kita dan bukan dari hati kita sendiri. Maka dari itu, kamu bisa menerapkan tiga strategi tersebut untuk melupakan orang yang kita sayang.

Dikutip dari berbagai sumber, tips di bawah ini bisa membantu kamu melupakan orang yang kamu sayang, yang harus kamu lupakan.

1 dari 5 halaman

Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang - Beri Waktu untuk Memproses Perasaanmu © Diadona

Beri Waktu untuk Memproses Perasaanmu

Meskipun kamu terburu-buru untuk melupakan dia, beri waktu untuk dirimu juga termasuk dalam cara melupakan orang yang kita sayang.

Take your time, kamu juga boleh menangis sekeras mungkin. Menerima fakta yang menyedihkan emang selalu butuh waktu yang relatif lama.

Menerima Kenyataan

Happily ever after nggak selalu ada dalam semua kisah percintaan. Saat kamu udah banyak menghabiskan waktu sama pasanganmu, kamu pasti nggak siap sama perpisahan.

Namun, kamu harus menerima kenyataan bahwa kamu udah nggak bareng lagi. Meskipun menyakitkan, tetapi menerima fakta tersebut juga merupakan cara melupakan orang yang kita sayang. 

Buat Kenangan Baru

Cara melupakan orang yang kita sayang adalah dengan membuat kenangan baru. Kamu bisa mengikuti aktivitas yang kamu sukai untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Pengalaman baru akan memunculkan kenangan baru. Ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa kamu coba.

2 dari 5 halaman

Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona

Pergi ke Tempat Baru

Di rumah aja bakal bikin kamu terjebak dengan pikiran tentang mantanmu. Pergi ke luar bisa menjadi salah satu cara melupakan orang yang kita sayang. Kamu bisa berjalan-jalan di dalam kota atau berlari di dekat rumahmu. Hindari tempat yang pernah kamu datengi sama doi.

Stop Kepoin Dia

Cara melupakan orang yang kita sayang yang terpenting adalah jangan cari tahu kabar doi. Saat kamu putus, tandanya udah nggak ada yang perlu dibicarakan lagi sama dia. Jika perlu, kamu bisa menghapus kontaknya atau memblokir sosial media doi. Kamu juga bisa bilang ke temanmu untuk berhenti ngomongin dia.

Buang Seluruh Hal yang Berkaitan dengan Dia

Menyimpan barang yang berkaitan dengan dia cuma bikin kamu semakin keinget sama dia. Cara melupakan orang yang kita sayang ini terlihat sudah umum, tetapi faktanya ini ampuh karena menyimpan barang pemberiannya cuma memunculkan kenangan buruk tentangnya.

3 dari 5 halaman

Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang - Latih Ketenangan © Diadona

Ubah Dirimu

Kamu bisa mengubah rutinitas, gaya berpakaian, dan rambutmu. Nggak perlu berubah 100%, beberapa perubahan kecil juga udah cukup, kok. Hal baru umumnya membawa kebaikan dan kesegaran. Cara melupakan orang yang kita sayang ini bisa memberikan harapan dan kesempatan baru.

Fokus Pada Dirimu

Stop mikirin doi dan mulai benahi dirimu. Cara melupakan orang yang kita sayang ini termasuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa tidur yang cukup, makan secara teratur, rajin berolahraga, dan mempelajari teknik relaksasi seperti meditasi serta yoga.

Latih Ketenangan

Cara melupakan orang yang kita sayang juga bisa dilakukan dengan meditasi dan berdoa. Kamu perlu fokus kepada hal-hal yang bisa bikin kamu damai. Selain itu, kamu juga harus mencoba untuk memaafkan dan melupakan doi.

4 dari 5 halaman

Cara Melupakan ORang yag Kita Sayang dengan Membuat Kesibukan © Diadona

Dukungan dari Orang Terdekat

Ceritakan perasaanmu kepada teman atau keluarga yang bisa memberikan dukungan. Membicarakan tentang perasaanmu merupakan salah satu cara melupakan orang yang kita sayang. Keluarga atau sahabat juga bisa membantumu melihat sisi positif yang bikin kamu lebih hidup lagi.

Digital Detox

Walaupun kamu udah nggak sama doi, tetapi dengan kemajuan teknologi, kamu masih bisa melihat dia meskipun dari jauh. Cara melupakan orang yang kita sayang terampuh lainnya adalah lakukan digital detox.

Kamu bisa menghapus seluruh jejak digital dia pada akunmu. Hal ini termasuk berhenti mengikuti akun sosial medianya. Jangan beri celah sedikit pun untuk doi lewat di beranda sosial media mu.

Buat Dirimu Sibuk

Tetap sibuk dengan aktivitas dan bersosialisasi. Kamu bisa melakukan aktivitas yang kamu suka atau sekedar berkunjung ke rumah temanmu. Proses ini dapat membantu mengalihkan perhatian kamu dari mikirin dia.

5 dari 5 halaman

Cara Melupakan Orang yang kita Sayang - Percaya Bahwa Hidup akan Seperti yang Dulu © Diadona

Percaya Bahwa Hidup Akan Kembali Seperti Dulu

Mungkin kamu udah melewatkan tahun-tahun baik dengan dia dan bisa aja kamu merasa nggak bakal ada hubungan semenyenangkan ini setelah sama dia. Bahkan, bisa aja kamu berpikir kalau kamu akan kesepian sepanjang usiamu nanti.

Nah, salah satu cara melupakan orang yang kita sayang adalah mengusir pemikiran-pemikiran ini. Kamu harus mencoba untuk percaya kalau hidup bakal berjalan dengan baik dan kamu akan menemukan cintamu yang lain.

Tetapkan Tujuan Baru

Kamu bisa mengalihkan energimu untuk fokus pada pertumbuhan kamu. Cara melupakan orang yang kita sayang ini bisa dilakukan dengan memiliki hobi baru atau mengembangkan karir pribadi. Buat list untuk mencapai tujuan barumu dan utamakan tujuan terdekat terlebih dahulu.

Bantuan Profesional

Jika kamu merasa susah banget untuk mengatasi depresi atau kecemasan yang parah, pertimbangkan untuk mencari terapi atau konseling.  Cara melupakan orang yang kita sayang ini lebih berhasil karena kamu telah membicarakannya dengan seseorang yang expert pada permasalahan ini. Seorang profesional kesehatan mental dapat memberikan bimbingan dan dukungan.

Walaupun terasa berat, namun kadang kamu harus melakukan cara-cara melupakan orang yang kamu sayang agar kamu bisa move on dan menyambut orang yang baru.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar