Mengenal Poliamori, Hubungan Asmara Mirip Perselingkuhan Tapi Punya Prinsip yang Berbeda

Reporter : Arifina
Rabu, 23 November 2022 08:00
Mengenal Poliamori, Hubungan Asmara Mirip Perselingkuhan Tapi Punya Prinsip yang Berbeda
Apa itu Poliamori?

Poliamori, belum awam di telinga masyarakat Tanah Air. Namun, ini berkaitan dengan jalinan hubungan asmara.

Kalian tentu sudah tak asing dengan kata poligami ya. Sebuah jalinan hubungan pernikahan lebih dari satu istri.

Nah, poliamori ini tak jauh berbeda dengan poligami. Hanya saja, poliamori ini beragam jenis dan bisa dilakukan tanpa ikatan pernikahan.

1 dari 6 halaman

Poliamori ini juga lain halnya dengan perselingkuhan. Mereka yang menjalani hubungan poliamori bukan hanya mencintai lebih dari satu orang, tapi juga menjalani hubungan dengan lebih dari satu orang.

Dilansir dari Very Well Mind, poliamori merupakan praktik mencintai beberapa orang di saat yang bersamaan secara jujur, bertanggung jawab, dan tanpa adanya rasa posesif. Hubungan ini dibangun berdasarkan persetujuan dan awareness dari semua pihak yang terlibat di dalamnya.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi pasangan selingkuhIlustrasi pasangan selingkuh © thoughtcatalog.com

Artinya, baik kamu dan pasangan pertamamu sudah saling tahu. Tidak ada hubungan yang disembunyikan dan tak ada istilah perselingkuhan dalam kamus poliamori.

Tak sama dengan poligami, poliamori juga berbeda dengan open relationship atau swinging (bertukar pasangan) yang biasanya hanya melibatkan hubungan seksual. Dalam poliamori, ada yang disebut intimacy layaknya hubungan romantis pada umumnya.

3 dari 6 halaman

Di beberapa kasus, hubungan poliamori memiliki hierarki. Di mana hubungan yang satu atau pasangan yang satu lebih diprioritaskan dibanding yang lain.

Seseorang yang terlibat dalam poliamori ini bisa memiliki primary partner dan secondary partner. Tapi, ada banyak juga hubungan poliamori yang tidak memiliki hierarki dan semua pasangan diperlakukan sama rata.

Hubungan poliamori juga bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan jumlah orang yang berpartisipasi. Apa saja?

4 dari 6 halaman

Triad

Ini adalah hubungan antara 3 orang sekaligus. Ketiganya tidak harus menjalin hubungan dengan satu sama lain, bisa jadi dalam hubungan tersebut ada 1 orang yang memiliki 2 pasangan.

Quad

Melibatkan 4 orang, dan biasanya terjadi ketika 2 pasangan poliamori bertemu. Dalam kasus ini, ada dua skenario yang bisa terjadi, mereka saling bertukar pasangan atau keempat orang yang ada menjalin hubungan dengan satu sama lain.

5 dari 6 halaman

Polycule

Hubungan poliamori yang melibatkan berbagai orang sehingga semua yang terlibat di dalamnya membentuk sebuah jejaring. Misalnya, dalam ada keterlibatan primary partner, secondary partner, pasangan secondary dari primary partner, pasangan primary dari secondary partner, dan seterusnya.

Parallel Polyamory

Kalau yang satu ini terjadi ketika seorang individu menjalin beberapa hubungan di saat yang bersamaan. Namun, masing-masing pasangan dari hubungan tersebut tidak bersinggungan meski keduanya memiliki kesadaran akan kehadiran satu sama lain.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi pasangan selingkuhIlustrasi pasangan selingkuh © justicefamilylawyers.com.au

Walaupun hubungan poliamori belum bisa diterima secara sepenuhnya oleh masyarakat, tapi sudah banyak pasangan muda yang tertarik untuk mencobanya. Sebuah survei di Inggris menemukan ada 1,5 persen anak muda terlibat dalam hubungan poliamori.
Hal ini seakan membuat banyak peneliti mempertanyakan ulang konsep cinta dan hubungan monogami yang selama ini kita percayai.

Meski begitu, perlu diingat bahwa menjalani hubungan poliamori memiliki banyak tantangan. Poliamori bukanlah jalan pintas untuk lari dari komitmen atau menjustifikasi perselingkuhan.

Transparansi, consent, komunikasi, dan rasa percaya adalah beberapa hal yang wajib dijalankan dalam hubungan poliamori.

Beri Komentar