Mengenal Hubungan Interdependen yang Ternyata Baik untuk Perjalanan Cintamu, Lho!

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 21 Oktober 2022 08:00
Mengenal Hubungan Interdependen yang Ternyata  Baik untuk Perjalanan Cintamu, Lho!
Hubungan yang sehat tanpa merusak komitmen dan value membawa kebahagiaan satu sama lain

Menjalin sebuah hubungan yang romantis ataupun membangun sebuah pertemanan memang tidak lah mudah. Di saat hal itu sudah terbentuk, kebanyakan dari kita akan menghargai hubungan tersebut. Itu karena diri kita sadar bahwa membangun sebuah hubungan dan menjalinnya bukan lah suatu hal yang mudah untuk dilakukan dan butuh proses yang cukup panjang.

Keberhasilan sebuah hubungan bergantung pada kualitas bonding masing-masing orang. Namun, bisakah kalian melihat perbedaan antara hubungan yang saling bergantung dan ketergantungan satu sama lain? Dari dua istilah ini akan menjelaskan mengapa hubungan interdependen termasuk hubungan yang sehat, ya.

1 dari 6 halaman

Hubungan InterdependenHubungan Interdependen © shutterstock.com

Hubungan yang saling bergantung adalah hubungan yang saling mengasihi. Maksudnya adalah kita tetap membutuhkan pasangan kita, tapi kita tidak kehilangan jati diri ataupun nilai dalam diri kita. Kita masih bisa menjadi diri kita sendiri dan mengekspresikan hal-hal yang kita inginkan dalam sebuah hubungan asmara. Hubungan ini bisa disebut dengan hubungan interdependen.

Hubungan interdependen adalah hubungan yang menunjukkan bahwa pasangan mengenali dan menghargai pentingnya ikatan emosional yang mereka bagi sambil mempertahankan rasa diri yang kuat dalam hubungan yang dinamis.

2 dari 6 halaman

Hubungan KodependenHubungan Kodependen © shutterstock.com

3 dari 6 halaman

Sedangkan hubungan ketergantungan adalah hubungan yang berfokus hanya pada pasangan dan tidak melihat kebutuhan dan nilai dalam diri kita. Contoh simplenya begini, ketika kita sakit kita selalu merasa obat X adalah penyembuhnya. Hal itu yang mengakibatkan kita mengabaikan hal-hal lain seperti bahwa masih ada obat lain yang bisa menyembuhkan penyakit kita.

Sama halnya dengan hubungan ketergantungan ini. Hubungan ketergantungan atau bisa disebut sebagai hubungan kodependensi merupakan hubungan yang bisa dianggap tidak sehat. Kita tidak memberikan ruang gerak untuk diri kita sendiri dan juga pasangan. Kita selalu merasa bahwa pasangan adalah segala-galanya di atas kepentingan kita.

4 dari 6 halaman

Hal ini tentunya mengakibatkan diri kita lama-lama akan tertekan dan selalu merasa takut. Kamu tidak akan merasa nyaman dan akan merasa jauh dari dirimu sendiri.

5 dari 6 halaman

Mengapa Hubungan Interdependen Penting?

Jadi Diazens, hubungan yang sehat adalah hubungan interdependen di mana kamu bisa fokus dengan dirimu dan hal-hal yang kamu suka karena poin utama dalam hubungan ini adalah 'tidak merusak value dan komitmen dalam hubungan itu sendiri'. Hal itu sama halnya dengan pasanganmu. Pasanganmu juga akan memiliki ruang untuk dirinya sendiri tanpa perlu merusak komitmen yang sudah kalian bangun, bukan?

Selain itu, hubungan interdependen ini juga mengajarkan kita untuk tidak saling menuntut satu sama lain karena kalian melihat pasangan kalian sebagai pasangan yang memang layak menerima kehadiranmu dan kasih sayangmu. Begitu juga sebaliknya.

6 dari 6 halaman

Cara Membangun Hubungan Interdependen

Kunci untuk membangun hubungan interdependen adalah mengenal diri kita terlebih dahulu. Banyak sekali orang mencari atau memasuki hubungan hanya untuk menghindari perasaan sendirian, tanpa refleksi pribadi tentang siapa mereka, apa yang mereka hargai, dan tujuan mereka untuk hubungan itu.

Psikoterapis berlisensi Sharon Martin, LCSW menyarankan penting untuk mempertahankan rasa diri dalam hubungan romantismu. Dia menyarankan cara-cara berikut untuk mempertahankan rasa diri dalam suatu hubungan:

  • Mengetahui apa yang kamu sukai dan apa yang penting buat kamu
  • Tidak takut untuk meminta apa yang kamu inginkan dan butuhkan
  • Habiskan waktu bersama teman dan keluarga. Kamu tak harus menghabiskan waktumu setiap saat dengan pasangan, kok.
  • Terus mengejar tujuan dan cita-citamu
  • Kenali dan perhatikan nilai-nilai dalam dirimu, ya.
  • Luangkan waktu untuk hobi dan minat
  • Jangan takut untuk mengatakan " tidak"
  • Jangan jadikan dirimu kecil atau tersembunyi hanya untuk menyenangkan orang lain
  • Memberi ruang dan kesempatan kepada pasangan untuk melakukan hal yang sama akan menjadi kunci untuk membangun hubungan yang sehat dan saling bergantung.

Beri Komentar