Manusia Cenderung Memilih Pasangan yang Bau Badannya Mirip dengan Dirinya, Kenapa Bisa Gitu ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 26 November 2020 10:15
Manusia Cenderung Memilih Pasangan yang Bau Badannya Mirip dengan Dirinya, Kenapa Bisa Gitu ya?
Eh, beneran nih?

Setiap orang tentunya punya kriteria masing-masing dalam memilih pasangan. Ada yang memilih berdasarkan penampilan, kemapanan, kepribadian, bahkan kecocokan prinsip dan cara pandang.

Namun, ternyata ada hal menarik yang secara tidak terduga justru jadi salah satu kriteria seseorang dalam memilih pasangan loh.. Sebuah riset menemukan bahwa manusia cenderung memilih pasangan yang memiliki bau badan yang mirip dengan dirinya, kok bisa?

1 dari 3 halaman

Melansir dari Daily Mail, riset ini dilakukan oleh seorang ahli evolusi perilaku bernama Caroline Allen dari University of Newcastle. Caroline mengambil sampel bau badan dari 30 pasangan di Skotlandia yang setidaknya sudah menjalani hubungan percintaan selama 6 bulan.

Pasangan tersebut diminta untuk berbagi 'sampel' bau badannya selama 2 hari berturut-turut. Selama 2 hari tersebut, mereka diminta untuk tidak memakai wewangian apapun, tidak berolahraga, tidak mengonsumsi makanan yang beraroma kuat, serta tidak berbagi tempat tidur.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Mengendus Aroma Tubuh Pasangan © Diadona

Kemudian, partisipan lain akan diminta untuk memberi nilai mengenai seberapa mirip aroma tubuh dua orang tersebut. Dan tanpa diduga, hampir semua hasil menunjukkan bahwa seseorang akan tertarik dengan lawan jenis yang memiliki bau badan mirip dengan dirinya.

Aroma tubuh natural ternyata menjadi sinyal utama untuk menarik lawan jenis. Dan tentunya ketertarikan ini terbentuk secara alami pula. Namun, aroma tubuh nggak hanya mempengaruhi ketertarikan, tapi juga kepuasan dan kebahagiaan dalam hubungan.

3 dari 3 halaman

Tim peneliti menemukan fakta bahwa pria cenderung lebih bahagia saat menjalani hubungan, apabila sang wanita memiliki kemiripan bau badan dengan dirinya. Namun hal ini nggak terjadi pada wanita, karena jenis kontrasepsi tertentu ternyata bisa mengubah penciuman seseorang.


Nah itu dia penjelasannya secara ilmiah. Anyway, semua orang pasti mencari pasangan yang aromanya tubuhnya wangi dong ya.. kamu juga kan?

Beri Komentar