Ingin Hubungan Terus Langgeng? Coba Terapin Rasio Ajaib 5:1 Ini Yuk!

Reporter : Arifina
Kamis, 3 November 2022 08:00
Ingin Hubungan Terus Langgeng? Coba Terapin Rasio Ajaib 5:1 Ini Yuk!
Rasio ajaib 5:1 itu seperti apa sih?

Tak ada suatu hubungan yang jalannya mulus. Adanya konflik akan selalu menjadi bumbu-bumbu dalam romansa dengan pasangan.

Karena itu, perlu adanya komitmen atar pasangan untuk saling bekerjasama dalam menjalani hubungan jangka panjang. Apalagi, jika hubungan asmaramu ini sudah berlanjut ke ranh pernikahan.

Dilansir dari Mind Body Green, langgengnya sebuah hubungan asmara itu perlu penerapan rasio ajaib 5:1. Penerapan rasion tersebut dapat menjadikan hubungan asmara lebih sehat dan langgeng terutama saat mengalami konflik.

1 dari 6 halaman

Apa itu rasio ajaib 5:1 dalam hubungan?

Psikolog tersohor John Gottman, Ph.D., dan Robert Levenson, Ph.D., di tahun 1970-an dan 1980-an, melakukan penelitian tentang cara pasangan berinteraksi satu sama lain hingga bagaimana kelangsungan hubungan mereka selama beberapa tahun.

John mengidentifikasi apa yang dia sebut sebagai 'rasio ajaib 5:1'. Rasio inilah yang kemudian menentukan kesuksesan sebuah hubungan.

Hasilnya, pasangan yang bahagia dan langgeng memiliki sekitar lima interaksi atau perasaan positif untuk setiap satu interaksi atau perasaan negatif selama masa konflik.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Interaksi positif ini di antaranya, menunjukkan kasih sayang, tertawa bersama, berbagi sentuhan fisik, serta saat-saat ketika kamu dan pasangan saling menghargai dan mencintai.

Sementara, interaksi negatif di antaranya kritik, penghinaan, ketegangan, kebencian, stres tentang masa depan hubungan, dan saat-saat ketika hal-hal nggak terasa baik dalam hubungan.

3 dari 6 halaman

Memang tidak ada yang menghitung interaksi setiap pasangan setiap harinya. Namun, hal itu bisa menjadi alat reflektif jika metode interaksi itu ditulis dalam daftar.

Dengan begitu, kamu juga bisa memetakan antara interaksi positif dan negatif yang kamu lakukan terhadap pasangan setiap harinya. Apakah lebih banyak interaksi positif atu negatif ya?

Rasio ajaib 5:1 ini juga bisa dianggap sebagai 'rekening bank cinta'. Seperti yang dikatakan oleh terapis pernikahan berlisensi Linda Carroll, LMFT.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi pasangan suportif © Diadona

Interaksi positif akan mengisi rekening bank cinta, sementara interaksi negatif akan mengurasnya. Dalam artian, rekening bank cinta ini perlu adanya penjagaan dari setiap pasangan.

Nah, misal terjadi kesalahpahaman yang mendalam, pertengkaran yang tidak menyenangkan, atau timbulnya jarak- tidak akan menyebabkan kondisi yang merugikan. Sebab, kalian antar pasangan sudahsaling memetakan dan menerapkan rasio ajaib 5:1 tersebut.

5 dari 6 halaman

Penting untuk dipahami, rasio ajaib 5:1 itu khusus diaplikasikan pada situasi konflik. Di luar konflik, menurut John, rasio antara interaksi positif dan negatif dalam hubungan yang sukses sebenarnya justru naik menjadi 20:1.

Artinya, terdapat 20 interaksi positif untuk setiap satu interaksi negatif. Rasio ajaib 5:1 (dan rasio 20:1 di luar situasi konflik) dapat menjadi cara yang membantu untuk memeriksa hubungan.

Rasio ini juga bisa menjadi pengingat yang baik jika merasa kesulitan sepanjang waktu, banyaknya drama, perasaan frustrasi, atau sakit hati nggak boleh mendominasi hubunganmu.

6 dari 6 halaman

Apalagi dalam setiap hubungan pasti akan mengalami pasang surut. Karena, tidak ada dua orang yang benar-benar selaras, dan tidak dapat dihindari bahwa dua orang yang berinteraksi satu sama lain setiap hari terkadang akan saling menyakiti.

Oleh karenanya, hubungan yang langgeng dan sehat harus diwarnai dengan momen-momen positif yang jauh lebih banyak daripada momen-momen negatif. Dengan kata lain, hubungan yang sehat sebagian besar waktunya dihabiskan dalam keadaan yang nyaman dan penuh kasih sayang.

Beri Komentar