3 Alasan Mengapa Istri Jarang Ajak Suami Bercinta Duluan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 9 Agustus 2022 14:15
3 Alasan Mengapa Istri Jarang Ajak Suami Bercinta Duluan
Apakah kamu salah satunya?

Bukan rahasia lagi, laki-laki adalah pihak yang cenderung punya inisiatif soal bercinta, sedangkan perempuan adalah pihak yang lebih banyak pasif. Perempuan yang jarang gerak duluan soal hubungan seksual, ternyata ada banyak alasan di baliknya.

Faktor utama penyebab hal ini adalah perbedaan cara laki-laki dan perempuan terangsang. Perbedaan ini memengaruhi inisiatif laki-laki dan perempuan dalam mengajak berhubungan seksual.

1 dari 5 halaman

Melansir dari Fatherly, ketika alat kelamin perempuan merespons rangsangan, otak mereka tidak selalu melaporkan bahwa dirinya sedang terangsang. Di sisi lain, perempuan sebenarnya juga butuh waktu untuk bisa terangsang dan bergairah.

Lantas, apa penyebab lain yang membuat perempuan jarang punya inisiatif untuk mengajak bercinta lebih dulu? Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

1. Gairah perempuan lebih rendah dari laki-laki

Ilustrasi Pasangan di Atas RanjangIlustrasi Pasangan di Atas Ranjang © shutterstock.com/id/g/Jelena+Danilovic

Beragam studi menemukan fakta bahwa gairah seksual perempuan cenderung lebih rendah dari laki-laki. Hal inilah yang membuat laki-laki akhirnya lebih sering mengajak berhubungan seksual lebih dulu.

Faktor biologis juga memiliki andil dalam hal ini. Laki-laki memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi, sehingga memiliki dorongan seksual yang lebih spontan, sedangkan perempuan cenderung bersifat responsif.

" Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi pria untuk melakukan foreplay," ujar Nicole Prause, psikofisiologis seks dan neurosaintis.

3 dari 5 halaman

2. Usai jadi ibu, perempuan cenderung butuh me time

Ilustrasi Me TimeIlustrasi Me Time © shutterstock.com/id/g/Azarnikova

Usai menjadi ibu, perempuan cenderung mengalami banyak perubahan dan kadang jadi tidak sempat memikirkan soal seks.

" Menyusui, memeluk, dan ada anak yang selalu di dekatnya sepanjang waktu membuat perempuan ingin sendiri. Ia ingin tubuhnya adalah miliknya untuk sementara waktu. Jadi, sedang tidak ingin disentuh pasangan," ujar terapis keluarga, Jill Whitney.

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga membuat perempuan jadi mudah lelah, sehingga berimbas pada menurunnya gairah seksual. Sebenarnya, suami bisa banget membantu 'meringankan' beban sang istri agar gairah bercintanya tetap stabil.

" Mengerjakan pekerjaan rumah tangga memang tak tampak sebuah foreplay ya, tapi dapat membuat perempuan merasa santai dan bisa membautnya memikirkan keinginan untuk berhubungan seks," saran Jill.

4 dari 5 halaman

3. Masalah komunikasi

Ilustrasi Pasutri NgobrolIlustrasi Pasutri Ngobrol © shutterstock.com/id/g/Dmytro+Zinkevych

Sudah seringkali ditekankan jika komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan. Termasuk dalam hubungan seksual, komunikasi adalah jembatan untuk meraih kualitas bercinta yang baik.

Mungkin, sebagian istri memang nggak peka soal hubungan seksual. Nah, ada baiknya jika kamu yang lebih dulu memberi tahu mengenai hal tersebut.

" Katakan padanya bahwa kamu akan menyukainya jika melakukan langkah pertama untuk bercinta. Katakan pada istri bahwa hal itu tampak seksi dan membuat kamu merasa diinginkan," pungkas Jill.