6 Cara Elegan Menghadapi Mantan Doi yang Suka Ganggu Hubungan Kalian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 8 Maret 2024 23:02
6 Cara Elegan Menghadapi Mantan Doi yang Suka Ganggu Hubungan Kalian
Jangan sampia kita ikutan tantrum gara-gara menghadapi mantan dari pacar yang masih suka ganggu, ya!

Pasti nggak nyaman kan kalau mantan dari pasangan kita masih saja muncul dan mengganggu hubungan. Entah berkeliaran di sosial media pacar, menyapa di chat, atau bahkan terang-terangan ngajak jalan.

Mantan yang tiba-tiba muncul ini ibarat kutu di rambut. Ganggu banget!

Tindakan yang kamu lakukan terhadap gangguan tersebut sangat menentukan gimana gangguan si mantan selanjutnya ya! Jangan lupa juga ingatkan pasangan kamu buat memberikan batasan yang jelas antara dia dengan si mantan. Selain itu, ingatkan keduanya dengan cara yang berkelas dan elegan.

 

1 dari 5 halaman

Cara Menghadapi Mantan dari Pacar yang Suka Ganggu Hubungan Kita © Diadona©shutterstock.com/Srijaroen

Stalking Sosmed Kamu/Pacar

Stalking adalah hal yang umum banget dilakukan sama mantan, karena mereka kepo dengan hubungan yang kita jalanin sekarang. 

Di zaman serba sosial media ini, semua informasi tentang diri dan hubungan kita bisa dengan mudah ditemukan di sosial media. Karena itu, si mantan bisa dengan mudah mencari informasi tentang kita hanya berbekal nama kita doang.

Kadang kamu bisa mengetahui mantan yang masih gangguin itu ketika terdapat akun-akun yang kayak punya kaitan dengan mantan dari pacar kamu, tiba-tiba kerap berkunjung di halaman sosial media kamu.

Membayangkan mantan dari pacar kamu masih stalking di media sosial kita mungkin bikin kamu was-was dan penasaran. Tapi inget yah, bahwa ini bukan tentang kamu, melainkan tentang dia. 

Mereka mungkin masih kepo tentang kehidupanmu atau mungkin masih memproses perpisahan tersebut. Yang terpenting adalah gimana kita menanggapi situasi tersebut. 

Kalau hal ini bikin kamu nggak nyaman, pertimbangkan untuk membatasi akses mereka ke sosial media kamu atau kalau mau sih sekalian aja blokir mereka. Utamakan kesehatan mentalmu, jangan menghabiskan energi untuk seseorang yang tidak penting buat hidupmu.

2 dari 5 halaman

Cara Menghadapi Mantan dari Pacar yang Suka Ganggu Hubungan Kita © Diadona©shutterstock.com/MDV Edwards

Tiba-tiba Chat Pacar Kamu

Menjalin hubungan baik dengan mantan pacar adalah sesuatu yang baik, tapi tetap harus ada batasan ya! Bila chatting yang dilakukan antar keduanya memiliki sisi urgensi, tentunya hal ini nggak apa-apa.

Tapi balik lagi, bila kamu merasa terganggu dengan sekecil apapun komunikasi mereka, jangan ragu untuk sampaikan kepada pasangan ya!

Menghina Kamu di Depan Pacar Kamu

Bisa dibilang ini adalah jenis gangguan dari mantannya pacar yang paling nyebelin! Hinaan tersebut bisa berupa kata-kata yang menyebut bahwa kamu tidak lebih baik darinya. Terkadang hal ini diawali dengan konteks bercanda.

Yang paling penting dari gangguan ini sebenarnya adalah gimana pasangan kamu merespon perilaku mantannya ini. Apakah dia membelamu atau tidak?

Jika mereka nggak bisa membela kamu dan melindungi perasaanmu, itu bisa menjadi pertanda peringatan tentang dinamika dalam hubunganmu

3 dari 5 halaman

Cara Menghadapi Mantan dari Pacar yang Suka Ganggu Hubungan Kita © Diadona©shutterstock.com/Chadchai Krisadapong

Kalau si mantannya pacar ada di salah satu contoh itu, kamu wajib melakukan sesuatu nih, agar hubunganmu dengan pacar tetap aman dan harmonis. Dilansir dari berbagai  sumber, ini dia cara menghadapi gangguan dari mantannya pacar :

Biarkan saja

Fokuskan aja waktu, energi, dan pikiran kalian dalam hubungan dengan pacar aja. Ingat, tidak semua hal dalam kendali kita. Kita nggak bisa mengontrol perilaku orang lain, apalagi mengontrol kelakuan mantan dari pacar yang masih gagal move on.

Yang paling penting dalam menyikapi gangguan ini adalah gimana respon pasangan kamu. Dia perlu menerapkan batasan-batasan kepada mantan pacar agar tak mengganggu hubungan kalian.

Membiarkan perilaku mantan yang mengganggu bisa merusak kepercayaan dan kenyamanan dalam hubunganmu. Ini juga bisa bikin kamu merasa tidak dihargai atau tidak dilindungi oleh pasanganmu. 

Respon Secukupnya

Kalau dirasa mereka sangat mengganggu saat dibiarkan, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah respon secukupnya. Kadar secukupnya itu tidak bisa diukur, namun yang jelas tindakan tersebut masih dalam batas respon yang sehat.

4 dari 5 halaman

Cara Menghadapi Mantan dari Pacar yang Suka Ganggu Hubungan Kita © Diadona©shutterstock.com/Anutr Yossundara

Bicarakan dengan Pasangan

Apakah pacar kamu memberikan dukungan dan mengerti perasaanmu? Apakah mereka memberikan batas-batas yang sehat? Ataukah mereka membiarkan perilaku tersebut terus berlanjut?

Jangan lupa ngobrol sama pasangan tentang perasaanmu. Pasangan yang baik akan memberikan validasi kepada perasaanmu, sambil menjaga batas hubungan yang sehat antara dia dengan mantannya. Jangan memaksa pacarmu untuk melakukan tindakan berlebihan kepada mantannya ya, kecuali apa yang dilakukan oleh si mantan sudah dalam tahap tidak wajar.

Ingatlah bahwa kamu memiliki hak untuk merasa aman dan dihormati dalam hubunganmu

Jadi Versi Terbaik Dirimu

Naikkan nilai diri kamu dengan melakukan hal-hal yang positif. Fokus sama diri kamu sendiri aja, nggak perlu dengarkan mantan dari pacar yang sedang berusaha menunjukkan insecuritynya.

5 dari 5 halaman

Cara Menghadapi Mantan dari Pacar yang Suka Ganggu Hubungan Kita © Diadona©shutterstock.com/Kmpzzz

Percaya pada Pasangan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, selama memang pasangan adalah sosok yang bisa dipercaya. Ingat bahwa apa yang dilakukan oleh mantannya terhadapmu juga bukan merupakan tanggung jawabnya.

Selain itu, hubungan kalian juga akan lebih harmonis karena minim kekhawatiran dalam hubungan.

Ramah dengan Mereka

Ingat, apa yang orang lain lakukan terhadapmu adalah tentang mereka, bukan tentang kamu. Jadi kalau mantan dari pacar kamu menganggu, itu bukan karena kamu pantas diganggu melainkan ada yang salah dengan dirinya.

Nggak ada salahnya buat tetap bersikap ramah ke dia sambil menunjukkan bahwa apa yang dia lakukan, nggak berarti apa-apa dalam hubungan kamu dan pacar.

Lupakan mantan itu wajib loh Diazens, jadi jangan sampai terjadi di kamu ya ada mantan dari pacar yang sering mengganggu hubungan, Semoga tipsnya bisa bermanfaat yaa!

Nah, gimana nih Diazens kalau kalian ada di posisi itu, apa yang akan kalian lakukan? Bagi tips lainnya dong.

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar