Berdebat dengan Pasangan dalam Hubungan Ternyata Ada Manfaanya lho!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 28 Mei 2021 17:00
Berdebat dengan Pasangan dalam Hubungan Ternyata Ada Manfaanya lho!
Jangan menghindari konflik ya, mending segera selesaikan dengan pikiran terbuka!

Hayo, siapa yang sukanya menghindar ketika ada konflik di dalam hubungan? Barang kali Diazens pernah nih melakukan hal ini, atau jangan-jangan malah sering? Hehe...

Berdebat dan berbeda pendapat memang terasa tidak nyaman. Kendati demikian, terkadang konflik tidak bisa dihindari. Nah, sebenarnya konflik itu sehat atau tidak, ya, dalam sebuah hubungan?

Konflk dalam sebuah hubungan adalah hal wajar dan umum terjadi. Namun, berdebat sering kali dikaitkan dengan sesuatu yang negatif. Tak sedikit pula yang menganggap bahwa dengan berdebat pasti ada satu tanda dari keretakan sebuah hubungan.

Padahal, asal Diazens tahu bahwa berdebat adalah salah satu proses untuk mengutarakan pendapat dan mendengarkan perspektif orang lain, lho! Lalu, apa saja manfaat berdebat dalam hubungan?

 

1 dari 5 halaman

1. Rasa Menghargai

Saat berdebat, otomatis akan ada perbedaan pemahaman pada masing-masng orang dalam hubungan. Oleh sebab itu, dengan berdebat membuat kita bisa memiliki banyak perspektif. Saat berdebat, kita pun juga bisa belajar untuk saling menghargai perbedaan dari sudut pandang yang ada.

2 dari 5 halaman

2. Hubungan Jadi Semakin Kuat

Ilustrasi Pasangan Marah © Diadona

Dalam menjalin sebuah hubungn, tentu kita diharuskan untuk bisa terbuka dan menyatakan apa yang ada dalam pikran. Nah, hubungan yang kuat ini bisa dilewat walau dengan segala macam perdebatan yang terjadi. Jika Diazens terlalu takut untuk mengutarakan apa yang dirasakan, lama-kelamaan hubungan akan hancur karena ketidakterbukaan yang dilakukan.

3 dari 5 halaman

3. Hubungan Jadi Lebih Nyaman Tanpa Rasa Takut

Berdebat bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu dan pasangan sudah nyaman dalam menjalin hubungan. Hal ini karena baik kamu dan pasangan sama-sama berani mengutarakan perspektif dari sisi yang berbeda serta bisa menjadi diri yang sebenarnya. Nah, saat kamu dan pasangan berhasil melewati semuanya, kita bisa sadar bahwa perbedaan pendapat tidak akan menghancurkan hubungan yang sudah nyaman terjalin.

4 dari 5 halaman

4. Sebagai Momen Belajar Bersama

ilustrasi pasangan tertawa © Diadona

Diazens sudah tahu belum kalau dalam setiap perdebatan secara tidak langsung juga bisa menjadi sebuah pemahaman dalam berfikir kritis dan mendalam. Berdebat bisa menjadi salah satu cara untuk semakin mengenal pasangan dan saling memperkenalkan cara pandang masing-masing.

Hindari menganggap konflik yang terjadi sebagai ancaman di dalam hubungan. Sebaliknya, pahami konflik sebagai salah satu cara untuk membuat hubungan semakin bertumbuh dan memahami pasangan semakn baik lagi. Tentu kamu senang dong dengan hubungan yang saling paham satu sama lain?

5 dari 5 halaman

Jadi, berdebat adalah suatu hal yang wajar terjadi dalam hubungan. Bahkan huubungan dengan perdebatan cenderung lebih kuat dibandingkan dengan hubungan yang menghindari perdebatan.

Ya, dengan berdebat akan membuat koneksi menjadi lebih kuat dan pemahaman satu sama lain menjadi lebih mendalam. Diazens sudah mendapatkan manfaat apa saja selama berdebat dengan pasangan nih? Coba komen di bawah ya!

 

Beri Komentar