10 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Suami Sudah Mulai Tak Lagi Peduli lagi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 3 Mei 2024 10:34
10 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Suami Sudah Mulai Tak Lagi Peduli lagi
Tak perlu risau, ini lho beberapa hal yang bisa kamu lakukan kala suami sudah mulai tak lagi peduli.

Menjalani bahtera rumah tangga bukan hanya mengandalkan rasa saling suka. Lebih dari itu, rumah tangga adalah pasangan yang bisa diajak bekerja sama serta mampu menjadi partner hidup.

Oleh karena itu, sikap saling peduli satu sama lain adalah hal yang sangat berharga. Jadi, akan terasa sangat tidak nyaman kala salah satu pasangan sudah mulai menunjukakan rasa tidak saling peduli.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Jangan menyindir suami yang tidak peduli, jangan justru menjauh. Tak perlu risau ya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi suami yang sudah mulai tak lagi peduli.

1 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Istri Bila Suami Sudah Tidak Peduli Lagi© 2024 shutterstock.com/Gatot Adri

1. Dengarkan Perkataan Suami

Setiap orang pasti ingin dicintai dan dihargai oleh pasangan. Oleh sebab itu, kamu perlu sesekali menunjukkannya, baik dalam perkataan maupun perlakuan bahwa kamu amatlah mencintainya.

Dengarkan dengan baik apa saja yang dikatakannya. Seperti halnya permintaan ataupun pendapatnya. Dengan begitu suami akan merasa nyaman dan lebih mempedulikan kamu sebagai istrinya. Suami akan menjadi mempedulikanmu, terlebih kamu adalah tipe istri yang mudah diajak berkompromi.

Namun jangan telah mentah-mentah perkataannya yah! Bila ternyata permintaannya adalah sesuatu yang tidak baik untuk keluarga dan dirimu, ambil langkah lain.

2. Ajak Suami Bicara

Perlu banyak kesabaran untuk membantu memahami suami mengapa dia harus turut peduli dalam hubungan kalian. Selain itu, suami perlu mendengarkan kamu karena dia mungkin nggak sadar bahwa ada yang salah dengan apa yang dia lakukan saat ini. 

Kejujuran dan pembicaraan dua arah adalah salah satu upaya yang tepat dalam mengatasi ketidakseimbangan dan ketidakharmonisan dalam hubungan kalian. Bicarakan pada suami yang sudah tidak peduli lagi untuk memperbaiki hubungan yang sudah kalian jalani.

 

2 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Istri Bila Suami Sudah Tidak Peduli Lagi© 2024 shutterstock.com/ART STOCK CREATIVE

3. Memberikan Pujian Kepada Suami

Selain mendengarkan, untuk membuat suami merasa dihargai adalah dengan memberi pujian. Berikan pujian tulus atas apa yang kamu lihat, baik penampilan atau hal kecil yang sudah dia lakukan. Lakukan secara berkala, meskipun pada awalnya suami menanggapi dengan cuek saja.

Alangkah lebih baik jika kamu jangan pernah mempermainkan perasaan suami. Bisa jadi ketika dia tersinggung atau marah, bukannya mengatasi masalah ketidakpedulian, malah menambah masalah baru.

4. Jadikan Suami Sebagai Prioritas

Kadang kala suami juga butuh pendamping yang mampu menguatkan mereka dan mendukung ketika membutuhkan. Bisa jadi suami tak peduli pada perasaan kamu karena kamu dinilai kurang peduli ketika dia sedang membutuhkan. Ingat, di balik kesuksesan seorang laki-laki, ada perempuan hebat di belakangnya.

 

3 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Istri Bila Suami Sudah Tidak Peduli Lagi© 2024 shutterstock.com/Nuei57

 

5. Buat Suami Sadar dengan Kehadiranmu

Ketika kamu merasa bahwa suami sudah nggak peduli lagi, buat dirinya sadar kalau kamu ada di sisinya. Lakukan inisiatif untuk mengendalikan situasi yang ada dan bersikap terbuka padanya, seperti menyampaikan apa yang kamu rasakan dan buat dia merasa dihormati dengan menunjukkan perhatian dan cinta padanya. 

Bisa saja suamimu adalah tipikal orang yang harus didekati terlebih dahulu dalam situasi ini, dan kamu adalah orang yang cocok melakukannya seperti matahari yang bisa menghangatkan gunung es.

Dengan kekuatan dan kesabaran yang kamu punya, hubungan kalian bisa diupayakan kembali seperti semula.

6. Tanyakan Cara Membuat Suami Nyaman Kembali

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk diam saja ketika nggak senang dengan suatu hal. Untuk menghadapi suami yang tidak peduli, bicaralah dengan dia tentang apa yang bisa kamu lakukan ketika hal itu terjadi untuk membuat komunikasi lebih mudah dan membuat kalian berdua lebih nyaman.

Berusahalah untuk benar-benar mendengarkan dan memahami tanggapan pasanganmu tentang jawaban yang dia berikan. Kamu juga bisa mencoba mengulangi perkataannya dengan kata-katamu sendiri, yang menunjukkan kalau kamu berusaha memahami jawaban suamimu dan mempertimbangkannya.

4 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Istri Bila Suami Sudah Tidak Peduli Lagi© 2024 shutterstock.com/Rachata Teyparsit

7. Jangan Langsung Menghindari Suami

Dalam menghadapi suami yang sudah tidak peduli, hindari untuk berasumsi dan berharap dia bisa berubah dengan sendirinya. Terkadang dia mungkin sulit untuk menyadari apa yang telah dia lakukan dan tunjukkan padamu. 

Cobalah yang untuk membantunya memahami bahwa kamu nggak akan menghindari dan menghakimi ketika suamimu menunjukkan sisi emosionalnya. Beberapa lelaki mungkin menganggapnya sebagai tanda kelemahan dan menganggap hal itu membuat mereka kurang jantan. Tunjukkan padanya yang sebaliknya. 

8. Lakukan Hal yang Romantis

Lakukan dan ucapkan tindakan-tindakan romantis yang suamimu sukai. Tunjukkan kalau kamu memperhatikan hal-hal kecil tentangnya yang akan membuat dia sadar kalau kamu sangat mencintainya.

Nggak perlu tunjukkan dengan berat, kamu bisa selipkan dalam kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan tiap hari untuk suami. Siapa tahu, dengan cara ini dia akan sadar dengan dirinya yang nggak peduli padamu.

5 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Istri Bila Suami Sudah Tidak Peduli Lagi© 2024 shutterstock.com/Pormezz

9. Berikan Waktu dan Ruang Pada Suami

Suami tentunya akan membutuhkan waktu sendiri. Jadi, biarkan dia istirahat dan berpikir dalam kesendirian. Entah itu dengan tidur, bermain game, olahraga atau sekedar menonton film.

Beri suami prioritas dengan membiarkannya memiliki me time sendiri.

Namun, me time tersebut harus berimbang antara kewajibannya sebagai suami atau ayah di rumah ya!

10. Perhatikan Penampilanmu

Lelaki adalah makhluk visual yang sering memperhatikan hal yang tampak. Bisa jadi penampilanmu juga memengaruhi perasaan dan tingkat kepedulian suami. Menjadi istri atau perempuan tidak perlu cantik sesuai standar tren saat ini. Cantik itu relatif.

Namun yang harus digarisbawahi adalah menjadi perempuan yang bisa membuat pasangan nyaman dengan ponampilan enak dilihat. Berpakaian baik dan berpenampilan rapi adalah salah satu cara mengatasi suami yang mulai menunjukkan sikap tak peduli.

Bisa juga, sekali-kali berpenampilan seksi buat suami juga perlu lho. Jadi, tak melulu kamu menggulung rambut dan memakai daster di rumahan ya. 

Dalam beberapa kasus, ketidak pedulian suami bukan berasal dari sikap dan sifat istri, melaikan pada dirinya sendiri. Bila hal ini terjadi, maka sebanyak apapun usaha yang kamu lakukan untuk membuat dia peduli, jadi tidak akan ada gunanya.

Bila hal ini mulai membuat kamu tidak nyaman dan berisiko pada hubungan kalian, jangan ragu buat meminta bantuan profesional ya! 

Penulis : Yayuk Harini, Aimee Mayza Aulia

 

Beri Komentar