5 Cara Hindari Miskomunikasi dalam Hubungan Asmara, Kamu Sudah Menerapkan yang Mana?

Reporter : Arifina
Jumat, 11 November 2022 08:00
5 Cara Hindari Miskomunikasi dalam Hubungan Asmara, Kamu Sudah Menerapkan yang Mana?
Menghindari miskomunikasi bisa bikin hubungan makin langgeng, lho!

Perihal komunikasi sudah menjadi hal umum untuk kunci langgengnya sebuah hubungan. Namun, menjalani hubungan jangka panjang bukan berarti bisa adem ayem begitu saja ya!

Banyak faktor hingga persoalan akan muncul di tengah jalinan hubungan jangka panjang yang harus dihindari. Salah satunya, miskomunikasi antar pasangan.

1 dari 6 halaman

Dilansir dari buku Hold Me Tigh, psikolog ternama Sue Johnson, Ed.D. mengungkapkan, penting bagi pasangan untuk mengenali " dialog setan" mereka. Dalam artian, pola komunikasi spesifik tidak efektif yang memicu kurangnya rasa aman dalam kehidupan hubungan.

Nah, untuk menghindari pola komunikasi yang buruk atau miskomunikasi dalam hubungan, berikut 5 cara efektif yang bisa kamu lakukan dilansir dari mindbodygreen!

2 dari 6 halaman

1. Saling Terbuka

Ilustrasi pasangan © Diadona

Menjalani hubungan sebagai pasangan tentu saja harus ada saling keterbukaan satu sama lain. Ini menjadi poin penting agar hubungan semakin mudah dijqlni dan harmonis.

Dengan saling terbuka, kamu dan pasangan akan menciptakan pola berkelanjutan untuk bersikap jujur, tetap terhubung satu sama lain. Fokus pada komunikasi yang penuh perhatian akan membantu menumbuhkan kepercayaan yang lebih kuat pada ikatan dan hubunganmu dengan pasangan.

3 dari 6 halaman

2. Saling Menghormati

Hal yang perlu dilakukan dalam menjalani hubungan jangka panjang, adalah antar individu untuk saling menghormati. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan menjadi pribadi yang saling mendengarkan dan didengar, memahami.

Biarkan hubunganmu menjadi ruang transparansi dan tempat berbagi rahasia yang aman satu sama lain. Sehingga, kamu dan paangan akan menciptakan hubungan timbal balik yang sehat dan dipenuhi bahasa kasih yang menjaga rasa saling menghormati dalam hubunganmu.

4 dari 6 halaman

3. Saling Mengungkap Perasaan

Ilustrasi pasangan © Diadona

Seakan dianggap sepele, padahal saling mengungkap perasaan terhadap pasangan dapat menjadikan hubunganmu makin langgeng, lho! Nggak harus setiap waktu, tapi kamu bisa memilih momen-momen tertentu untuk mengungkap rasa sayang terdalammu terhadap pasangan.

Tak hanya rasa sayang, kamu dan pasangan juga bisa saling mengungkapkan keluh kesah atau pikiran yang mengganggu. Dengan cara ini, setidaknya kalian bisa tahu apa yang dipikirkan pasangan deh!

5 dari 6 halaman

4. Sering Ucapkan Penghargaan dan Terima Kasih

Ini juga salah satu yang penting dalam menjaga sebuah hubungan, lho! Sebatas memberi ucapan penghargaan ketika pasanganmu memperoleh prestasi akan membuatnya merasa mendapat perhatian yang lebih.

Ciptakan juga pola komunkasi seimbang dengan selalu mengungkapkan rasa terima kasih atas tindakan yang dilakukan pasangan. Ini seakan sepele, tapi memiliki makna berarti dalam hubungan dn membuat pasanganmu7 semakin emrasa istimewa berada disisimu.

6 dari 6 halaman

5. Jadwalkan Momen Kencan

Ilustrasi pasangan © Diadona

Sudah menjalanio hubungan yang cukup lama, biasanya momen untuk kencan seakan sirna. Padahal, biuar romansa percintaan lebih hidup, kencan sesekali harus dilakukan ya!

Apalagi, jika kamu dan pasanganmu sama-sama sibuk akan pekerjaan. Maka sesekali jadwalkan kencan khusus sekedar makan bareng, hangout, atau piknik di lokasi terdekat bareng.

Hal simpel begini akan membuat hubunganmu dan pasangan lebih hidup. Kamu yang setress akan pekerjaan juga bisa sekaligus refreshing bukan?

Beri Komentar