3 Cara Siasati Perbedaan Tingkat Kedewasaan dengan Pasangan, Bikin Hubungan Tetap Adem Ayem

Reporter : Arifina
Kamis, 20 Oktober 2022 08:00
3 Cara Siasati Perbedaan Tingkat Kedewasaan  dengan Pasangan, Bikin Hubungan Tetap Adem Ayem
Berbeda tingkat kedewasaan itu masih bisa diatasi kok guys!

Bagi sebagian orang, menjalin hubugan dengan mempertimbangkan rentang usia itu menjadi penting. Namun, ada juga yang tidak menjadikan hal itu sebagai penghalanag dalam mejalin hubungan asmara.

Namun, menjalin hubungan dengan seseorang yang terpaut usia cukup jauh juga memiliki konsekuensi tertentu yang harus disiasati. Perbedaan usia ini cenderung memengaruhi tingkat kedewasaanmu, lho!

Nah, biar hubunganmu dan pasangan tetap adem ayem saja, berikut 3 cara siasati perbedaan tingkat kedewasaan dalam sebuah hubungan dilansir dari mindbodygreen!

1 dari 6 halaman

Lihat Secara Objektif

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang yang terpaut usia cukup jauh, maka tingkat kedewasaan itu akan mungkin ditemui. Karenanya, penting untuk mengenali perbedaan tingkat kedewasaan antara dirimu dan padanganmu.

Hal ini juga akan membuat kamu semakin mengetahui bagaimana cara bersikap dewasa dengan pasangan dengan baik. Meski, biasanya pasangan yang usianya lebih tua cenderung merasa memiliki hak untuk mengatur yang lebih muda.

Sementara, terkadang usia yang lebih muda juga merasa inferior saat berhadapan dengan yang lebih tua. Dilihat dalam beberapa kasus, perbedaan tingkat kedewasaan ini tak hanya memengaruhi interaksi antar pasangan saja, tapi juga bisa memengaruhi relasi dengan orang lain.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Bahkan, jika dibiarkan begitu saja akan berpengaruh pula terhadap pekerjaan dan kehidupan rumah tangga. Nah, biar sama-sama nyaman, cobalah membicarakannya secara terbuka bersama pasanganmu.

Kenali perbedaan satu sama lain, agar kamu bisa mencari solusi untuk dapat menyiasati masalah yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, kamu juga bisa menentukan keputusan harus maju atau mundur menjalani hubungan ini.

3 dari 6 halaman

Mencari Solusi untuk Tumbuh Bersama

Mengapa tingkat kedwasaan pasangn itu penting untuk dipahami secara bersama? Hal ini guna kelanjutan hubunganmu, apakah akan ke ranah yang lebih serius atau hanya berdiam saja disitu.

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk terus bersama dengan tingkat kedewasaan yang berbeda, kamu perlu cari cara untuk bisa tumbuh bersama pasangan. Ciptakan keseimbangan di dalam hubungan dengan saling mengerti dan memahami, salah satunya dengan menghindari ngambek yang tak perlu.

4 dari 6 halaman

Biar bisa tumbuh bersama, kamu juga bisa mencari cara lain. Seperti, sharing dengan orang terdekat atau membaca buku-buku self-help. Luangkan waktu untuk membicarakan perbedaan ini dengan pasangan.

Dengan begitu, kamu dan pasangan akan fokus pada tujuan untuk tumbuh bersama. Bila keduanya merasa lebih cocok dan saling memahami meski terpaut usia yang jauh, maka lanjutkan hubungan ke ranah yang lebih serius ya!

5 dari 6 halaman

Saling Memahami

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Dalam mengatasi tingkat kedewasaan antar pasangan, kalian perlu saling memahami. Perjalanan untuk bisa sepamahaman ini memang tidak serta merta mudah.

Karena itu, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mencari pertolongan jika segala cara yang kamu dan pasangan tempuh tidak bekerja. Terkadang, kamu juga bisa terjebak dengan masalah kedewasaan yang ditimbulkan oleh perbedaan usia ini.

6 dari 6 halaman

Kalau sudah seperti ini, saatnya kamu mencari dukungan dari ahli seperti psikoterapis atau relationship mentor yang tersertifikasi. Biasanya, ahli akan memberi perspektif bijak dan segar untuk bantu kamu dan pasangan menyiasati perbedaan dalam hubungan.

Misalnya, menyarankan pasangan untuk lebih memahami satu sama lain. Caranya pun tidak yang rumit, yakni lewat hobi atau barang yang disuka.

Dengan konsep inilah, perbedaan tingkat kedewasaan bisa disiasati. Misal, sesekali mengungkapkan rasa cinta dengan lebih unik. Kamu juga bisa memberikan bunga atau kado sebagi kejutan kecil untuk pasanganmu.

Beri Komentar