Belajar dari Park Sae Ro Yi 'Itaewon Class', Ternyata ini Kunci Jadi Pengusaha Sukses

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 16 Mei 2020 11:15
Belajar dari Park Sae Ro Yi 'Itaewon Class', Ternyata ini Kunci Jadi Pengusaha Sukses
Kira-kira berat nggak sih kuncinya?

Drama Korea bertajuk 'Itaewon Class' memang sudah tamat sejak beberapa saat lalu. Tapi masih ada pembelajaran yang sayang untuk dilewatkan lho.

Utamanya bagi kamu yang sedang membangun bisnis, trik ala Park Sae Ro Yi ini patut kamu coba agar bisa jadi pengusaha sukses. Yuk, simak ulasannya.

1 dari 6 halaman

1. Belajar dari Sosok Terbaik

Sae Ro Yi punya keinginan untuk membangun perusahaan makanan, sayangnya dia nggak punya banyak pengalaman. Bukannya menyerah, Sae Ro Yi justru belajar secara mandiri dengan membaca buku biografi Jang Dae Hee, pengusaha bidang makanan nomor satu di Korea. Sekalipun Jang Dae Hee ini merupakan musuhnya, Sae Ro Yi nggak ragu untuk belajar dari pengalaman sang musuh lho.

2 dari 6 halaman

2. Jangan Cuma Mengejar Keuntungan

Ilustrasi Drama 'Itaewon Class' © Diadona

Selama ini yang namanya bisnis atau usaha pasti mengejar keuntungan di atas segalanya. Namun Sae Ro Yi mencontohkan untuk lebih peduli pada sumber daya manusia yang ada, dalam hal ini merupakan karyawannya. Ketika bos dan karyawan sama-sama menghargai, maka kedua belah pihak bisa sama-sama berjuang untuk memajukan bisnis tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Berinvestasi

Dalam drama tersebut dikisahkan bahwa ayah Sae Ro Yi meninggal, sehingga ia pun mendapat uang asuransi yang tentu aja nggak sedikit. Umumnya, saat menerima uang yang banyak, seseorang akan langsung menggunakannya untuk memajukan usaha. Tapi Sae Ro Yi justru menginvestasikan uang tersebut.

Bertahun-tahun berselang, investasi tersebut membuahkan keuntungan besar yang ternyata bisa dipergunakannya untuk menyelamatkan usahanya yang hampir bangkrut.

4 dari 6 halaman

4. Kenali Tren Pasar

Ilustrasi Drama 'Itaewon Class' © Diadona

Yi Seo merupakan influencer ternama, sekaligus manager Dan Bam (pub milik Sae Ro Yi). Yi Seo menunjukkan strategi paling tepat yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan Dan Bam. Lewat perubahan dekorasi dan promosi via sosial media, Dan Bam yang awalnya sepi pun bisa meraup banyak pengunjung.

5 dari 6 halaman

5. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Saat membangun sebuah bisnis, kamu nggak bisa hanya terpaku pada keuntungan jangka pendek. Kamu juga perlu menentukan tujuan jangka panjang, agar kamu bisa menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mempertahankan sebuah usaha. Sebagaimana Sae Ro Yi yang mempersiapkan perusahaannya selama bertahun-tahun dan nggak menyerah sebelum tujuannya tercapai.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar