Tips Makanan untuk Cepat Hamil, Bikin Promil Makin Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 25 Juli 2023 10:02
Tips Makanan untuk Cepat Hamil, Bikin Promil Makin Efektif
Penuhi saja kebutuhan nutrisi dan menjaga pola makan yang sehat dan teratur ya Diazens~

Program hamil adalah proses di mana seorang pasangan sedang serius untuk mendapatkan momongan. Salah langkah atau tipsnya adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk cepat hamil. Dengan begini, kamu nggak hanya meningkatkan kesuburan tetapi juga untuk menjaga kesehatan.

Dengan kata lain, ketika kamu memenuhi tips makanan cepat hamil maka usaha meningkatkan peluang hamil akan lebih besar. Jadi, sangat layak untuk kamu coba ya Diazens. Tentu saja untuk langkah yang paling tepat kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ya.

So, langsung simak beberapa tips makanan untuk cepat hamil di bawah ini ya, Diazens!

1 dari 8 halaman

Konsumsi Sayuran Hijau

Tips Makanan untuk Cepat Hamil © Diadona

Pertama, kamu bisa mengkonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan brokoli. Deretan sayuran tersebut adalah teman terbaikmu dalam perjuangan mendapatkan momongan.

Mengapa? Karena sayuran hijau kaya akan zat besi, kalsium, dan asam folat yang sangat penting untuk mempersiapkan tubuh sebelum dan saat kehamilan. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung serat tinggi, yang dapat membantu menjaga berat badanmu tetap seimbang.

Selai sayuran hijau, beberapa tanaman juga dipercaya dapat membantu kamu menjaga tubuh selama program kehamilan salah satunya buah parijoto

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dwi Wijayanti and Firgian Ardigurnita di Universitas Perjuangan Tasikmalaya, buah parijoto mengandung antioksidan jenis flavonoid, tanin, saponin dan glikosida. Antioksidan berperan dalam menangkap radikal bebas yang dalam hal kesehatan repdoduksi, radikal bebas ini bisa merusak sperma dan jadi salah satu penyebab infertilitas.

Tapi perhatikan juga ada beberapa buah yang konon dilarang dikonsumsi saat sedang program hamil ya, antara lain semangka, anggur, hingga pepaya muda.

2 dari 8 halaman

Perbanyak Protein Hewani dan Nabati

Kedua, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein dengan cukup. Protein merupakan komponen penting dalam tubuh, terutama saat mencoba untuk melakukan program hamil.

Penuhi kebutuhan protein dengan mengkonsumsi sumber protein hewani, seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, dan telur. Namun, jangan lupakan juga protein nabati yang bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kedelai, dan almond. Dengan asupan protein yang cukup, kesempatan untuk hamil bisa semakin meningkat, lho!

3 dari 8 halaman

Makanan Mengandung Asam Folat

Tips Makanan untuk Cepat Hamil © Diadona

Lanjut, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan senyawa yang sangat penting bagi ibu hamil. Tidak hanya membantu mencegah kelainan pada janin, tetapi juga meningkatkan peluang keberhasilan untuk hamil.

Beberapa makanan yang kaya akan asam folat antara lain kacang-kacangan, jeruk, pisang, dan sayuran berwarna-warni seperti wortel dan labu. Nggak hanya itu, ibu yang mengkonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Namun ternyata konsumsi asam folat berlebihan justru bisa berbahaya bagi ibu hamil lho jadi perhatikan tingkat konsumsinya.

4 dari 8 halaman

Penuhi Asupan Zinc

selanjutnya, kamu bisa memenuhi asupan zinc yang kamu butuhkan. Zinc atau seng adalah mineral yang turut berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dan membantu pembentukan organ reproduksi.

Kamu bisa mendapatkan zinc dari sumber makanan seperti daging merah, biji labu, kacang-kacangan, dan biji bunga matahari. Konsumsi makanan kaya zinc dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan sperma.

5 dari 8 halaman

Produk Olahan Susu

Tips Makanan untuk Cepat Hamil © Diadona

Tak hanya baik untuk tulang, produk olahan susu seperti susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak dapat menjadi pilihan yang tepat dalam meningkatkan kesuburan. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Beberapa produk olahan susu yang bisa kamu konsumsi antara lain adalah susu, yoghurt, keju, atau smoothie. Namun, alangkah baiknya bila mengkonsumsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.

6 dari 8 halaman

Karbohidrat Kompleks

Selanjutnya, jangan ragu untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat, seperti oatmeal, nasi merah, dan roti gandum. Karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula yang berlebihan.

Asupan karbohidrat kompleks ini mempunyai banyak nutrisi seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi yang mana penting untuk meningkatkan kesuburan. Tapi, kamu harus menghindari karbohidrat dalam bentuk olahan seperti mie, pasta, dan olahan tepung lainnya.

7 dari 8 halaman

Yodium

Tips Makanan untuk Cepat Hamil © Diadona

Jenis makanan yang akan membantu kamu cepat hamil adalah yodium. Yodium ini akan membantu hormon tiroid yang berfungsi mengontrol metabolisme tubuh. Cukup targetkan 150 mcg dalam per harinya.

Yodium adalah mineral penting untuk kesehatan kelenjar tiroid, dan kelenjar tiroid yang sehat dapat mempengaruhi kesuburan. Ikan laut, rumput laut, dan garam beryodium adalah beberapa sumber yodium yang dapat kamu konsumsi.

8 dari 8 halaman

Serat

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Serat membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Jadi, dalam perharinya kamu bisa meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram. Dengan begitu, kamu bisa menurunkan risiko terkena diabetes gestasional sebesar 26 persen.

Asam Lemak

Asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki peran penting dalam mempengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, sarden, atau suplemen minyak ikan, sementara biji bunga matahari dan minyak kedelai adalah sumber asam lemak omega-6.

Jadi itu ya guys beberapa tips makanan cepat hamil yang bisa kamu coba konsumsi. Pilih saja mana yang cocok dengan kondisi kamu ya Diazens. Kemudian, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan treatment yang sesuai.

Beri Komentar