Apa Benar Ibu Hamil Muda Dilarang Tidur di Pagi Hari?

Reporter : Mila I
Jumat, 27 Januari 2023 10:51
Apa Benar Ibu Hamil Muda Dilarang Tidur di Pagi Hari?
Beberapa orang percaya hal ini bisa memengaruhi tumbuh kembang bayi.

Ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil muda, di antaranya adalah tidur di pagi hari. Beberapa orang percaya bahwa tidur di pagi hari bisa memengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Padahal, tidur di pagi hari adalah salah satu efek dari perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil sehingga menyebabkan Moms mudah mengantuk.

1 dari 4 halaman

Larangan Tidur di Pagi Hari Hanya Mitos

Perlu diketahui bahwa larangan tidur di pagi hari untuk ibu hamil muda hanyalah mitos belaka. Kebiasaan tidur di pagi hari umumnya dilakukan Moms yang sulit tidur di malam hari akibat perubahan fisik maupun hormon. 

2 dari 4 halaman

Ibu Hamil Muda Harus Tidur Cukup

Setelah mengetahui fakta di atas, Moms pun diperbolehkan untuk tidur di pagi hari. Pasalnya, tidur adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. 

Saat hamil, Moms umumnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur yaitu 7-9 jam per hari. Selain itu, seperti telah disinggung sebelumnya, perubahan hormon menyebabkan Moms sering sulit tidur di malam hari. 

Penyebabnya pun beragam di antaranya bolak-balik buang air kecil saat malam hari hingga rasa tidak nyaman pada perut. Oleh karena itu, Moms bisa mengganti tidur malam hari pada pagi hari.

3 dari 4 halaman

Tips Tidur pada Pagi Hari

Meski diperbolehkan untuk tidur di pagi hari, Moms tetap harus memerhatikan beberapa tips di bawah ini agar tidur tidak menghambat aktivitas. Pertama, pasang alarm sebelum tidur agar Moms tetap bisa bangun dan beraktivitas seperti biasa. 

Kemudian, tidur dengan posisi menyamping untuk mengurangi rasa sakit pada bagian perut. Jika diperlukan, Moms juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil.

Terakhir, adalah memastikan alas tidur nyaman sehingga tidak mengganggu kualitas tidur Moms. 

Beri Komentar