Jangan Panik Moms, Ini Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Reporter : Mila
Rabu, 8 Februari 2023 10:57
Jangan Panik Moms, Ini Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui
Simak dulu penjelasan di bawah ini ya.

Banyak perempuan merasa panik kalau mengalami rambut rontok, termasuk saat memasuki masa menyusui. Lantas, perlukah khawatir kalau rambut rontok ketika menyusui?

Apa penyebab dan bagaiaman cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ya!

1 dari 6 halaman

Kalau rambut rontok ketika memasuki masa menyusui, Moms tidak perlu khawatir berlebihan. Rambut rontok saat menyusui normal terjadi dan umumnya hanya sementara.

Melansir Lancaster General Health, sekitar setengah dari semua ibu baru mengalami kondisi ini. Biasanya, rambut rontok mulai terjadi antara bulan pertama hingga keenam setelah melahirkan. Kerontokan rambut sering kali mencapai puncaknya pada bulan keempat dan kelima, kemudian mulai berkurang setelahnya.

2 dari 6 halaman

Sering kali, rambut yang rontok ini akan terjadi hingga bayi berusia 18 bulan. Tapi, sebagian besar ibu menyusui menemukan rambut mereka kembali normal lebih cepat dari waktu tersebut.

Kerontokan rambut pada ibu menyusui biasanya akan mereda secara signifikan saat ulang tahun pertama bayinya. Nantinya, pada usia bayi 15 bulan, rambut Moms akan tumbuh kembali dan perlahan menjadi seperti tepat sebelum hamil.

3 dari 6 halaman

Penyebab Rambut Rontok saat Menyusui

Faktanya, menyusui bukan penyebab dari kerontokan rambut. Beberapa Moms memang akan mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan, tetapi ini sebenarnya tidak terkait dengan menyusui.

Begini kira-kira penjelasannya. Saat masa kehamilan, hormon estrogen Moms terus meningkat hingga mencapai puncaknya saat melahirkan. Peningkatan kadar hormon ini menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh wanita saat hamil, termasuk perubahan rambut saat kehamilan.

Akibat perubahan hormon tersebut, rambut yang semula melalui fase tumbuh, istirahat, dan rontok secara berulang justru sebagian besarnya tetap dalam fase pertumbuhan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rambut Moms ebih tebal dan subur saat sedang hamil.

4 dari 6 halaman

Tapi, setelah melahirkan atau memasuki masa menyusui, kadar hormon estrogen Moms merosot sehingga lebih banyak folikel rambut yang memasuki tahap istirahat dan rontok.

Akibatnya, kerontokan rambut akan terjadi signifikan. Bahkan, kerontokan ini bisa menjadi sangat drastis hingga Moms merasa panik, terutama bila rambut yang bertumbuh saat hamil lebih banyak dari biasanya.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Rambut Rontok saat Menyusui

Berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok saat menyusui:

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap, terutama yang mengandung folat dan vitamin D.
  • Cobalah potong rambut Moms. Selain karena rambut panjang menyebabkan kerontokan lebih banyak, berambut pendek juga mengurangi kemungkinan rambut ditarik oleh bayi saat waktunya menyusui.
  • Berupaya ekstra lembut saat membersihkan, menyisir, atau menata rambut agar kemungkinan rambut tertarik berkurang.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang atau menerapkan gaya rambut yang membuat kulit kepala menegang, seperti kepang rambut yang ketat.
  • Gunakan sampo penambah volume rambut dan kondisioner ringan yang tidak membebani rambut.
  • Hindari penggunaan pengering rambut (hair dryer) serta catokan.
  • Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut, misal pewarna atau perawatan untuk meluruskan rambut.

Beri Komentar