Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

Reporter : Mila
Kamis, 9 Februari 2023 10:54
Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil
Jangan sampai keliru ya!

Telat menstruasi adalah salah satu kondisi yang bisa menjadi tanda kehamilan. Tapi, bukan itu saja, ada berbagai gejala yang menandakan seseorang mengalami kehamilan atau memang hanya telat menstruasi. 

Lantas, seperti apa perbedaan telat haid dan hamil? Berikut ulasan selengkapnya!

1 dari 7 halaman

Perdarahan

Sterlambat menstruasi, maka wanita tidak akan mengalami perdarahan meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Sedangkan saat hamil, biasanya akan muncul flek-flek darah akibat adanya proses implantasi. Biasanya flek muncul dalam 1-2 minggu setelah proses pembuahan.

2 dari 7 halaman

Nafsu Makan

Saat mengalami keterlambatan menstruasi, kondisi ini terjadi dengan peningkatan nafsu makan.

Sebaliknya, wanita yang tengah hamil jarang mengalami peningkatan nafsu makan di awal kehamilan. Umumnya, justru mereka akan rentan mengalami mual dan penurunan nafsu makan. 

3 dari 7 halaman

Kebiasaan Makan

Umumnya, wanita yang sedang terlambat menstruasi tidak punya keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Tapi, pada wanita hamil, di awal kehamilan sangat normal kalau mereka menginginkan mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini biasa disebut sebagai ngidam.

4 dari 7 halaman

Perubahan Payudara

Terlambat  haid dengan hamil bisa menyebabkan perubahan pada payudara. Keduanya membuat payudara mengalami pembengkakan hingga menjadi lebih lembut. 

Tapi, ada perbedaan yang bisa kamu alami ketika kamu menjalani kehamilan. Wanita hamil akan mengalami perubahan pada puting payudara. Areola akan menjadi lebih besar dan menjadi lebih hitam.

5 dari 7 halaman

Kram Perut

Keterlambatan menstruasi jarang menyebabkan kram perut. Namun, saat memasuki pramenstruasi, maka kamu bisa merasakan kram perut dari 1-2 hari sebelum menstruasi. Kram perut yang terjadi juga terasa ringan hingga parah. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama hingga kamu mengalami menstruasi.

Kram perut juga terjadi di awal kehamilan. Tapi, kram perut yang terjadi cukup ringan. Biasanya kram akan terjadi dengan munculnya flek darah.

6 dari 7 halaman

Kalau masih belum yakin, kamu bisa melakukan pemeriksaan kehamilan secara mandiri di rumah.

Kalau hasilnya positif, maka pastikan kamu segera kunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kehamilan yang sedang kamu jalani. Kamu juga bisa memastikan kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh agar proses kehamilan berjalan lancar.

Kalau hasilnya negatif, kamu bisa bertanya langsung pada dokter dan lakukan janji medis.

Beri Komentar