Mengganggu Penampilan, Ini Penyebab Kulit yang Menghitam saat Hamil

Reporter : Mila
Senin, 13 Desember 2021 11:57
Mengganggu Penampilan, Ini Penyebab Kulit yang Menghitam saat Hamil
Suka bikin Moms kurang pede nih.

Saat hamil, Moms pasti merasakan sejumlah perubahan pada tubuh, mulai dari perut membesar, kenaikan berat badan, rambut rontok, kaki bengkak, hingga warna kulit yang mulai menghitam.

Kulit Moms mulai menghitam bahkan saat sering berdiam diri di rumah atau rutin menggunakan skincare. Area kulit yang menghitam umumnya ada pada bagian leher, ketiak, dan selangkangan.

Tentu saja, kondisi tersebut bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Moms. Meski begitu, Moms tak perlu khawatir karena kulit menghitam saat hamil itu normal terjadi.

1 dari 2 halaman

Penyebab Kulit Menghitam saat Hamil

Ilustrasi Masalah Kulit saat Hamil © Diadona

Kondisi kulit menghitam saat hamil disebut melasma atau chloasma gravidarum. Gejala melasma biasanya muncul di bagian tubuh tertentu, misalnya bagian wajah, leher, lengan, ketiak, dan selangkangan. Apabila Moms beraktivitas di luar rumah, kondisi melasma bisa semakin memburuk walaupun sudah menggunakan tabir surya. 

Warna kulit Moms dipengaruhi oleh melanin. Melanin adalah pigmen alami yang memengaruhi warna kulit, rambut, dan mata. Nah, saat hamil terjadi perubahan hormon sehingga merangsang kenaikan produksi melanin dalam tubuh atau disebut hiperpigmentasi. Akibatnya, warna kulit Moms mudah menghitam walaupun jarang terpapar sinar matahari.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Kulit Menghitam saat Hamil

Ilustrasi Masalah Kulit saat Hamil © Diadona

Kulit menghitam saat hamil sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir. Tapi, kalau ingin mengatasi perubahan warna kulit tersebut lebih cepat, Moms bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Menggunakan tabir surya SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar rumah.
  • Melakukan perawatan seperti chemical peeling di area wajah dan leher untuk mengurangi risiko hiperpigmentasi. 
  • Menghentikan penggunaan deodoran terlebih dahulu
  • Hindari pula kebiasaan menggaruk area ketiak menggunakan tangan.

Semoga infrormasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar