Cara Menunda Kehamilan secara Alami Tanpa KB, Bisa Langsung Dicoba nih!

Reporter : Mila
Selasa, 14 Desember 2021 11:57
Cara Menunda Kehamilan secara Alami Tanpa KB, Bisa Langsung Dicoba nih!
Hal-hal berikut dipercaya bisa mencegah kehamilan.

Kehamilan adalah kabar yang membahagiakan untuk pasangan suami-istri. Tapi, karena berbagai alasan kadang beberapa pasangan memilih mencegah atau menunda kehamilan.

Banyak cara untuk mencegah kehamilan, salah satu yang paling umum adalah dengan pil atau suntik KB. Nah, bagi Moms yang ingin menunda kehamilan secara alami tanpa KB ternyata juga bisa lho dilakukan.

1 dari 5 halaman

Metode Pull Out

Ilustrasi Tes Kehamilan © Diadona

Metode pull out adalah istilah pelepasan yang dilakukan saat sedang di tengah-tengah penetrasi. Pelepasan ini biasanya dilakukan ketika laki-laki sebentar lagi akan mencapai orgasme, supaya bisa ejakulasi di luar.

Tapi, cara ini belum tentu efektif karena perempuan bisa hamil kalau pasangan memiliki kualitas sperma yang bagus dan keluar saat precum.

2 dari 5 halaman

Hindari Berhubungan saat Masa Subur

Pasangan yang ingin menunda kehamilan disarankan untuk tidak berhubungan intim saat masa subur atau saat terjadi ovulasi. Metode ini dinamakan fertility awareness.

Ada beberapa cara untuk mengetahui masalah ovulasi yaitu dengan cek suhu basal tubuh, cek lendir serviks, dan metode kalender.

3 dari 5 halaman

Memberikan ASI Ekslusif

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Ternyata, kegiatan menyusui bisa membantu menunda ovulasi hingga enam bulan setelah melahirkan.

Tapi, cara menyusuinya harus langsung dari payudara kepada bayi minimal delapan kali sehari. KB alami bisa dibilang efektif karena hormon yang dibutuhkan untuk menstimulasi produksi susu bisa mencegah pelepasan hormon yang menstimulasi terjadinya ovulasi. 

4 dari 5 halaman

Outercourse

Outercourse adalah hubungan seksual tapi tanpa penetrasi penis ke dalam vagina. Metode ini bisa dilakukan dengan pasangan seperti berciuman, pijatan mesra, seks oral hingga masturbasi, saling meremas atau menggunakan alat bantu seks. 

Metode ini terbilang cukup efektif selama tidak ada pertemuan antara sperma dan sel telur.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Kehamilan

Ilustasi Makan Wortel © Diadona

Melansir WebMD, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa menunda kehamilan secara alami. Beberapa makanan tersebut di antaranya adalah:

  • Daun neem
  • Kacang jarak (castor bean)
  • Gossypol untuk laki-laki (zat yang ditemukan dalam tanaman kapas)
  • Anggur dewa guntur (thunder god vine)
  • Zodia (Evodia)
  • Wortel liar

Tapi sayangnya, penelitian mengenai anggapan ini masih minim. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tidak pernah menyebut salah satu makanan ini akan berhasil menunda kehamilan tanpa KB.

Itu tadi informasi tentang cara menunda kehamilan secara alami tanpa KB yang bisa dicoba. Agar lebih aman, kamu bisa konsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Beri Komentar