Minum Minuman Manis saat Menyusui, Apa Ada Pengaruhnya untuk Bayi?

Reporter : Mila
Senin, 15 Agustus 2022 10:57
Minum Minuman Manis saat Menyusui, Apa Ada Pengaruhnya untuk Bayi?
Jangan lupa simak ya Moms.

Menyusui bukan sekadar proses memberi makan bayi, tapi juga menyalurkan asupan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya. Apa yang Moms konsumsi bisa jadi memberikan dampak tertentu pada si kecil, sehingga harus hati-hati dalam memilih makanan dan minuman.

Selain wajib mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, ada sejumlah pantangan yang harus dihindari selama menyusui. Salah satunya, asupan yang mengandung gula tinggi, termasuk alkohol dan minuman manis lainnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak minuman manis berdampak negatif pada perkembangan kognitif bayi.

Apa saja? Simak terus ya!

1 dari 4 halaman

Melansir dari Very Well FamilyThe Cancer Action Network melaporkan bahwa lebih dari 50% orang dewasa di Amerika mengonsumsi minuman tinggi gula setiap hari. CDC melaporkan bahwa lebih dari 10% kalori harian (sekitar 145 kalori) berasal dari minuman manis. 

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis bisa merugikan ibu menyusui dan bayi. Moms yang banyak mengonsumsi minuman manis saat menyusui bisa memengaruhi perkembangan otak bayi mereka.

2 dari 4 halaman

Studi tersebut melibatkan 88 ibu yang mengonsumsi minuman manis setiap hari. Para peneliti mempelajari bayi dari ibu-ibu ini selama periode 24 bulan. Hasil menunjukkan bahwa perkembangan saraf bayi pada 24 bulan pasca kelahiran mendapat pengaruh negatif dari asupan fruktosa mama di masa awal laktasi.

Padahal, selama ini para ahli menyebut proses menyusui sebagai standar emas nutrisi bayi, yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Tapi, beberapa manfaat tersebut berkurang ketika Moms membuat pilihan yang tidak sehat untuk dirinya sendiri. Seperti kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, atau bahkan mengonsumsi terlalu banyak gula dalam makanannya.

" Kami tidak benar-benar tahu berapa banyak gula dalam pola makan ibu yang dapat mencapai tingkat aman untuk bayi. Yang diketahui adalah, gula tambahan lainnya tidak boleh lebih dari 5-10 persen kalori harian," kata Michael Goran, PhD, salah satu peneliti, profesor pediatri di Keck School of Medicine di University of Southern California.

3 dari 4 halaman

Barry Sears, PhD, Presiden Inflammation Research Foundation dan penulis buku terlaris, The Zone Diet mengatakan bahwa selama 1.000 hari pertama kehidupan bayi baru lahir mengalami perkembangan otak yang signifikan.

Karenanya, jumlah gula berlebihan yang diterima dalam ASI pada masa-masa awal memiliki peranan yang sangat penting.

4 dari 4 halaman

Meski begitu, Moms masih bisa menikmati minuman manis tanpa membahayakan perkembangan kognitif bayinya, dengan mengonsumsi yang sehat seperti jus buah atau minuman berenergi dalam jumlah sedang atau diencerkan dengan air biasa.

Cobalah mengubah kebiasaan mama mengonsumsi soda atau jus lebih dari satu porsi setiap harinya. Mama bisa mengurangi asupan soda harian selama dua atau tiga hari, bisa juga dengan menikmati jus yang ditambahkan sparkling water.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar