Sering Bikin Bertanya-tanya, Normalkah ASI Keluar saat Hamil?

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 9 Agustus 2022 10:57
Sering Bikin Bertanya-tanya, Normalkah ASI Keluar saat Hamil?
Jangan panik dulu ya Moms!

Meski tidak semua ibu hamil mengalaminya, ASI keluar saat hamil ternyata bukan hal yang aneh lagi. Nah kalau ini terjadi, Moms tidak perlu khawatir berlebihan, sebab hal ini adalah bagian dari persiapan tubuh untuk masa menyusui nanti.

1 dari 4 halaman

Bagaimana Bisa ASI Keluar Saat Hamil?

Pembentukan ASI memang sudah diproduksi sejak masa kehamilan, tepatnya usia kehamilan 14 minggu. ASI yang keluar saat hamil sebenarnya adalah kolostrum, cairan kental tinggi protein yang mengandung antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi, terutama di hari-hari pertama setelah kelahirannya.

ASI atau kolostrum yang keluar saat hamil menandakan payudara sudah siap memberikan ASI. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini biasanya keluar sejak usia kehamilan 5–6 bulan atau pada trimester ketiga kehamilan.

2 dari 4 halaman

ASI yang bocor biasanya bisa keluar kapan saja, misalnya saat payudara dipijat. Tapi pada beberapa kasus, hal ini juga bisa terjadi saat puting payudara terangsang dan hormon oksitosin dilepaskan, misalnya saat berhubungan seksual.

Meski begitu, Moms tidak perlu khawatir kehabisan ASI meskipun ASI sudah keluar sebelum melahirkan. Pasalnya, cairan ini akan terus diproduksi dan bahkan semakin banyak setelah bayi lahir.

3 dari 4 halaman

Cara Menangani ASI yang Keluar Saat Hamil

Berikut beberapa cara menangani ASI yang keluar atau merembes:

  • Memerah kolostrum.
  • Menggunakan bantalan payudara (breast pad).
  • Mengurangi stimulasi puting untuk mengurangi kemungkinan ASI keluar.

4 dari 4 halaman

Jadi, Moms tidak perlu khawatir atau malu kalau ASI keluar begitu saja saat sedang bersama orang lain, karena ini adalah proses alami dalam rangkaian proses mengandung, melahirkan, dan menyusui.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar