Demi Mempercantik Kuku, Apakah Aman Ibu Hamil Pakai Kutek?

Reporter : Mila I
Jumat, 12 Agustus 2022 10:57
Demi Mempercantik Kuku, Apakah Aman Ibu Hamil Pakai Kutek?
Wajib banget disimak nih Moms.

Selama masa kehamilan, perawatan kecantikan, seperti pakai kutek atau manicure pedicure harus dilakukan dengan hati-hati. Alih-alih tampil cantik maksimal, hal ini malah bisa membahayakan kesehatan janin.

Tentu Moms tidak ingin hal itu terjadi, kan? Nah, agar tidak bingung lagi, simak yuk penjelasan apakah ibu hamil boleh pakai kutek?

1 dari 5 halaman

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Kutek?

Sejauh ini, tidak banyak penelitian yang mempelajari tentang perawatan kecantikan saat hamil yang boleh dan tidak dilakukan. Tapi, ibu hamil yang memakai kutek masih dinilai aman dan boleh hingga saat ini.

Melakukan perawatan kuku dengan kutek, baik di kaki maupun tangan, tidak akan menyakiti janin secara langsung. Meski begitu, Moms perlu memperhatikan kebersihan alat yang digunakan agar terbebas dari kuman dan bakteri. Perhatikan juga kandungan di dalam produk yang Moms gunakan untuk mewarnai dan merawat kuku.

2 dari 5 halaman

Bahan Kimia dalam Kutek yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Kebanyakan produk kuku, mulai dari cat dasar, cat kuku, hingga pembersihnya, mengandung volatile organic compounds (VOCs). Melansir Environmental Protection Agency, VOCs adalah kelompok senyawa yang umum digunakan dalam pembuatan cat yang bersifat racun kalau dihirup. Tentu saja, hal ini bisa berdampak buruk pada Moms dan janinnya.

Melansir Harvard Health Publishing, beberapa jenis VOCs yang banyak terdapat pada cat kuku yang perlu Moms hindari antara lain sebagai berikut:

3 dari 5 halaman

1. Toluena

Hindari produk kutek yang mengandung toluena. Pasalnya, zat ini juga ditemukan pada bensin. Toluena mungkin menimbulkan masalah reproduksi wanita hingga rasa pusing.

2. Formaldehida

Bahan ini merupakan zat karsinogenik atau yang bisa memicu kanker dan biasanya digunakan untuk mengawetkan benda yang telah mati. Moms harus menghindari kontak dan berusaha untuk tidak menghirup zat ini, terutama saat hamil.

3. Dibutyl phthalate (DBP)

Zat ini telah dilarang penggunaannya karena dinilai sangat berbahaya. DBP bisa menyebabkan masalah reproduksi, terutama pada pria. Selain itu, zat ini juga bisa merusak organ-organ dan mengganggu sistem endokrin pada tubuh manusia, termasuk ibu hamil.

4 dari 5 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan saat Pakai Kutek

Moms yang ingin memakai kutek saat hamil sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Cari tahu dan pastikan kebersihan alat yang digunakan.
  • Ada di ruangan dengan sirkulasi udara baik, agar meminimalisir zat beracun terhirup.
  • Hindari perawatan kalau kuku tangan atau kaki terluka.
  • Konsultasikan selalu pada dokter kandungan.

Beri Komentar