Perut Sering Bunyi Krucuk-krucuk Saat Hamil, Apakah Normal?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 5 Agustus 2022 11:57
Perut Sering Bunyi Krucuk-krucuk Saat Hamil, Apakah Normal?
Jangan keburu khawatir, Moms.

Perut bunyi saat hamil yang Moms alami, bisa jadi dialami oleh ibu hamil lainnya. Sebenarnya, mengalami perut bunyi bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena berarti sedang menjalankan fungsinya.

Lantas apa saja faktor penyebabnya? Simak terus ya!

1 dari 5 halaman

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab perut bunyi saat hamil, seperti:

1. Peregangan Ligamen

Perut Moms bisa mengalami pembesaran hingga berkali-kali lipat ukuran semula. Ligamen dan otot di sekitar perut juga akan mengalami peregangan dan mempengaruhi pergerakan pencernaan.

Salah satu penyebab perut bunyi saat hamil adalah peregangan yang terjadi, itu sebabnya lebih sering terdengar saat trimester ketiga. Pada fase ini, ukuran perut semakin besar dan meregang.

2. Perubahan posisi organ

Saat janin berkembang makin besar, artinya bagian dalam perut akan beradaptasi menyesuaikan. Saat organ mengalami pergeseran posisi untuk memberi ruang bagi janin, di saat itulah sangat mungkin perut Moms berbunyi.

2 dari 5 halaman

3. Morning Sickness

Perut bunyi saat hamil muda juga bisa terjadi pada trimester pertama, utamanya bagi bumil yang mengalami morning sickness. Suara perut bunyi saat hamil akan terdengar seperti suara air dikocok, bisa berlangsung sementara atau berhari-hari.

Selama keluhan itu tidak disertai masalah kesehatan lain, seperti diare, konstipasi, kram perut, atau kembung yang berkepanjangan, maka tak perlu khawatir ya, Moms.

4. Gas Berlebih

Adanya gas berlebih di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu seperti brokoli, kubis, atau buncis juga bisa memicu perut sering bunyi dan kentut saat hamil muda.

Selain itu, bunyi perut krucuk-krucuk juga terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman asam. Beberapa makanan atau minuman asam di antaranya adalah tomat, kopi, dan jeruk.

3 dari 5 halaman

5. Perut Kosong

Ketika perut kosong selama berjam-jam, bisa juga terjadi perut bunyi saat hamil. Hal ini karena perut dan dinding usus berkontraksi untuk mengeluarkan gas, cairan, dan makanan lewat sistem pencernaan.

Terlebih saat hamil, nafsu makan bisa meningkat karena kebutuhan akan nutrisi bukan lagi hanya untuk satu orang saja. Untuk mengatasinya, baiknya Moms segera mengonsumsi makanan ringan untuk mengganjal rasa lapar.

Pastikan asupan cemilan tidak terlalu banyak agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan berlebih saat hamil

6. Keracunan

Ketika ibu hamil keracunan makanan yang sudah terkontaminasi atau tidak lagi berkualitas, maka perut bereaksi berupa muntah atau diare, dan karenanya perut juga bisa berbunyi. 

Pemicu utamanya adalah adanya bakteri, parasit, maupun virus yang menyebabkan keracunan dan perlu dikeluarkan dari tubuh. Itulah kenapa ibu hamil disarankan menghindari makanan yang tidak matang atau mentah.

4 dari 5 halaman

Kapan Perlu ke Dokter?

Kalau perut yang bunyi sudah disertai dengan keluhan lain, jangan ragu bertanya kepada dokter ya.

Beberapa keluhan yang perlu dikhawatirkan adalah:

  • Keluar cairan pada trimester akhir, dikhawatirkan ketuban pecah dini.
  • Nyeri perut hingga mengganggu aktivitas.
  • Mual dan muntah tanpa henti.
  • Keluar flek darah.

Beri Komentar