Mengulik Fakta Unik di Balik Ngidam saat Hamil, Ternyata Ada Artinya Lho!

Reporter : Mila I
Selasa, 16 Februari 2021 06:57
Mengulik Fakta Unik di Balik Ngidam saat Hamil, Ternyata Ada Artinya Lho!
Arti ngidam yang sebenarnya pada ibu hamil.

Wanita yang sedang hamil hamil dianggap normal kalau sangat mendambakan makanan yang sebelumnya tak disukainya. Orang biasanya menyebut itu sebagai 'ngidam'. Dari penelitian para ahli, mengidam makanan tertentu bisa menjadi tanda peringatan, yaitu menunjukkan kebutuhan di tubuh ibu hamil.

Melansir TheHealthsite, berikut kami uraikan beberapa arti ngidam yang umum dialami ibu hamil!

1 dari 5 halaman

Ngidam Makanan Manis

Ini artinya ibu hamil perlu lebih banyak energi karena mengalami penurunan tingkat gula darah.

Apabila ibu hamil mengidam jenis makanan ini, cobalah berbagai buah-buahan. Ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi tiga sampai lima porsi buah segar sepanjang hari untuk mengurangi keinginan makanan manis yang tinggi lemak.

Ibu hamil masih diperbolehkan makan dua potong cokelat hitam atau makan es krim vanila sesekali setelah makan karena masih dianggap sehat. Tapi ingat, kebanyakan makan-makanan manis bisa menyebabkan diabetes gestational dan komplikasi lainnya. 

 

2 dari 5 halaman

Ngidam Makanan Pedas dan Asam

Apabila ibu hamil ingin makanan yang asam dan pedas, maka biasanya ia mengalami perubahan hormonal, yang membuatnya ingin mencicipi hal yang berbeda.

Gak masalah kalau ibu hamil benar-benar ingin mencicipi makanan pedas dan asam. Tapi, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan mulas dan memicu keasaman.

3 dari 5 halaman

Ngidam Makanan Berlemak

Ini menunjukkan ibu hamil membutuhkan lebih banyak protein, kalsium, dan asam lemak omega-3.

Cobalah masukkan lebih banyak protein dalam makanan (daging, ikan, telur). Atau juga tambahkan lebih banyak tahu, tempe dan kedelai pada ibu hamil yang vegetarian.

4 dari 5 halaman

Ngidam Es Batu

Meskipun ini bukan makanan, tetapi mengisap es batu tidak berbahaya. Dehidrasi, kehilangan cairan, atau panas tubuh bisa menjadi alasan kemungkinan mengidam.

Mengisap es batu di musim panas baik-baik saja, tapi hati-hati mengalami sakit tenggorokan.

5 dari 5 halaman

Ngidam Hal Aneh (Kapur, Bensin, Cat. dll)

Ngidam jenis benda-benda ini kemungkinan karena gangguan makan yang disebut Pica. Sementara beberapa ahli percaya hal itu bisa berarti karena kekurangan zat besi, tetapi beberapa ahli juga menyebutkan bahwa ini adalah tanda dari masalah emosional seperti stres atau gangguan obsesif kompulsif.

Kalau bumil merasa mengidam yang gak biasa, segeralah minta bantuan dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar