Melahirkan Dibantu Bidan vs Dokter, Mana yang Lebih Baik?

Reporter : Mila
Kamis, 11 Februari 2021 07:57
Melahirkan Dibantu Bidan vs Dokter, Mana yang Lebih Baik?
Moms pilih yang mana nih, bidan atau dokter kandungan?

Saat sudah dekat dengan hari persalinan, Moms pasti bakal dihadapkan dengan pilihan melahirkan dengan bidan atau dokter kandungan. Keduanya adalah tenaga medis yang bisa menangani kehamilan hingga kelahiran. Meskipun begitu, jelas ada perbedaan di antara keduanya.

Nah daripada bingung, mending simak dulu yuk penjelasan di bawah, supaya Moms punya acuan untuk menentukan mau pilih yang mana.

1 dari 5 halaman

Jenis pendidikan

Perlu diketahui, jenis pendidikan bidan dan dokter kandungan itu berbeda. Dokter kandungan mengambil studi ilmu kedokteran spesialisasi kehamilan dan kelahiran, sementara bidan menempuh pendidikan di sekolah khusus kebidanan.

Meski beda pendidikan, keduanya mampu membantu proses persalinan. Begitu pula soal kompetensi, keduanya memang bisa dibilang sama baiknya.

2 dari 5 halaman

Tingkat Risiko

Melansir laman Bidan Kita, dokter kandungan lebih bisa menangani klien dengan risiko tinggi sedangkan bidan hanya bisa menangani klien dengan risiko rendah.

Jadi kalau ada pasien yang tengah mengalami kondisi kehamilan dengan risiko tinggi, umumnya bidan akan merujuk pasien ke dokter kandungan.

Jadi kalau Moms mengalami diabetes, penyakit jantung, epilepsi, tekanan darah tinggi, dan komplikasi serius lainnya, artinya ini termasuk kehamilan dengan risiko tinggi dan pilihan terbaik adalah dengan dokter kandungan.

3 dari 5 halaman

Tempat Melahirkan

Dokter kandungan biasanya hanya melayani proses persalinan di rumah sakit. Sementara dengan bidan, Moms bisa memintanya untuk membantu proses persalinan di rumah, misalnya dengan metode water birth.

4 dari 5 halaman

Beda perspektif

Ada perbedaan filosofi dan mindset di antara bidan dan dokter. Bidan cenderung memiliki filosofi, lebih holistik dan memandang bahwa persalinan adalah proses yang alami. Sedangkan dokter kandungan lebih cenderung memiliki perspektif medis dan melihat kelahiran sebagai sebuah peristiwa yang berisiko.

Gak hanya itu, bidan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan Moms selama proses persalinan dan dalam kunjungan prenatal. Sedangkan dokter kandungan mungkin hanya akan menemani Moms pada saat tahap akhir proses persalinan atau saat pembukaan sudah hampir lengkap.

5 dari 5 halaman

Jadi Mana yang Lebih Baik?

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan melahirkan dengan bantuan bidan maupun dokter kandungan sama baiknya.

Ini kembali lagi ke Moms. Kalau status kehamilan Moms sehat atau berisiko rendah, Moms bisa melahirkan dengan bantuan bidan. Tapi kalau Moms telah mantap memilih bersalin di rumah sakit dengan bantuan dokter kandungan, sekalipun kondisi Moms sehat itu juga gak masalah kok.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar