Perut Ibu Hamil Terlihat Kecil, Apakah Ini Hal yang Normal?

Reporter : Mila
Jumat, 12 Februari 2021 09:57
Perut Ibu Hamil Terlihat Kecil, Apakah Ini Hal yang Normal?
Jangan keburu minder dulu ya, Moms.

Ada begitu banyak tanda-tanda kehamilan yang sehat, salah satunya bisa dilihat dari ukuran perut ibu hamil yang menandakan janin berkembang sesuai seharusnya.

Normalnya, perut ibu hamil akan membesar seiring dengan semakin tuanya usia kandungan. Gak semua sama, ada juga nih yang sudah hamil tua tapi tetap punya perut yang kecil. Hal ini jelas membuat sebagian ibu hamil merasa resah dan minder.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang memengaruhi kecilnya perut ibu hamil meski sudah memasuki trimester kedua. Lalu, apakah kondisi ini berbahaya? 

Untuk menjawab keresahan Moms, ini 8 penyebab utama kenapa ukuran perut masih kecil meski usia kehamilan sudah tua.

1 dari 8 halaman

Tinggi Badan Bumil

Setiap perempuan yang tinggi atau pendek bisa mengalami bentuk perut yang berbeda ketika sedang hamil. Ibu hamil yang pendek biasanya akan punya bentuk perut yang lebih besar dan terlihat menonjol ke depan.

Pertumbuhan rahim akan terlihat lebih cepat ke depan daripada ke atas. Ini semua sesuai dengan fisik ibu hamil karena tidak banyak ruang untuk pertumbuhan rahim.

Sementara itu ketika ibu hamil memiliki tinggi badan yang ideal dan atau sangat tinggi maka rahim akan tumbuh ke atas. Janin akan menempati rahim yang lebih longgar. Ini yang akan menjadi penyebab perut ibu hamil tetap kecil meskipun sudah memasuki kehamilan trimester kedua.

2 dari 8 halaman

Kehamilan Pertama

Kehamilan pertama dan kedua bisa menjadi hal yang sangat berbeda. Untuk ibu hamil yang baru pertama kali hamil maka biasanya bentuk perut akan lebih kecil.  Hal ini disebabkan karena otot perut dan rahim yang masih ketat dan tak terlalu longgar.

3 dari 8 halaman

Posisi Bayi Bergerak

Waktu usia kehamilan sudah memasuki akhir trimester kedua, biasanya janin akan lebih banyak bergerak. Beberapa janin sangat aktif dan selalu mencari posisi dibawah.

Terkadang juga janin bisa bergerak dengan beradu punggung dengan ibu hamil. Terlebih jika tubuh ibu hamil sangat tinggi. Waktu berada dalam posisi ini maka akan terasa perut ibu hamil akan terlihat lebih rata dan punggung terasa lebih nyeri. 

4 dari 8 halaman

Organ Perut Menyesuaikan Rahim

Pada waktu hamil, rahim akan membesar. Kemudian semua organ seperti usus, lambung dan bagian lain akan menyesuaikan dengan perkembangan rahim.

Saat organ pencernaan terdorong ke atas atau ke sisi samping, maka perut ibu hamil juga akan terlihat lebih kecil. Selain itu perubahan organ pencernaan ini yang menjadi penyebab ibu hamil susah BAB. 

5 dari 8 halaman

Kehamilan Lebih dari Dua Kali

Kehamilan yang terjadi lebih dari dua kali dapat membuat otot perut dan rahim menjadi sangat elastis. Hal inilah yang mengakibatkan bentuk perut ibu hamil tetap kecil meskipun sudah memasuki trimester kedua.

6 dari 8 halaman

Pengaruh Air Ketuban

Air ketuban akan di produksi oleh tubuh ibu hamil di 20 minggu pertama kehamilan. Setelah itu, bayi sendiri yang akan menghasilkan air ketuban.

Dalam pemeriksaan antenatal care, dokter akan melihat apakah jumlah cairan ketuban masih normal atau tidak. Jika tak ada ciri-ciri air ketuban kering, maka kondisi kehamilan akan dinyatakan normal.

7 dari 8 halaman

Ukuran Janin

Umumnya di trimester kedua, bayi sudah hampir sempurna tapi belum memiliki sistem organ dalam yang siap dilahirkan. Jadi perut kecil pada ibu hamil tak selalu menjadi tanda adanya bahaya pada janin.

8 dari 8 halaman

Kelainan Genetik

Ada banyak penyakit genetik yang menjadi penyebab bayi lahir cacat dan juga penyebab kelainan kongenital non genetik. Kondisi ini harus mendapatkan pengawasan dari dokter.

Sebenarnya, ibu hamil tak perlu khawatir jika memiliki perut yang kecil, karena ukuran perut tak selalu berarti berat badan janin kurang.  Selama dokter kandungan menyatakan bayi di dalam kandungan ibu hamil berkembang baik dan memiliki berat badan normal, maka perut yang kecil tak jadi masalah.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar