Jangan Terkecoh, Begini nih Cara Membedakan PMS dan Tanda Kehamilan!

Reporter : Mila
Rabu, 10 Februari 2021 10:57
Jangan Terkecoh, Begini nih Cara Membedakan PMS dan Tanda Kehamilan!
Jangan sampai keliru ya!

“Ini gejala PMS atau tanda kehamilan ya?” Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di pikiran para wanita.

Sebelumnya kita harus tahu bahwa tubuh kita punya caranya sendiri dalam memberikan sinyal-sinyal perubahan yang terjadi. Misalnya waktu menyambut periode menstruasi, para wanita seringkali mengeluhkan gangguan fisik, emosi, psikologis, dan suasana hati yang tak menentu. Hal ini dikenal dengan pre-menstrual syndrome (PMS).

Kebanyakan gejala PMS mirip sama gejala awal kehamilan. Oleh karena itu, para wanita seringkali kebingungan membedakan keduanya. Nah biar gak keliru, begini nih cara membedakan antara PMS dan gejala awal kehamilan!

1 dari 5 halaman

Kram Perut

PMS: 1-2 hari menjelang menstruasi biasanya wanita akan mengalami kram perut. Kram perut ini akan berkurang seiring menstruasi dan hilang pada hari terakhir haid.

Kehamilan: Hampir sama, kram akibat kehamilan biasanya terasa di bawah perut atau punggung bawah dan kondisi ini dapat berlangsung lebih lama dari PMS, bisa dalam hitungan minggu hingga bulan.

2 dari 5 halaman

Mudah Lelah

PMS: Rasa lelah sebelum menstruasi bisa terjadi karena hormon estrogen dan progesteron yang meningkat.

Kehamilan: Perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga bisa membuat wanita mengalami kelelahan. Biasanya, kelelahan yang dirasakan saat hamil bisa melebihi rasa lelah ketika PMS.

3 dari 5 halaman

Nyeri Payudara

PMS: Rasa nyeri disertai pembengkakan pada payudara bisa terjadi sebelum menstruasi.

Kehamilan: Jika rasa nyeri ini berhubungan dengan kehamilan, umumnya rasa nyerinya berat. Payudara juga mungkin akan menjadi sangat sensitif dan terlihat lebih berisi.

 

4 dari 5 halaman

Flek Darah

PMS: Bercak darah bisa menjadi tanda bahwa kamu akan mendapat haid atau sedang dalam masa PMS. Pada PMS, bercak darah atau flek kecokelatan akan diikuti dengan dengan perdarahan haid selama 2-7 hari.

Kehamilan: Bercak perdarahan saat buang air kecil juga bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Bercak ini disebut juga dengan bercak implantasi. Flek darah akibat implantasi biasanya hanya terjadi dalam beberapa hari saja dan perdarahannya hanya sedikit.

5 dari 5 halaman

Nafsu Makan Meningkat

PMS: Saat kamu PMS, nafsu makanmu mungkin akan meningkat dan sering merasa lapar.

Kehamilan: Saat awal kehamilan nafsu makanmu juga bisa meningkat. Hal ini karena tubuh beradaptasi dengan janin yang sedang tumbuh, selain itu wanita yang sedang hamil juga bisa punya keinginan mengonsumsi makanan tertentu atau sering disebut ngidam.

Cara terbaik untuk menemukan perbedaan antara PMS dengan tanda awal kehamilan adalah dengan melakukan tes menggunakan alat tes kehamilan/ test pack. Selebihnya konsultasikan dengan dokter untuk setiap gejala yang tidak biasa atau masalah yang timbul karena gejala yang dirasakan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar