Mandi Setelah Melahirkan, Bahaya Gak sih?

Reporter : Mila
Kamis, 18 Februari 2021 08:57
Mandi Setelah Melahirkan, Bahaya Gak sih?
Kapan waktu yang tepat untuk mandi setelah melahirkan?

Momen bersalin atau melahirkan, sekalipun jadi waktu yang paling dinanti-nanti calon Moms, tampaknya sekaligus membuat ingin cepat-cepat mandi setelahnya.

Hal ini mengingat tubuh Moms yang baru melahirkan mengeluarkan banyak berkeringat, sehingga membuat kurang nyaman karena gerah dan lengket. Tapi, apakah aman mandi setelah melahirkan?

1 dari 2 halaman

Apa Kata Pakar Kesehatan?

Melansir dari Parenting First Cry, beberapa dokter dan pakar kesehatan justru merekomendasikan Moms untuk mandi setelah melahirkan. Hal ini karena mandi akan memberikan kesempatan tubuh dalam memulai prosedur penyembuhan luka usai persalinan.

Meski begitu, tiap dokter bisa saja berbeda. Oleh karena itu sebaiknya Moms konsultasi dulu dan tetap berada dalam pengawasan dokter.

2 dari 2 halaman

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mandi Setelah Melahirkan

Perlu diiingat, sebaiknya hindari dulu berendam di bak mandi (bathub) karena bisa meningkatkan risiko luka bekas sayatan saat melahirkan terkena bakteri.

Untuk Moms yang melahirkan secara normal: Biasanya dokter mengizinkan mereka untuk mandi kapanpun, terutama jika Moms sudah bisa berjalan beberapa jam setelah melahirkan. Hal ini bertujuan supaya jahitan di area vagina bersih dan kemungkinan bisa mengurangi infeksi. Tapi ingat, tetaplah lembut saat menyeka dan pastikan daerah tersebut benar-benar kering dari air.

Untuk Moms yang melakukan operasi Caesar: Sebaiknya gak usah cepat-cepat mandi dulu, karena harus fokus pada pemulihan bekas operasi. Untuk beberapa hari pertama, Moms mungkin disarankan dokter untuk beristirahat total.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar