Konsumsi Cokelat selama Kehamilan, Bisa Buat Bayi Lebih Bahagia lho Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 9 September 2020 06:30
Konsumsi Cokelat selama Kehamilan, Bisa Buat Bayi Lebih Bahagia lho Moms
Simak ulasan selengkapnya di sini yuk, Moms.

Siapa sih yang nggak suka makan cokelat? Rasa manis yang langsung lumer di mulut ini pastinya membuat banyak orang merasa ketagihan.

Saat hamil, membatasi konsumsi cokelat memang disarankan. Meski begitu, cokelat memiliki banyak manfaat lho Moms.

Selain cokelat bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bayi, mengonsumsi cokelat juga bisa membuat bayi bahagia lho.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi ibu hamil makan cokelat © Diadona

Melansir dari BBC, para ilmuwan di Finlandia menyatakan bahwa makan cokelat selama kehamilanbisa membuat bayi lebih bahagia.

Hal ini berdasakan survey 300 wanita yang mereka tanyai sebelum dan sesudah melahirkan. Faktanya, ibu yang makan cokelat setiap hari selama kehamilan cenderung mengatakan mereka memiliki bayi yang bahagia.

Menurut sebuah laporan di majalah New Scientist, para ilmuwan percaya hal ini mungkin berkaitan dengan bahan kimia pengubah mood yang ada dalam cokelat.

2 dari 6 halaman

Selain itu, para ilmuwan ini menemukan bahwa wanita yang secara teratur makan coklat saat hamil, lebih cenderung mengatakan bayi mereka banyak tersenyum dan tertawa selain juga lebih aktif.

Nggak hanya itu Moms, peneliti lainnya juga menemukan bahwa ada perbedaan nyata antara bayi dari wanita stres yang makan cokelat dan wanita stres yang nggak makan cokelat.

Wanita stres yang makan cokelat lebih cenderung mengatakan bayi mereka nggak terlalu takut dalam situasi baru dan sebaliknya. Meski begitu, penelitian ini masih harus dikaji lebih lanjut.

3 dari 6 halaman

Makan cokelat pada trimester ketiga

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Meski cokelat memiliki manfaat bagi ibu dan bayi, pada trimester ketiga sebaiknya ibu hamil mulai mengurangi konsumsi cokelat.

Sebuah studi mengungkap adanya kemungkinan efek negatif pada duktus arteriosus (DA) bayi di akhir kehamilan pada ibu yang mengonsumsi cokelat di trimester ketiga.

Karena itu, banyak peneliti menyarankan agar ibu hamil berhati-hati saat mengonsumsi cokelat di trimester terakhir kehamilan ini. Tapi hal ini baru mungkin terjadi bila Moms mengonsumsi cokelat secara berlebihan.

4 dari 6 halaman

Berapa banyak sih cokelat yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Idealnya, ibu hamil hanya diperbolehkan mengonsumsi sekitar 30 gram saja Moms per harinya atau sekitar beberapa gigitan saja. Selain itu, juga dianjurkan agar ibu hamil nggak mengonsumsi cokelat ini secara rutin karena mengandung kafein, kalori dan lemak.

Lalu, cokelat seperti apa ya yang baik dikonsumsi?

Nah, cokelat hitam jadi pilihan cokelat yang direkomendasikan Moms untuk dikonsumsi selama kehamilan. Tapi tetap ya, jangan sampai berlebihan.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Cokelat © Diadona

Sebagian besar manfaat cokelat hitam ini terbukti dengan baik Moms, termasuk kemungkinan mengurangi tekanan darah dan risiko beberapa komplikasi, dan juga meningkatkan aliran darah ke bayi dan ibu.

Meski ada sederet bukti bahwa mengonsumsi cokelat pada trimester ketiga lebih berisiko, namun sampai saat ini belum terbukti adanya risiko yang sangat berbahaya sampai dokter melarang mengonsumsinya.

Beri Komentar