Jelang Persalinan Ussy Sulistiawati Galau dan Parno, Begini Penjelasan Ilmiahnya Moms

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 27 Agustus 2020 10:31
Jelang Persalinan Ussy Sulistiawati Galau dan Parno, Begini Penjelasan Ilmiahnya Moms
Wah, kira-kira kenapa ya?

Istri Andhika Pratama ini akan menuju lahiran anaknya yang ke 4. Menjelang lahiran, Ussy malah merasakan galau dan tiba-tiba parno.

Selain itu, Ussy juga tampak bingung untuk menghadapi lahiran normal atau caesar buat anaknya yang ke 4 nanti. Ussy pun mengungkapkan perasaannya dengan posting foto serta menulis caption yang panjang di media sosial instagramnya.

"Mendekati minggu-minggu lahiran, malah tiba-tiba parno, nanti caesar atau normal ya anak-anak sebelumnya lahiran normal, Sheva doang yang caesar karena pas pembukaan 5 tiba-tiba pendarahan, sedangkan saat itu sugesti udah lahiran normal aja, tiba-tiba harus oprasi, rasanya campur aduk karena ga tau rasanya nanti kayak apa..dan ternyata memang beda.
-lahiran normal suakiiit diawal, kelar brojol yaaa santai
-lahiran caesar santai diawal nah after nya butuh penyembuhan lebih lama dari normal", tulis caption di instagram ussypratama.

 

1 dari 3 halaman

1. Perjuangan Seorang Ussy

Menjadi seorang ibu tentunya sangat berat apalagi ketika hamil dan menjelang lahiran. Menurut Ussy sendiri, melahirkan seorang anak dengan cara apapun adalah perjuangan seorang ibu.

" Tapi memang mau normal mau caesar semuanya sama-sama butuh perjuangan, dan ibu tetaplah ibu apapun cara melahirkannya, dan after lahiran nggak langsung kelarrr.. justru itu permulaan seorang ibu dan bapak buat urus anak-anak nya agar mereka tumbuh seperti manusia yangg baik dan benar bukan menjadi manusia yang seperti orang tua inginkan.. karena blum tentu keinginan anak nantinya sesuai yang ortu mau begitu juga sebaliknya.. nggak pernah ada sekolah untuk jadi ortu..ortu belajar nggak pernah ada abisnya.. mau anak 1.2.3 dan seterusnya" , imbuh caption Ussy.

 

2 dari 3 halaman

Kenapa rasa trauma menjelang melahirkan itu bisa terjadi?

Menurut alodokter, Ketakutan yang dialami oleh ibu menjelang melahirkan biasanya muncul karena trauma masa lalu dimana ibu sempat merasakan sensasi saat melahirkan / persalinan tersebu. Rasa takut itu kadang muncul berupa depresi atau gangguan kecemasan. Ibu biasanya akan merasa ketakutan yang amat parah dan itu mungkin bisa masuk ke dalam golongan phobia kehamilan (Tokophobia).

 

3 dari 3 halaman

Lalu, bagaimanakah cara untuk meredakan kegelisahan itu?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sang ibu, salah satunya yaitu:
1. Bicarakan dengan pasangan
2. Ikuti kelas persalinan
3. Lakuka teknik relaksasi

Bumil bisa melakukan tips-tips di atas untuk mengatasi rasa takut melahirkan. Namun, bila rasa takut ini tetap saja membayangi pikiran Bumil, sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter. Bila perlu, sebelum bertemu dengan dokter, catat dulu semua hal yang Bumil khawatirkan atau membuat Bumil takut agar bisa didiskusikan dengan dokter. Semoga membantu!

Beri Komentar