Ibu Hamil Sering Pingsan, Normal Nggak sih?

Reporter : Mila
Sabtu, 20 Agustus 2022 11:57
Ibu Hamil Sering Pingsan, Normal Nggak sih?
Wajib banget disimak Moms.

Ketika hamil, Moms akan mengalami banyak keluhan. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya hormon kehamilan. Tak jarang, ada beberapa ibu hamil yang sering pingsan. Kondisi ini tentu membuat khawatir banyak orang dan dianggap bisa berbahaya untuk buah hatinya.

Lantas, normalkah ibu hamil yang sering pingsan?

1 dari 5 halaman

Menurut dr. Mario Krisna, Sp.OG dari Rumah Sakit Pondok Indah, ibu hamil memang kerap kali terlihat pucat. Hal itu disebabkan karena tekanan darah saat hamil cenderung lebih rendah.

" Ibu hamil memang dinilai lebih lemah karena seringkali terlihat pucat tapi bagi saya itu merupakan suatu perubahan yang memang disebabkan karena tekanan darah ibu hamil akan lebih rendah dibandingkan sebelum hamil," kata dr. Mario, melansir Nakita, Senin (8/8/2022). 

2 dari 5 halaman

Saat hamil sistem tubuh Moms membuat tekanan darah lebih rendah secara otomatis. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat sirkulasi peredaran darah ibu lebih baik ke bayinya.

" Tekanan darah yang lebih rendah bertujuan untuk sirkulasi peredaran darah ibu lebih baik ke bayinya maka tekanan darahnya direndahkan oleh sistem tubuh itu sendiri ketika hamil," sambung dr. Mario.

3 dari 5 halaman

Tekanan darah yang rendah inilah yang membuat ibu hamil rentan sekali mengalami sakit kepala. Karena sakit kepala itu, Moms biasanya merasa seperti melayang, berkunang-kunang, bahkan sampai pingsan.

Hal ini sering terjadi pada ibu hamil yang langsung merubah posisi secara cepat.  Misalnya, dari yang tadinya rebahan tiba-tiba langsung berdiri.

" Dengan tekanan darah rendah itu membuat ibu hamil ketika berjalan seperti melayang karena pusing, merasa kunang-kunang ketika lagi tiduran kemudian langsung berdiri, nah itu biasanya disebabkan karena tekanan darah yang lebih rendah," sambung dr. Mario.

4 dari 5 halaman

Nah, ini bisa dihindari dengan tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Kalau Moms dalam posisi rebahan dan hendak berdiri, maka pelan-pelan agar tubuh tidak kaget.

" Itu tidak bisa kita cegah karena itu prinsip tubuh ibu hamil jadi ya saran saya pribadi ibu hamil tidak terlalu terburu-buru melakukan suatu hal apalagi dia dalam kondisi terlentang kemudian langsung berdiri vertikal," tutup dr. Mario.

Beri Komentar