Berapa sih Sebenarnya Usia Ideal Wanita untuk Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 31 Juli 2020 11:30
Berapa sih Sebenarnya Usia Ideal Wanita untuk Hamil?
Ini lho usia wanita yang ideal unuk hamil, Moms.

Memiliki seorang anak tentu jadi harapan sekaligus kebahagiaan tersendiri ya bagi banyak pasangan. Berbicara tentang memliki anak, pastinya nggak lepas dari kehamilan dong.

Sebenarnya, secara teknis wanita bisa hamil dan melahirkan dari masa pubertas sampai menopause dimana mereka berhenti menstruasi. Meski begitu, sebenarnya ada nggak sih usia ideal wanita untuk hamil? Yuk, langsung kita simak ulasannya, Moms.

1 dari 6 halaman

Usia Ideal

Ilustrasi ibu hamil dan pasangan © Diadona

Melansir dari healthline.com, para ahli mengatakan bahwa waktu terbaik untuk hamil yakni antara usia 20-an dan awal 30-an, Moms. Kisaran usia ini dikaitkan dengan kondisi terbaik bagi ibu dan bayi.

Sebenarnya, usia hanya jadi salah satu faktor Moms dalam mempersiapkan kehamilan. Moms dan pasangan juga perlu nih mempertimbangkan kesiapan emosional dan keuangan.

2 dari 6 halaman

Gimana sih usia mempengaruhi kesuburan?

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Wanita dilahirkan dengan semua sel telur yang mereka miliki. Sayangnya, jumlah telur ini secara bertahap akan turun Moms selama bertahun-tahun.

Pada usia 37 tahun, Moms akan punya sekitar 25.000 telur yang tersisa sementara pada usia 51 tahun, Moms hanya akan punya sekitar 1.000 telur yang tersisa.

Kelihatannya seperti jumlah yang banyak ya Moms. Tapi masalahnya, kualitas telur juga ikut menurun Moms seiring bertambahnya usia. Belum lagi, adanya risiko kesehatan yang berdampak pada kesuburan seperti endometriosis dan penyakit tuba.

3 dari 6 halaman

Nah, karena faktor-faktor ini, kesuburan kita mulai menurun Moms secara bertahap pada sekitar usia 32 tahun. Terlebih lagi, antara usia 35 dan 37 tahun, kesuburan kita mulai turun lebih cepat.

Tentu saja hal ini membuat peluang untuk hamil juga menurun Moms seiring bertambahnya usia. Selain usia, faktor lainnya seperti merokok, perawatan kanker, dan infeksi panggul juga bisa mengurangi peluang wanita untuk hamil.

4 dari 6 halaman

Manfaat Hamil di Usia Muda

Ilustrasi Ibu Hamil dan Ayah © Diadona

Hamil di usia muda juga punya beberapa manfaat Moms. Mulai dari kesehatan bayi yang lebih baik, peluang hamil yang lebih tinggi, dan mengurangi kemungkinan mengalami komplikasi kehamilan.

Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang hamil pada usia 35 atau lebih tua. Saat usia kita memasuki 35 tahun, ada banyak risiko kehamilan yang umum teradi diantaranya diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, keguguran, berat lahir bayi rendah, dan kelainan kromosom seperti Down Syndrome.

5 dari 6 halaman

Lalu, kapan sih sebaiknya kita mengunjungi dokter untuk menanyakan tentang kesuburan?

Ilustrasi pasangan konsultasi ke dokter © Diadona

Sebenarnya, masalah kesuburan ini cukup umum Moms. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 12% wanita mengalami kesulitan hamil. Nah, Moms perlu mengunjungi dokter bila:

1. Berusia 35 tahun atau lebih muda dan Moms sudah berusaha untuk hamil selama setahun namun masih belum berhasil.

2. Berusia di atas 35 tahun dan Moms sudah mencoba untuk hamil selama lebih dari 6 bulan.

3. Berusia di atas 40 tahun dan ingin memulai sebuah keluarga.

6 dari 6 halaman

Biasanya, perawatan kesuburan yang direkomendasikan tergantung apda sederet faktor Moms seperti penyebab masalah kesuburan, usia, dan preferensi kita.

So, bisa dibilang Moms bakal punya peluang lebih tinggi untuk hamil dan punya bayi yang sehat jika Moms dan pasangan mulai mencoba program kehamilan ini di usia 20-an atau 30-an. Semoga bermanfaat ya Moms.

Beri Komentar