Jangan Sepelekan, Belajar Melatih Pernapasan sebelum Persalinan Penting lho Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 30 Juli 2020 15:30
Jangan Sepelekan, Belajar Melatih Pernapasan sebelum Persalinan Penting lho Moms
Sinak yuk, Moms!

Meski terlihat sederhana, belajar teknik pernapasan nggak kalah penting Moms untuk mempersiapkan persalinan.

Kenapa? Karena dengan teknik pernapasan yang benar bisa membuat kita merasa lebih rileks, mengurangi detak jantung dan tekanan darah, dan membantu kita mendapatkan lebih banyak oksigen dengan setiap tarikan napas.

Selain itu, bisa juga lho membantu Moms untuk mengatasi rasa sakit dengan lebih baik selama kontraksi. Banyak kan manfaatnya?

1 dari 3 halaman

Mengapa sih melatih napas sangat penting bagi ibu hamil?

Ilustrasi teknik bernapas ibu hamil © Diadona

Melansir dari Alodokter, sisa dibilang bahwa saat kita stres atau cemas, kita akan bernapas lebih cepat. Bila nggak segera diatasi, hal ini bisa membuat Moms jadi merasa panik jelang melahirkan yang bisa menyebabkan kita bernapas terlalu cepat atau hiperventilasi.

Hiperventilasi ini bisa membuat kita merasa nggak cukup mendapat oksigen Moms dan membuat rasa cemas kita semakin buruk. Moms juga mungkin akan merasa pusing, nggak terkendali, bahkan nyeri dada.

Sebenarnya, hal ini lumrah terjadi Moms. Tapi nggak bisa dong Moms dalam kondisi seperti ini terus. Karena itu, belajar melatih pernapasan bisa membantu Moms untuk menghemat energi dan mengatasinya dengan lebih baik saat melahirkan.

2 dari 3 halaman

Apa saja sih pola pernapasan terbaik untuk persalinan?

Pola pernapasan ini tergantung dengan tahap persalinannya Moms. Setiap tahapan punya teknik yang berbeda.

Persalinan Tahap Awal

Selama tahap awal ini, sebaiknya Moms coba bernapas secara perlahan dan berirama. Hal ini bisa membantu Moms lebih rileks dan membuat Moms lebih mudah mengatasi kontraksi pertama.

Saat kontraksi dimulai, tarik napas perlahan melalui hidung, tarik udara sedalam mungkin ke paru-paru dan perut. Berhentilah sejenak, lalu buang napas perlahan melalui mulut.

Saat Moms mengeluarkan napas, cobalah untuk mengendurkan otot kita. Moms bisa mencoba fokus pada bagian tubuh yang berbeda dengan setiap pernapasan.

3 dari 3 halaman

Persalinan Tahap Lanjut

Ilustrasi teknik bernapas ibu hamil © Diadona

Saat persalinan menjadi lebih lanjut, kontraksi yang Moms rasakan akan menjadi semakin kuat dan nggak nyaman. Pada titik ini, Moms mungkin merasa bernapas lebih cepat di saat setiap kontraksi memuncak.

Coba Moms bernapas dengan kembang kempiskan mulut sekitar sekali per detik. Saat bernapas, cobalah untuk fokus pada sesuatu di ruangan Moms, bisa suami kita atau benda apapun. Nah, saat kontraksi mereda, Moms bisa kembali bernapas lebih lambat.

So, itu dia Moms sederet informasi tentang pentingnya belajar pernapasan saat hamil. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar