Agar Lebih Pulas, Ini 3 Posisi Tidur Terbaik untuk Moms Setelah Melahirkan

Reporter : Mila
Kamis, 21 Oktober 2021 10:57
Agar Lebih Pulas, Ini 3 Posisi Tidur Terbaik untuk Moms Setelah Melahirkan
Yuk Moms cari tahu posisi tidur yang tepat.

Setelah melahirkan, Moms akan disibukkan dengan rutinitas baru sebagai seorang ibu. Karena sebagian besar waktu dan tenaga dicurahkan untuk merawat bayi baru lahir, tak jarang ibu yang baru melahirkan merasa kelelahan dan kurang tidur.

Untuk mengembalikan energi sepenuhnya, Moms butuh posisi tidur yang tepat setelah melahirkan. Kalau posisi tidurnya nyaman, maka kualitas tidur pun meningkat. Dengan begitu, Moms juga lebih cepat pulih.

1 dari 3 halaman

Tidur Miring

Ilustrasi Tidur © Diadona

Sejak masa kehamilan, tidur menyamping atau miring memang disarankan untuk keamanan dan kenyamanan. Karena Moms sudah terbiasa dengan posisi ini, sebaiknya lanjutkan saja.

Saat tidur dengan posisi ini, usahakan agar punggung dan bokong tetap lurus. Hindari terlalu mencondongkannya ke belakang. Hal ini dikhawatirkan bisa menekuk perut bagian depan.

2 dari 3 halaman

Tidur Telentang

Setelah melahirkan posisi tidur telentang disarankan.  Ketika tidur dengan posisi ini, rupanya bagian perut, vagina, maupun sayatan pasca operasi tidak mendapatkan tekanan. Oleh karena itu, posisi ini tentu bisa mengurangi rasa nyeri yang masih dialami.

Untuk menambah kenyamanan, sebaiknya Moms meletakkan bantal di bawah lutut, khususnya bila perdarahan masih terjadi. Selain itu, Mom juga bisa meletakkan bantal di bagian tubuh lain untuk merasa lebih nyaman.

3 dari 3 halaman

Posisi Bantal yang Lebih Tinggi

Posisi tidur yang baik setelah melahirkan lainnya adalah memposisikan kepala lebih tinggi. Dalam posisi setengah duduk ini, Moms akan bisa lebih nyaman karena mendukung pernapasan yang lebih lancar.

Supaya tidak terasa pegal, Moms bisa mengganjalkan bantal di belakang punggung. Posisi ini pun lebih bisa membuat Moms untuk bangun lebih mudah dibandingkan posisi telentang.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar