Moms Sering Menggunakan Kipas Angin saat Malam Hari? Hati-hati Dampak Buruknya untuk Janin!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 12 Oktober 2021 11:57
Moms Sering Menggunakan Kipas Angin saat Malam Hari? Hati-hati Dampak Buruknya untuk Janin!
Menggunakan kipas angin sepanjang malam ternyata kurang disarankan, Moms.

Kipas angin adalah penyelamat saat cuaca panas, khususnya pada malam hari. Apabila kipas angin digunakan pada malam hari, tentu saja udara ruangan lebih sejuk sehingga Moms bisa tidur lebih lelap.

Meskipun begitu, banyak pertanyaan tentang apakah ibu hamil boleh menggunakan kipas angin pada malam hari? Untuk mengetahui jawabannya, langsung aja simak artikel berikut ini!

1 dari 4 halaman

Kipas Angin Pemicu Alergi

Dokter sekaligus penulis The New Allergy Solution, Clifford Bassett, mengatakan bahwa kipas angin bisa menjadi pemicu alergi saat tidur. Kenapa? Karena kipas angin mengedarkan partikel-partikel debu yang berpotensi menyebabkan alergi. 

Partikel debu ini akan melekat di kasur hingga langit-langit kamar. Padahal, bagian-bagian itu sering disentuh oleh Moms, sehingga menimbulkan reaksi alergi.

2 dari 4 halaman

Risiko Kekurangan Oksigen

Selain itu, pemakaian kipas angin bisa menyebabkan kekurangan cairan dan oksigen. Karena, udara dingin dari kipas akan menyerap cairan tubuh sehingga tubuh menjadi lemas dan organ tubuh tidak bekerja dengan baik.

3 dari 4 halaman

Jadi Apakah Ibu Hamil Boleh Menggunakan Kipas Angin?

Sampai saat ini, belum ada penelitian resmi dan lebih lanjut yang memaparkan hubungan antara kesehatan ibu hamil dan pemakaian kipas angin. Jadi, tidak ada salahnya Moms menggunakan kipas angin saat malam hari.

Tapi, Moms harus rutin membersihkan kipas angin agar tidak menebarkan partikel-partikel debu secara berlebihan. Selain itu, pastikan juga Moms mengonsumsi air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

4 dari 4 halaman

Tips Menggunakan Kipas Angin saat Malam Hari

  • Untuk meminimalkan dampak alergi, Moms harus rutin membersihkan kipas angin agar tidak ada debu yang menempel dan menyebar ke seluruh ruangan. Kalau perlu, Moms boleh memasang filter udara di kamar tidur untuk menyaring partikel debu dari kipas angin.
  • Kemudian, jangan mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh atau tempat tidur. Lebih baik pantulkan dulu ke tempat lain.
  • Jangan terlalu memasang kipas dengan volume angin yang terlalu kencang. Secukupnya saja ya!
  • Setelah bangun, jangan lupa untuk minum segelas air putih untuk mencegah dehidrasi. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Moms!

Beri Komentar