Kenapa ya Ibu Jadi Lebih Pelupa setelah Melahirkan?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 6 Januari 2021 06:30
Kenapa ya Ibu Jadi Lebih Pelupa setelah Melahirkan?
Yuk, kenal lebih jauh soal "mommy brain".

Pernah nggak sih Moms masuk ke ruangan dan lupa apa yang ingin dilakukan? Atau bingung cari kunci padahal udah dipegang? Bila Moms yang baru saja melahirkan mengalami hal sejenis itu, kemungkinan besar Moms sedang mengalami "mommy brain".

Mommy brain atau momnesia sendiri adalah istilah bagi kondisi ibu yang sering lupa pasca melahirkan. Meski terdengar kurang masuk akal, nyatanya kondisi ini normal dan umum dialami ibu setelah melahirkan lho.

1 dari 6 halaman

Apa sih Penyebabnya?

Ilustrasi ibu pelupa © Diadona

Dikutip dari Alodokter, menurut sebuah studi, mommy brain disebabkan oleh perubahan struktur pada otak yang dipengaruhi oleh perubahan hormon pasca melahirkan. Para ahli menduga hal ini berkaitan dengan hormon oksitosin, Moms.

Hormon oksitosin ini bisa memengaruhi bagian otak yang berperan dalam pembentukan memori sehingga bisa menyebabkan ibu melupakan memori tertentu yang dianggap nggak penting oleh otak.

2 dari 6 halaman

Selain itu, banyak ahli yang berpendapat bahwa perubahan otak yang menyebabkan mommy brain ini justru berpengaruh positif karena membuat insting seorang ibu terhadap anaknya menjadi lebih tajam, Moms. Karena perubahan ini, secara alami ibu bisa mengerti kebutuhan dan keinginan si kecil.

Selain faktor hormonal dan perubahan pada otak, para ahli juga menduga mommy brain disebabkan oleh kelelahan dalam mengurus anak terutama bagi ibu baru.

3 dari 6 halaman

Apa yang Seharusnya Ibu Lakukan saat Alami Mommy Brain?

Bila saat ini Moms sedang mengalami mommy brain, tenang dulu Moms. Berikut ada sederet cara untuk menyiasatinya agar nggak mengganggu aktivitas.

1. Buat Daftar Aktivitas

Ilustrasi menulis surat © Diadona

Meski kadang lupa nggak bisa dihindarkan, Moms bisa menyiasatinya dengan membuat daftar atau to-do list yang ingin Moms lakukan per harinya.

Moms bisa menulisnya dalam jurnal atau ponsel tentang berbagai aktivitas yang ingin dan sudah Moms lakukan. Salah satu kuncinya, tulis segera setelah Moms memikirkannya.

Saat Moms menunda untuk menulis, ada kemungkinan besar Moms akan lupa nantinya. Jadi, sebisa mungkin jangan tunda udah menulis dalam jurnal ya Moms.

4 dari 6 halaman

2. Cukupi Waktu Tidur

Kurang tidur jadi salah satu faktor terbesar penyebab lupa Moms. Karena, otak perlu istirahat untuk memproses semua informasi baru yang sudah diambilnya sepanjang hari. Karena itu, Moms bisa bergantian mengurus si kecil dengan pasangan atau baby sitter agar Moms tetap bisa mendapat waktu istirahat yang cukup.

5 dari 6 halaman

3. Tingkatkan Kesehatan Otak

ilustrasi makanan sehat © Diadona

Selain berolahraga dan makan makanan yang bisa menguatkan daya ingat seperti blueberry, brokoli, dan kunyit, Moms juga bisa melakukan aktivitas untuk meningkatkan kemampuan otak.

Misalnya, dengan mengerjakan teka-teki silang atau memainkan game pelatihan otak di saat senggang. Moms bisa melakukan aktivitas ini beberapa menit per harinya.

6 dari 6 halaman

4. Simpan Kunci dan Dompet di Tempat yang Sama Setiap Hari

Kunci dan dompet seringkali jadi barang yang sering banget kelupaan saat menaruhnya. Karena itu, untuk menyiasatinya Moms bisa menaruh kedua barang itu di tempat yang sama setelah menggunakan.

Jadi, itu dia Moms sekilas ulasan tentang mommy brain. Untuk Moms yang sedang dalam kondisi ini, semangat terus ya!

Beri Komentar