Pasca Melahirkan Jadi Gampang Berkeringat di Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 5 Januari 2021 12:30
Pasca Melahirkan Jadi Gampang Berkeringat di Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya
Moms ngalamin juga nggak?

Selama kehamilan maupun pasca melahirkan banyak perubahan pada tubuh yang dialami ibu, salah satunya gampang berkeringat di malam hari. Bahkan, saat duduk diam pun Moms jadi lebih berkeringat dari biasanya.

Tenang Moms, sebenarnya gampang berkeringat di malam hari ini normal dialami ibu pasca melahirkan kok. Kondisi ini bahkan lebih sering terjadi saat Moms sedang tidur. Tapi, sebenarnya apa sih penyebabnya?

1 dari 5 halaman

Apa sih Penyebab Gampang Berkeringat di Malam Hari?

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Dikutip dari What to Expect, berkeringat di malam hari pasca melahirkan biasanya disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen Moms. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan yang dialami selama kehamilan.

Lalu, kapan kondisi ini Berakhir?

Sayangnya, belum diketahui secara pasti Moms kapan berkeringat di malam hari ini akan berhenti. Tapi biasanya, kondisi ini akan berkurang secara alami Moms karena cairan ekstra itu akan keluar dan hormon akan menurun seiring berjalannya waktu.

2 dari 5 halaman

Tips Mengatasai Berkeringat di Malam Hari Pasca Melahirkan

Berkeringat di malam hari mungkin membuat Moms merasa nggak nyaman ya. Dikutip dari Alodokter, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Kenakan Pakaian atau Piyama yang Terbuat dari Katun

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Sudah jadi rahasia umum bila bahan dari katun umumnya lebih muda menyerap keringat. Karena itu, saat tidur sebaiknya Moms menggunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun alami agar tubuh tetap nyaman.

3 dari 5 halaman

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Ilustrasi minum air putih © Diadona

Berkeringat terus menerus bisa membuat Moms dehidrasi. Untuk menghindari hal itu, pastikan Moms mencukupi kebutuhan cairan salah satunya dengan minum cukup air putih.

Moms bisa mengecek apakah tubuh sudah mendapat cukup asupan cairan atau belum melalui warna urine. Bila urine berwarna kuning pucat, hal ini berarti Moms terhidrasi. Sebaliknya, bila urine Moms berwarna kuning pekat atau gelap menandakan Moms kemungkinan kekurangan cairan.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Bedak Tabur

Bila keringat membuat kulit Moms jadi iritasi, Moms bisa menguranginya dengan menggunakan bedak tabur yang nggak mengandung talc. Bedak jenis ini bisa membantu mengatasi ruam kulit Moms. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan bedak tabur untuk menyerap kelembapan kulit yang berlebih.

4. Jaga Suhu Ruangan Tetap Dingin

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Menjaga suhu ruangan tetap dingin juga bisa jadi cara lainnya Moms untuk meredakan keringat berlebih di malam hari. Moms bisa menggunakan kipas angin maupun AC agar menjaga ruangan tetap sejuk dan mencegah Moms terlalu banyak berkeringat di malam hari.

Beri Komentar