Definisi Startup, Perusahaan Digital untuk Bisnis dan Perkembangannya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 13 Mei 2020 09:05
Definisi Startup, Perusahaan Digital untuk Bisnis dan Perkembangannya
Ini dia beberapa yang perlu kamu ketahui tentang startup.

Startup adalah salah satu lahan bisnis yang sedang gencar di Indonesia saat ini. Tapi sudah pada tahu apa belum sih apa itu startup? Jangan-jangan cuma ikutan ngomong tapi nggak tahu artinya.

Startup adalah sesuatu yang pastinya sudah sangat familiar di kalangan enterpreneur. Tapi kita yang orang biasa ini sepertinya juga perlu tahu deh. Nggak pakai lama, ini dia beberapa yang perlu kamu ketahui tentang startup.

1 dari 4 halaman

Startup adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris (start-up), yang artinya adalah semua usaha yang berjalan di bawah lima tahun atau pun yang baru saja dirintis. Setali tiga uang, Wikipedia juga mengatakan bahwa startup merupakan perusahaan yang belum lama beroperasi.

Namun, pada tahun 2000-an startup mulai mengalami pergeseran makna. Tepatnya, semenjak indistri 'dot-com' cukup populer. Dulu, startup adalah semua bisnis yang baru saja berjalan. Tetapi saat ini arti startup sudah tidak didefinisikan dengan maksud tersebut.

Definisi Startup, Perusahaan Digital untuk Bisnis dan Perkembangannya © Diadona

Saat ini, startup adalah sebuah usaha yang baru berjalan serta menerapkan inovasi teknologi ketika menjalankan core bisnisnya. Juga, startup merupaka sebuah bisnis yang selalu identik dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi.

2 dari 4 halaman

Perusahaan startup adalah?


Di indonesia sendiri perusahaan startup memiliki perkembangan yang pesat dan menunjukkan tren positif. Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, setidaknya ada 4 startup unicorn yang datang dari Indonesia. Yakni, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak & GO-JEK.

Definisi Startup, Perusahaan Digital untuk Bisnis dan Perkembangannya © Diadona

Salah satu ciri yang dimiliki perusahaan startup adalah disruptive alias ‘menganggu’ sebuah industri yang sudah ada terlebih dahulu. Contohnya, di dunia transportasi di Indonesia. Sebelum kehadiran layanan transportasi online, salah satu para pemain di industri transportasi adalah Taksi Konvensional.

3 dari 4 halaman

Bisnis startup adalah?


Nah, saat ini bisnis startup sedang gempar-gemparnya di Indonesia. Menjamurnya online shop ataupun bisnis online yang menggunakan 'dotcom' kerap diartikan sebagai startup. Tapi ingat, itu semua bukan startup alias beda, ya.

Definisi Startup, Perusahaan Digital untuk Bisnis dan Perkembangannya © Diadona

Kalau menurut Forbes, startup adalah sebuah bisnis yang juga memecahkan masalah yang ada di tengah masyarakat. Contohnya ya transportasi online yang menjadi solusi di masyarakat untuk memesan transportasi cepat, aman & nyaman.

Supaya lebih mudah dimengerti, berikut adalah ciri-ciri perusahaan startup yang bisa kamu pelajari.

  • Masuk jangkauan radar investor.
  • Memiliki ide yang inovatif & disruptiv.
  • Memiliki mobile application untuk mendukung core businessnya.
  • Masuk ulasan di media-media yang memang khusus mengulas startup.
  • Memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat cepat dibanding perusahaan lainnya.




4 dari 4 halaman

Startup digital adalah?


Dunia digital dan startup adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali startup digital yang sudah bergerak dan diprediksi mempunyai prospek yang bagus.

Melansir dari laman Tech in Asia (13/05/2020), selain unicorn startup, ada beberapa startup digital ini berpotensi menjadi perusahaan besar.

HappyFresh

HappyFresh merupakan startup yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Perusahaan ini membantu pengguna berbelanja kebutuhan bahan pangan dari supermarket lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli.

Perusahaan yang berbasis di Jakarta dan Kuala Lumpur ini berhasil memecahkan rekor pendanaan seri A tahun ini dengan nilai US$ 12 juta, yang berasal dari Vertec Ventures dan Sinar Mas Digital Ventures.

HijUp

HijUp merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan keperluan fashion bernuansa Islami. Saat ini, HijUp sudah membawahi lebih dari 200 merek fashion Muslim dan dikabarkan akan segera menghadirkan layanannya untuk pasar fashion muslim dunia.

Jualo

Jualo merupaka yang cukup menggiurkan, apakah kalian tertarik untuk terjun di bisnis startup?

n startup yang bergerak di bidang e-commerce dan menawarkan jasa yang kurang lebih sama dengan OLX Indonesia. Meskipun masih dalam tahap awal, Jualo sudah berhasil mendapatkan lebih dari 2 juta kunjungan bulan lalu.

Selain itu, pendiri dan CEO Jualo Chaim Fetter mengungkapkan bahwa Jualo telah memiliki ratusan pengguna terdaftar dari ribuan pengguna dan telah berhasil memfasilitasi transaksi lebih dari US$ 100 juta.

Well, startup adalah ladang bisnis yang saat ini memang sedang lagi digandrungi oleh enterpreneur, khususnya yang masih muda. Melihat peluang

Beri Komentar