Mana yang Lebih Baik untuk First Jobber, Kerja di Perusahaan Korporasi atau Startup?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 28 April 2020 07:15
Mana yang Lebih Baik untuk First Jobber, Kerja di Perusahaan Korporasi atau Startup?
Awas, jangan sampai salah pilih..

Sebagai first jobber kadangkala kamu dipusingkan, perusahaan manakah yang ingin kamu jadikan tempat bekerja. Apalagi dengan bermunculannya startup yang kadang juga menarik untuk dicoba.

Mengutip dari cohive.space, perusahaan korporasi merupakan perusahaan besar yang biasanya sudah mapan dan memiliki sistem serta berbagai aturan yang sudah terstruktur. Sedangkan startup merupakan perusahaan rintisan yang sedang mengembangkan diri untuk menjadi lebih besar.

Lantas, dari kedua tipe perusahaan tersebut, mana sih yang lebih baik menjadi sasaran first jobber?

1 dari 4 halaman

Budaya Kerja

Budaya kerja antara bekerja di perusahaan korporasi dan startup tentu berbanding jauh. Bekerja di perusahaan korporasi identik dengan suasana kerja yang formal, bahkan sampai kepada jam kerja dan pakaian yang digunakan. Semuanya sudah terjadwal dan memiliki prosedur masing-masing yang patut kamu ikuti.

Sebaliknya, saat bekerja di startup, kamu akan menemukan suasana yang lebih hangat dan fleksibel. Tidak ada jam kerja yang ketat atau bahkan pakaian yang seragam. Budaya kerja yang terlihat santai ini memang lebih menyenangkan, tapi justru menimbulkan kesan berbeda di pandangan orang lain.

2 dari 4 halaman

Gaji

Perusahaan korporasi biasanya telah memiliki pondasi keuangan yang sudah kuat, maka nggak mengherankan kalau korporasi bisa memenuhi gaji bahkan tunjangan yang layak bagi karyawannya.

Sedangkan startup, biasanya akan menggaji karyawan di angka yang pas-pasan atau setidaknya sesuai standar. Mengingat kemampuan ekonominya belum begitu stabil, bonus dan tunjangan pun belum tentu terjamin.

3 dari 4 halaman

Jenjang Karier

Saat memasuki dunia kerja di perusahaan korporasi, tentu saja ada jenjang karier yang sudah jelas. Tapi tentu saja nggak bisa dicapai dengan mudah.

Berbeda dengan hal itu, saat bekerja di perusahaan startup, kamu akan lebih banyak mempelajari hal baru yang kadang nggak sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. Kadang kala kamu dituntut untuk bisa melakukan banyak hal. Meski demikian, tidak ada jenjang karier yang pasti dalam dunia kerja startup.

4 dari 4 halaman

Jadi, Mana yang Patut Dipilih?

Sebenarnya, baik perusahaan korporasi maupun startup punya kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Pilihan dunia kerja yang akan kamu ambil, tentu saja bergantung pada motivasi yang kamu ingin raih.

Jika kamu masih ingin belajar banyak hal dan menambah keahlian baru, maka startup adalah pilihan yang tepat. Tapi jika kamu menginginkan tempat kerja yang bisa menjamin segala fasilitas bahkan sampai perihal pensiun, maka korporasi bisa jadi pilihan yang patut kamu pertimbangkan.

Gimana, udah ada pikiran mau pilih yang mana?

Beri Komentar