Cara Mengambil Uang di ATM BRI yang Aman Itu Seperti Ini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 10 Agustus 2020 11:35
Cara Mengambil Uang di ATM BRI yang Aman Itu Seperti Ini loh!
Ikuti langkah-langkah aman cara mengambil uang di ATM BRI ini!

Buat kamu yang baru menggunakan bank dalam menyimpan uang, begini loh cara mengambl uang di ATM BRI. Pasti bukan hal baru lagi kan kalau kita mengandalkan bank untuk menyimpan sampai transaksi uang. Bahkan kebanyakan orang akan memilih membawa kartu debit saja daripada uang tunai dalam jumlah banyak.

Sekarang, rasanya di setiap pinggir jalan atau tempat-tempat umum, kita akan dipermudah menemukan ATM. Sehingga kita bisa mengambil dan transaksi uang di manapun dan kapanpun. ATM sendiri merupakan Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine.

1 dari 5 halaman

Alat ATM ini merupakan sebuah mesin yang mudah kamu temui di mana saja. Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan bank untuk menyimpan uang, tapi masih ada juga yang belum tahu cara menggunakannya, termasuk cara mengambil uang di ATM BRI. Kamu termasuk nggak nih guys?

Nah, kalau kamu sudah menjadi nasabah di sebuah bank, nantinya akan mendapat kartu debit beserta buku tabungan. Dari kartu debit ini lah kamu bisa mengambil uang di manapun dan kapanpun. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang juga memiliki fasilitas ATM.

2 dari 5 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI © Diadona


Buat kamu yang belum tahu cara mengambil uang di ATM BRI, seperti ini loh langkah-langkahnya dari hasil rangkuman berbagai sumber.

1. Sebelum memulai cara mengambil uang di ATM BRI, tentukan dulu pecahan uang berapa yang akan kamu ambil. Ada beberapa pilihannya di mesin ATM, yaitu Rp 50.000 atau Rp 100.000. Nanti nominal uang ini akan tertera di mesin ATM.

2. Selanjutnya, masukkan kartu ATM BRI ke dalam mesin ATM. Pastikan logo BRI ada di posisi atas ya.

3. Kamu bisa memilih bahasa yang digunakan untuk proses cara mengambil uang di ATM BRI.

4. Kemudian, inilah yang penting nggak boleh kamu lupakan dan lewatkan. Masukkan pin ATM yang jumlahnya ada 6 digit.

5. Untuk memasukkan pin, jangan sampai salah ya guys. Kalau sudah salah sampai 3 kali, kartu ATM akan diblokir.

3 dari 5 halaman

6. Jika pin sudah berhasil kamu tekan, akan muncul nominal angka rupiah yang mau kamu tarik. Kalau nominal uang yang akan kamu ambil ada di layar mesin ATM, kamu tinggal memilihnya dengan menekan tombol nominal yang diinginkan.

7. Kalau kamu melakukan transaksi yang nominalnya nggak ada di pilihan, pilih menu 'Penarikan Tunai' lalu masukkan nominal yang kamu inginkan.

8. Jika penarikan berhasil pada cara mengambil uang di ATM BRI, nanti uang akan keluar sesuai yang kamu inginkan beserta resinya.

9. Tapi tenang saja jika resinya nggak keluar, soalnya memang ada beberapa mesin ATM ang resinya nggak dikeluarkan karena kertas resi habis atau memang disetting agar sisa saldo hanya diberitahukan lewat layar mesin.

10. Kemudian, di layar akan muncul 'Apakah Anda Ingin Melanjutkan Transaksi Lain?', kalau kamu memilih tidak, maka kartu ATM akan keluar.

Setelah cara mengambil uang di ATM BRI sudah selesai, pastikan semua hal penting sudah aman ya sebelum keluar dari ATM. Pastikan kartu ATM, dompet sampai ponsel sudah kamu simpan di tas atau dompetmu.

4 dari 5 halaman

Tips Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI © Diadona


Selain cara mengambil uang di ATM BRI di atas, ada juga beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk melakukannya secara aman. Hal ini guna menghindari kebobolan atau hal lain yang buruk.

1. Kamu perlu memerhatikan kondisi ATM. Soalnya ada beberapa modus pelaku membobol ATM yang dilakukan seperti meletakkan lubang di saat memasukkan ATM.

Kalau seperti ini, akan ada perekat atau isolasi yang ditempelkan di mulut ATM. Alat ini nantinya digunakan untuk men-copy data korban yang dimasukkan kartu ATM.

2. Saat menekan PIN pada cara mengambil uang di ATM BRI, tutup keyboard menggunakan tanganmu agar tetap aman ada atau tidak ada orang. Kalau ada orang bisa diintip, sedangkan tidak ada orang, nanti bisa ada kamera tersembunyi.

3. Kalau bisa, agar lebih aman gantilah PIN secara berkala.

5 dari 5 halaman

4. PIN adalah hal privasi yang cukup kamu seorang ketahui. Jangan diberitahu ke orang lain.

5. Jangan gampang percaya sama orang yang baru kamu kenal di mesin ATM apapun modusnya.

6. Saat kamu mengambil uang di ATM pada malam hari, pilih tempat yang ramai dan waspada sama keadaan sekitar. Pastikan juga ada security di tempat ATM

7. Kalau kartu ATM tertelan, kamu bisa meminta tolong ke satpam setempat untuk tindakan lebih lanjut.

Begitulah cara mengambil uang di ATM BRI yang aman. Ingat, pastikan tidak lupa PIN dan waspada sama keadaan sekitar ya. Mudah kan guys, cara mengambil uang di ATM BRI? 

Beri Komentar