Cara Atur Budget Keluarga untuk Kamu yang Mau Rutin Beri Uang untuk Orang Tua

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 3 Agustus 2020 09:40
Cara Atur Budget Keluarga untuk Kamu yang Mau Rutin Beri Uang untuk Orang Tua
Biar niatmu berbakti nggak berujung memperumit diri.

Dalam tradisi Indonesia, tetap memberi uang secara rutin pada orang tua meski sudah menikah adalah suatu hal yang umum dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk mertua.

Meski bukan satu-satunya cara, namun memberi uang pada orang tua atau mertua merupakan salah satu wujud bentuk perhatian dan bakti kita sebagai anak.

Hanya saja, niatan berbakti ini pun tetap harus melewati tahap penghitungan yang matang. Nggak berniat untuk jadi perhitungan pada orang tua, tapi kamu nggak mau kan jadi timbul masalah dari sesuatu yang sebenarnya diniatkan untuk menjadi kebaikan?

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mengatur budget untuk kamu yang masih mau rutin memberi untuk orang tua dan mertua.

1 dari 5 halaman

Diskusikan

Selalu komunikasikan perihal pemberian uang untuk orang tua dan mertua bersama pasanganmu. Tujuannya adalah untuk menghindari timbul prasangka buruk kalau ada perbedaan perlakuan atau jumlah pemberian. Selain itu, dengan berunding dengan pasangan kamu juga bisa lebih mudah berkoordinasi terkait kondisi keuangan keluarga.

2 dari 5 halaman

Bikin pos pengeluaran utama

Orang tua dan mertua memang penting, namun saat sudah memiliki keluarga sendiri, maka segala sesuatu yang berorientasi pada kehidupanmu bersama pasangan dan anak adalah yang utama.

Sebelum memasukkan pemberian untuk orang tua dan mertua dalam pos pengeluaran, cek terlebih dahulu apakah segala kebutuhan utama sudah terpenuhi?

3 dari 5 halaman

Nggak usah maksa kasih banyak

Poin ini sangat penting untuk ditanamkan pada kamu dan pasangan saat ingin memberi pada orang tua atau mertua. Saat kondisi nggak memungkinkan, memberilah semampu kalian saja. Nggak usah memaksakan diri untuk memberi banyak tapi urusan lain malah terbengkalai. Toh memberi pada orang tua dan mertua saja sudah jadi gestur yang sangat baik kok.

4 dari 5 halaman

Sesuaikan kondisi orang tua

Pemberian pada orang tua atau mertua bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Tujuannya adalah untuk menentukan jumlah nominal dan juga menentukan masih perlu atau nggak sih memberi ke orang tua?

Seandainya orang tua atau mertua punya latar belakang yang mapan dan mandiri secara finansial, pemberian bisa disubtitusi dengan wujud lain sesuai kebutuhan.

Beri Komentar