Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya di Usia Muda Menurut Al-Qur'an, Wajib Dicoba Guys!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 5 Agustus 2020 20:39
Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya di Usia Muda Menurut Al-Qur'an, Wajib Dicoba Guys!
Kaum milenial merapat yuk, kita bahas cara menjadi orang sukses dan kaya di usia muda.

Ada beberapa tips jitu cara menjadi orang sukses dan kaya raya di usia muda yang wajib kamu ikuti. Siapa sih yang nggak mau jadi sukses? Pasti semua orang akan berusaha untuk menjadi orang yang sukses kan?

Nah, ada resep cara menjadi orang sukses dan kaya guys. Apalagi kalau itu semua bisa kita capai di usia muda. Rasanya membanggakan dan tentunya juga orangtua akan ikut senang kan? Merangkum dari berbagai sumber, ini lah beberapa langkah cara menjadi orang sukses.

1 dari 9 halaman

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya

Cara Menjadi Orang Sukses © Diadona


Sebelum membahas cara menjadi orang sukses dan kaya, tentu saja ada beberapa hal yang bisa jadi berubah dalam hidupmu. Yap, kita akan melakukan perubahan baik untuk menjadi lebih baik lagi. Check this out!

Pilih Jadi Kaya Atau Terlihat Kaya


Langkah awal yang perlu kamu tetapkan pada cara menjadi orang sukses adalah memilih menjadi orang kaya atau hanya terlihat kaya. Soalnya, dua hal ini berbeda loh! Meskipun kamu bisa mencapai dua-duanya, tapi waktunya nggak cukup.

Lagian, kalau orang kaya beneran sih, nggak perlu nunjukin ya, pasti sudah terpancar tanpa terpengaruh penampilan luar saja. Makanya kalau kamu mau jadi orang kaya, jangan menghabiskan uang cuma buat membentuk image orang kaya. Apalagi hanya untuk dipandang orang lain.

2 dari 9 halaman

Pengeluaran Lebih Sedikit daripada Pendapatan

Cara Cepat Kaya Raya Mendadak © Diadona


Nah, kalau sudah memilih untuk jadi kaya, langkah cara menjadi  orang sukses selanjutnya kamu harus berhemat guys. Yap, meski terlihat mudah diucapkan, praktiknya memang sering digoda berbagai hal ya. Tapi biasakan deh untuk membeli sesuatu yang kamu butuhkan, bukan sekedar kamu inginkan.

Kamu perlu mulai tanggungjawab sama finansialmu. Jangan sampai mengeluarkan uang seenaknya, apalagi kalau jumlahnya lebih besar daripada pendapatanmu. Yuk, terapin pepatah hemat pangkal kaya!

Jangan Berhutang


Kalau membeli barang yang harganya lebih mahal dari pendapatan kita, usaha lain untuk memenuhi kebutuhan nggak jauh dari berhutang. Ini tuh lingkaran setan gitu guys. Padahal, kalau cara menjadi orang sukses dan kaya, ya harus menghindari hutang.

Sebisa mungkin, hindari hutang seperti kamu menghindari penyakit berbahaya. Soalnya hutang bisa menggerogoti uang dan tabunganmu. Kecuali kalau ada suatu keadaan yang amat mendesak ya! Tapi usahakan deh, jauh-jauh dari hutang.

3 dari 9 halaman

Investasi Seperti Kamu Hidup Selamanya

Ilustrasi investasi © Diadona


Salah satu cara menjadi orang sukses adalah berinvestasi seolah kamu hidup selamanya. Yap, maksudnya adalah kamu akan berpikir bahwa tabungan sangat penting.

Selain itu, saat orang lain takut berinvestasi, kamu jangan ikutan takut ya. Biasanya, saat perekonomian memburuk, orang-orang akan takut berinvestasi.

Padahal, ekonomi memang akan naik turun pada waktunya. Justru, saat ekonomi rendah harga akan turun juga. Inilah saat yang cocok untukmu berinvestasi lebih banyak.

Jangan Takut Mengambil Risiko


Seperti yang sudah sempat dibahas di atas, jangan takut berinvestasi saat orang lain enggan melakukannya. Nah, risiko itu nggak akan pernah bisa kita hindari. Justru harus kita hadapi.

Ada yang mengatakan, hal yang paling berisiko adalah tidak mengambil risiko. Diam di tempat atau bahkan mundur bukanlah pilihan yang tepat. Kamu jangan ragu mengambil risiko dengan banyak belajar dari orang lain ya.

4 dari 9 halaman

Atur Keunganmu Sendiri

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya © Diadona


Hidupmu adalah kendalimu sendiri, termasuk dalam hal keuangan. Uangmu kan milikmu sendiri, tentu saja penting bagimu. Tapi tidak buat orang lain. Itu kenapa mencari bantuan dari ahli keuangan atau akuntan nggak dianjukan. Mereka nggak tahu jelas gimana kondisi keuanganmu.

Waktu Bukan Uang, Justru Uang adalah Waktu


Pasti nggak asing kan dengan pepatah waktu adalah uang? Kalau dalam cara menjadi orang sukses dan kaya justru kebalikannya guys. Yap, uang adalah waktu menurut banyak ahli keuangan.

Hal ini bisa dijelaskan dengan mudah seperti misalnya kamu membeli baju dengan harga Rp 1 juta untuk setiap bulannya. Namun, kamu memilih memotong anggaran dan beli baju Rp 500 ribu. Berarti kamu masih memiliki sisa setengahnya kan?

Nah, sisa Rp 500 ribu ini jika kamu simpan selama sebulan secara terus menerus, dalam setahun saja sudah mencapai Rp 6 juta rupiah loh! Jumlah segini bisa untuk membiayai kehidupanmu sekurangnya 1 bulan. Berarti, kalau kamu menyimpan uang, waktu yang dijalani nantinya juga lebih hemat kan?

5 dari 9 halaman

Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

Ilustrasi Wanita Sukses © Diadona


Dengan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang menjadi rumus cara jadi orang sukses dan kaya di usia muda, yaitu:

- Memiliki talent atau bakat yang unik


- Memiliki keberuntungan


- Menciptakan dan memiliki bisnis yang sukses


- Berhemat


- Menabung dan berinvestasi dengan bijak dan terus-menerus


- Mewarisi uang dalam jumlah banyak


- Menikahi dan hidup bersama uang

6 dari 9 halaman

Cara Cepat Kaya Menurut Islam © Diadona

Selain rumus di atas, ada beberapa cara menjadi orang sukses di usia muda yang bisa kamu praktikan.

1. Bekerja keras tentu saja penting. Nggak ada ceritanya menjadi kaya raya dalam jangka panjang tanpa usaha kan guys? Nah, usaha tiap orang ini yang berbeda. Jangan sampai deh kamu menyia-nyiakan waktu.

2. Cara menjadi orang sukses di usia muda juga bisa dilanjutkan dengan membuat anggaran serta perencanaan keuangan. Ini penting banget loh guys!

Tulis dan hitung semua kebutuhan tiap pos pengeluaran dan pemasukan agar kamu tahu perlu berapa uang yang dikeluarkan. Kalau kamu mau investasi, berarti ada beberapa pengeluaran yang perlu ditutup terlebih dulu.

7 dari 9 halaman

3. Menabung menjadi cara menjadi orang sukses di usia muda selanjutnya. Pastikan kamu bisa menyisihkan uang dari pendapatanmu setidaknya 25%.

4. Selain perencanaan keuangan, kamu juga perlu menargetkan keuangan dengan baik dan bijak. Apa saja yang harus kamu capai dalam jangka pendek maupun panjang.

Misalnya, dalam 5 tahun ke depan kamu ingin membeli rumah. Nah, jadikan keinginanmu ini sebagai target dan motivasi untuk bekerja keras serta berhemat.

5. Nah, yang satu ini nggak kalah pentingnya guys, gaya hidup sederhana. Kalau kamu ingin tahu cara menjadi orang sukses di usia muda maka kamu harus berani berhemat dan hidup sederhana sejak dini.

Nggak usah berusaha tampil glamour dan branded kalau uangnya selalu habis untuk hal itu. Tenang saja, usahamu sekarang akan berbuah manis nantinya.

8 dari 9 halaman

Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al-Qur'an

Cara Menjadi Orang Sukses © Diadona


Dalam Islam sendiri, sudah ada cara menjadi orang sukses menurut Al-Qur'an loh! Salah satunya adalah merubah pola hidup diri sendiri terlebih dulu. Yap, seperti yang sudah dijelaskan di atas guys, dalam Al'Qur'an pun sudah tertera.

" Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaan yang ada pada dirinya." QS Ar-Rad: 11.

Nah, cara menjadi orang sukses menurut Al-Qur'an yang belum disebutkan di atas adalah, berdoa. Soalnya, usaha kita nggak akan lengkap tanpa melibatkan Allah SWT di dalamnya. Selain itu, jangan lupa juga menyisihkan sebagain harta kita untuk bersedekah ya!

9 dari 9 halaman

" Perumpamaan orang yang menafkahkan bertanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebulir bnih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tipa-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas Karunia-Nya lagi Maha Mengetahui." QS Al Baqarah: 261.

Cara menjadi orang sukses menurut Islam lainnya yang nggak kalah penting adalah niatkan segala usahamu karena Allah dan jangan lupa bersyukur. Dengan segala nikmat yang kamu dapatkan hendaknya kamu syukuri.

Jadi itu tadi guys, beberapa resep jitu cara menjadi orang sukses dan kaya di usia muda menurut Islam serta beberapa ahli keuangan. Yok bisa yok jadi sukses dan kaya!

Beri Komentar