Cara Mengambil Uang di ATM Berbagai Bank yang Aman dan Benar

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 21 Juli 2020 09:38
Cara Mengambil Uang di ATM Berbagai Bank yang Aman dan Benar
Bagi pemula, mungkin belum tau bagaimana cara mengambil uang di ATM.

Zaman dahulu, orang-orang tak membahas bagaimana cara mengambil uang di ATM. Sebab, mereka memilih menyimpan seluruh uangnya di lemari atau bawah tempat tidur.

Namun di era yang serba dipermudah ini, kamu sudah tidak perlu lagi menerapkan cara konvensional tersebut, karena saat ini sudah ada alat canggih yang bisa digunakan untuk mengambil uang di manapun dan kapanpun, yakni mesin ATM.

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengambil uang di ATM, berikut beberapa panduan mudahnya seperti yang dirangkum Diadona.id dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM © Diadona

1. Cara mengambil uang di ATM yang pertama ialah, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kamu ambil. Sebab ada beberapa pilihan pada mesin ATM BRI yaitu RP 50.000 dan Rp 100.000, yang biasanya nominal pecahan uang tertera pada mesin ATM.

2. Masukkan kartu ATM BRI kamu ke dalam mesin ATM BRI.

3. Pastikan logo BRI berada di posisi atas.

4. Kemudian pilih bahasa yang kamu ingin gunakan selama proses mengambil uang.

5. Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, lalu kamu cukup pilih Lanjutkan.

6. Selanjutnya, masukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali ya, sebab kartu ATM kamu akan diblokir.

7. Kemudian muncul tampilan nominal angka rupiah yang akan kamu tarik. Kalau jumlah nominal yang kamu inginkan ada di layar mesin ATM, maka kamu cukup menekan nominal yang kamu inginkan.

8. Kalau tidak ada pilihan transaksi yang sesuai dengan pilihan kamu, kamu bisa pilih Penarikan Tunai, kemudian masukkan jumlah nominal yang diinginkan.

9. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.

10. Ohiya, ada beberapa cara mengambil uang di ATM yang tidak mengeluarkan resi, karena kertas resi habis atau memang disetting agar sisa saldo hanya diberitahukan melalui layar mesin ATM saja.

11. Terakhir akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin Melanjutkan Transaksi Lain? Kalau kamu memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.

12. Sebelum keluar dari mesin ATM, pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam tas atau dompet kamu ya.

2 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BNI

Cara Mengambil Uang di ATM © Diadona

1. Cara mengambil uang di ATM yang pertama adalah, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kamu ambil. Sebab ada beberapa pilihan pada mesin ATM BRI yaitu RP 50.000 dan Rp 100.000, yang biasanya nominal pecahan uang tertera pada mesin ATM.

2. Masukkan kartu ATM BNI kamu ke dalam mesin ATM, dan pastikan logo BNI berada di posisi atas.

3. Cara mengambil uang di ATM selanjutnya ialah memasukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali ya,  karena kalau salah kartu ATM kamu akan diblokir.

4. Setelah itu akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan kamu tarik. Kalau tidak ada pilih penarikan jumlah lain kemudian masukkan nominalnya.

5. Lalu akan muncul konfirmasi pilihan nominal, jika benar pilih Benar. Tapi kalau salah pilih salah dan masukkan lagi nominalnya.

6. Kemudian muncul pertanyaan Pilih rekening yang kamu inginkan dan pilihlah Rekening tabungan

7. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.

8. Sebelum kamu keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet.

3 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM © Diadona

1. Pertama, cara mengambil uang di ATM adalah, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kamu ambil. Sebab ada beberapa pilihan pada mesin ATM BRI yaitu RP 50.000 dan Rp 100.000, yang biasanya nominal pecahan uang tertera pada mesin ATM.

2. Masukkan kartu ATM Mandiri kamu ke dalam mesin ATM, dan pastikan logo Mandiri berada di posisi atas.

3. Selanjutnya, cara mengambil uang di ATM ialah dengan memasukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit dan jangan sampai salah sebanyak 3 kali, karena kartu ATM kamu nanti akan diblokir.

4. Setelah itu akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan kamu tarik. Tapi kalau tidak  ada, pilih transaksi lainnya kemudian masukkan nominalnya.

5. Lalu akan muncul konfirmasi pilihan nominal yang kamu inginkan, kalau benar pilih Benar. Tapi kalau salah pilih Salah dan masukkan lagi nominalnya.

6. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar, serta akan muncul Apakah Anda ingin mencetak resi? Hal ini diperlukan saat kamu perlu struk bukti transaksi.

7. Terakhir, cara mengambil uang di ATM ialah akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? kalau kamu memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.

8. Perlu diingat, sebelum kamu keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet ya guys.

4 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Cara Mengambil Uang di ATM © Diadona

1. Cara mengambil uang di ATM yang pertama adalah pastikan mengambil uang pada ATM tarik tunai. Sebab, pada BCA terdapat tarik non tunai di bagian atas mesin ATM.

2.. Masukkan kartu ATM BCA ke dalam mesin ATM, dengan posisi logo BCA berada di atas.

3. Cara mengambil uang di ATM selanjutnya ialah masukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali ya, karena nanti kartu ATM kamu akan diblokir.

4. Setelah itu, akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan kamu tarik. Kalau jumlah nominal yang kamu inginkan ada, maka kamu hanya perlu menekannya.

5. Kalau tidak pilih transaksi lainnya pilih penarikan tunai kemudian masukkan nominalnya. Namun, jika kamu ingin bukti berupa struk pilih transaksi lainnya, penarikan tunai lalu masukkan nominalnya.

6. Lalu akan muncul konfirmasi pilihan nominal yang kamu pilih. Jika benar pilih Benar, kalau salah pilih salah dan masukkan lagi nominalnya.

7. Kemudian pada layar akan muncul Transaksi kamu sedang diproses. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar diikuti dengan struk.

8. Terakhir akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? kalau kamu memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.

9. Sebelum keluar dari ATM, pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet ya.

Itulah cara mengamil uang di ATM berbagai bank yang bisa kamu pelajari, semoga bermanfaat!

Beri Komentar