5 Langkah Bijak Kelola Keuangan di Musim Diskon, Awas Kantong Jebol!

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 10 Desember 2020 17:40
5 Langkah Bijak Kelola Keuangan di Musim Diskon, Awas Kantong Jebol!
Diskon telah tiba, diskon telah tiba. Hore, hore, hore!

Bulan Desember identik dengan natal dan tahun baru. Namun ada satu hal lagi yang juga sangat lekat kaitannya dengan bulan ke-12 itu, yakni diskon.

Diskon 12.12, diskon natal, dan diskon akhir tahun jadi penggoda ulung buat umat-umat gila diskon seperti kebanyakan dari kita.

Diskon, pada dasarnya bagaikan dua mata pisau. Di satu sisi, diskon ini bakal sangat menguntungkan karena kita bisa mendapatkan barang impian dengan harga yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, diskon juga bakal jadi pengancam keuangan pribadi buat kamu yang nggak puas cuma dapat satu barang murah aja. Alih-alih hemat, justru keuanganmu yang langsung sekarat.

Jadi gimana dong caranya menghadapi musim diskon agar tetap bahagia dan nggak terlalu mengorbankan kondisi finansial? Langsung simak aja yuk lima tips berikut!

1 dari 6 halaman

1. Siapkan anggaran

Langkah awal dalam merencanakan pembelanjaan adalah menyiapkan anggaran pengeluaran. Tentukan berapa dana maksimal yang akan kamu gunakan untuk memanfaatkan diskon di bulan Desember ini.

Menciptakan anggaran bakal menciptakan batas untuk pengeluaranmu sehingga kamu terhindar dari belanja jor-joran sampai kismin~

2 dari 6 halaman

2. Tentukan barang yang akan dibeli dari awal

Anggaran sudah siap, apakah sudah saatnya terjun menjelajah toko online dan memilih barang mana yang akan dipanen di musim diskon ini?

Eits, nanti dulu. Sebelum terjun ke toko online, kamu harus terlebih dahulu menentukan barang apa yang ingin kamu beli. Tujuannya adalah untuk menghindari pembelian yang nggak penting-penting amat.

Ingat, beli lah karena kamu butuh atau ingin barangnya, bukan karena sekedar lagi diskon aja.

3 dari 6 halaman

3. Lihat lagi barang yang sudah kamu punya

Setelah menentukan barang apa yang ingin dibeli, kamu bisa melakukan double check dengan melihat lagi barang-barang yang kamu miliki.

Apakah barang yang sudah ada sama dengan barang yang akan kamu beli? Kalau iya, apakah perlu memilikinya lebih dari satu?

4 dari 6 halaman

4. Hindari random scrolling toko online

Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan, baru deh lakukan pembelianmu. Usahakan untuk nggak scroll-scroll toko online secara random setelah pembelianmu berhasil. Gimmick-gimmick diskon rawan bikin kamu tergoda.

5 dari 6 halaman

5. Beli barang diskon = pengeluaran, bukan penghematan

Terakhir, tanamkan mindset bahwa belanja, walaupun dengan diskon, tetaplah merupakan sebuah pengeluaran, bukan penghematan. Kalau beneran ingin berhemat, ya lakukan pengeluaran seperlunya aja, terlepas dari ada atau nggaknya program pemotongan harga.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi perempuan belanja © Diadona

Musim diskon di bulan Desember ini memang menyenangkan. Terlebih untuk kamu yang sudah lelah didera banyak hal di tahun 2020 ini. Boleh lah beri reward untuk diri sendiri sebelum tahun berganti.

Meski begitu, tetap miliki prinsip agar keuanganmu nggak terganggu. Menerapkan langkah-langkah di atas bisa jadi salah satu cara untuk mengontrol kondisi keuangan pribadimu.

Semoga membantu dan selamat menikmati diskon!

Beri Komentar