Dipandang Remeh, 3 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membantu Kondisi Keuanganmu lho!

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 30 November 2020 19:40
Dipandang Remeh, 3 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membantu Kondisi Keuanganmu lho!
"Mewujudkan hal-hal besar harus diawali dengan hal-hal kecil terlebih dahulu."

Ungkapan tersebut berlaku untuk semua hal, termasuk dalam berhemat.

Saat kamu memiliki rencana untuk memulihkan kondisi keuangan dan mulai berhemat, tentu harus ada beberapa kebiasaan yang harus diubah. Kenyataannya, kebiasan yang harus diubah kebanyakan adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang sebenarnya sudah kita ketahui, tapi sering terlewat untuk dilakukan.

Untuk mengingatkanmu lagi, berikut ini adalah tiga kebiasaan kecil yang bisa membantumu untuk dapat memperbaiki kondisi keuangan.

1 dari 4 halaman

1. Nabung Uang Receh

Ilustrasi uang koin © Diadona

Semakin ke sini, uang receh memang semakin jarang dimanfaatkan. Keberadaannya seringkali tak dianggap. Kalau dapat kembalian uang receh, kita cenderung menerlantarkannya, membiarkannya hilang begitu saja dari ingatan.

Terlepas dari nilainya yang kecil dan bentuknya yang seringkali lebih lusuh, uang receh sebenarnya tetap bermanfaat apabila kita mau mengumpulkannya. Coba lah untuk kembali ke kebiasaan masa kecil, yakni menyiapkan sebuah celengan untuk menabung uang receh.

Kamu akan kaget ketika keping-keping uang recehmu ternyata bisa memiliki nilai yang lebih dan cukup membantuk kehidupan saat sudah banyak terkumpul. Lumayan kan, bisa bantu-bantu waktu masuk keringnya masa akhir bulan.

2 dari 4 halaman

2. Ambil Pembelian Logam Mulia di Transaksi E-Commerce

Kamu yang suka melakukan transaksi lewat e-commerce pasti familiar dengan opsi pembulatan transaksi yang akan dialokasikan untuk pembelian logam mulia. Berani jamin, mayoritas dari kita pasti nggak akan mengambil tawaran tersebut semata untuk tetap mendapat harga yang lebih murah.

Nominal pembelian dengan jumlah gramasi yang kecil jadi salah satu alasan yang membuat penawaran logam mulia ini jarang diambil saat bertransaksi di e-commerce. Sebagaimana uang receh, pembelian logam mulia ini sebenarnya tetap bermanfaat karena merupakan salah satu langkah kecil untuk memulai investasi lho.

3 dari 4 halaman

3. Sedia Air Putih Sendiri

Ilustrasi botol minum © Diadona

Saat bepergian, kebutuhan minum sering kali dianggap remeh.

" Ah, nanti kan bisa beli."

Yah, memang nggak salah sih. Tapi coba deh sekarang pikirin, kalau aja kamu mau sedikit repot untuk membawa sendiri air putih dari rumah. Harga tumbler memang lebih mahal sih, tapi kan bisa dipakai berulang-ulang. Pasti akan jauh lebih hemat ketimbang harus berkali-kali beli air minum dalam kemasan.

Beri Komentar