9 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal tapi Tetap Cuan!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 6 Oktober 2020 18:21
9 Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal tapi Tetap Cuan!
Ups, ternyata ada banyak cara menjadi reseller yang mungkin dilewatkan begitu aja. Jangan asal join dulu ya!

Ingin berdagang tapi nggak punya modal? Atau nggak ingin menumpuk barang jualan karena nggak punya gudang? Kayaknya kamu harus belajar cara menjadi reseller deh.

Reselle adalah para pembeli yang menjual kembali produknya ke pelanggan lain. Praktek jual beli ini udah biasa banget dilakukan secara online. Malah ada beberapa online shop besar yang sangat welcome dengan keberadaan reseller karena membantu mereka menaikkan penjualan.

Dengan cara menjadi reseller, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Pertama, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak modal. Malah bisa tanpa modal nih. Trus kamu nggak perlu pusing dengan produksi barang. Malah kalau kamu pake sistem reseller dropship, kamu nggak perlu menyediakan gudang karean produsenlah yang akan mengirimkan langsung barangnya atas nama kamu.

Tertarik dengan cara menjadi reseller nggak nih? Berikut Diadona ulas gimana caranya jadi reseller yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa, (6/10)

1 dari 2 halaman

Cara Menjadi Reseller Online Shop

Cara Menjadi ResellerCara Menjadi Reseller © 2020 shutterstock.com/My Life Graphic

Nggak sekedar join, kayak gini lho cara menjadi reseller tuh

Cari Produk yang Menarik

Untuk cara menjadi reseller online shop, kamu kudu memilih produk mana nih yan sekiranya menarik dan banyak diminati pembeli. Selain itu kamu juga harus paham dengan produk yang kamu jual ya, jangan sampai kamu ngak tahu harus menjawab apa ketika pembeli bertanya tentang produk kamu,

Dalam menentukan produk mana yang bakalan laris, kamu harus giat mantengin tren saat ini. Kalau perlu, lakukan riset kecil-kecilan di medsos dan amati barang apa sih yang sekarang sedang diburu?

Strategi Pemasaran

Kamu harus pinter menjadi marketing untuk online shop kamu nih, malah kalau bisa kudu lebih menguasai ketimbang produsennya sendiri.

Dalam cara menjadi reseller, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pemasaran, yakni

- Berapa harga jual?
- Siapa aja kompetitormu?
- Mau dijual di mana?
- Gimana cara memasarkannya?

Cara menjadi reseller online shop itu berarti kamu harsu menguasai marketing dalam sosial media. Kamu bisa memulainya dengan membuat konten yang menarik, melebarkan jangkauan audience kamu dan harga yang lebih miring serta kudu meyakinkan pembeli kenapa mereka harus beli barang mereka di kamu, bukannya di reseller lain yang mungkin menawarkan produkserupa.

Produsen yang Terpercaya

Menjadi reseller berarti kamu nggak ikut serta dalam produksi barang yang kamu jual, namun kredibitas tokomu ditentukan oleh barang tersebut. Maka dalam cara mejadi reseller, penting banget untuk memilih rekanan atau produsen yang memudahkan kamu berjualan, bisa dipercaya dan punya barang yang berkualitas.

Lalu kamu jangan hanya bergantung pada satu produsen saja ya karena bisa aja nih nantinya dia bakalan kewalahan dengan jumlah produksi atau terjadi sesuatu dalam sistem produksinya yang secara langsung baklana berimbas pada jual beli di tokomu. Jadi untuk cara menjadi reseller,

Riset Kompetitor

Ketika kamu berjulan suatu barang dengan kompetitor yang masih sedikit, ini bakaln menguntungkan kamu banget lho. Ditambah ada beberapa produsen yang memang membatasi jumlah reseller mereka buat menghindari perang harga.

Maka untuk cara menjadi reseller, kamu kudu tahu nih berapa banyak kompetitor kamu, berapa harga yang dijual serta apa aja sih yang membedakan antara pelayanan di tokomu dan toko milik mompetitor.

Periksa Kelayakan Bisnis

Sebelum memutuskan untuk menjad reseller suatu brang, periksa apakah bisnis ini benar-benar layak kamu lakukan. Ini untuk menghindari kerugian yang terjadi di kemudian hari.

Cara menjadi reseller dengan memeriksa kelayakan bisnis ini bisa kamu lakukan dengan mempelajari hal-hal yang ada di artikel berikut.

Buat Perjanjian dengan Produsen

Dalam bntuk apapun, buat perjanjian dengan produsen dan perhatikan baik-baik isi perjanjian tersebut. Jangan sampai deh ternyata ada kebijakan dari produsen yang nantinya bakalan merugikan kamu. Kalau perlu nih, kamu ngobrol dengan reseller lain untuk memberikan pandangan mengenai bisnis tersebut atau gimana cara menjadi reseller yang menguntungkan.

2 dari 2 halaman

Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal

Cara Menjadi ResellerCara Menjadi Reseller © 2020 shutterstock.com/paulaphoto

Menjadi reseller bisa kamu lakukan tanpa modal dengan sistem kamu nggak perlu beli dulu nih barangnya, melainkan pesan ke produsen sesuai dengan pesanan yang masuk ke kamu. Selain memperhatikan cara menjadi reseller kayak yang udah Diadona bahas barusan, mash banyak tambahan lainnya nih!

Sikap Profesional

Memang keliatannya nayamn banget ya berjualan secara online dan berada di balik komputer, tapi persiapkan diri kamu buat menerima hal-hal yang nggak terduga. Misalnya pembeli yang menawar harga secara ngawur atau mengajukan komplain padahal kesalaha ada pada dirinya sendiri.

Hal-hal yang harus kaku lakukan dalam cara menjadi reseller profesional, yakni:

- Tanggapi pembeli secara tepat waktu
- Gunakan bahsa dan tand abaca yang tepat
- Katakan semua yang kamu ketahui tentang barang yang kamu jual

Jangan:

- Menggunakan kata-kata makian
- Karena ada kemungkinan nggak smeua oang paham istilah internet, maka gunakan kata-kata yang jelas.

Pisahkan Antara Produk yang kamu Suka dan Produk yang Disukai Orang

Menjadi reseller tentu harus mengerti apa sih yang dibutuhkan dan disukai pasar. Kalau kamu menjadi reseller baju, misalnya, mungkin saat kamu menentukan produk mana yang akan kamu jual kembali, kamu bakalan nemuin barang-barang lucu yang sayang banget untuk kamu lewatkan.

Tapi ingat yah, dalam cara menjaid reseller kamu harus menjual barang-barang yang gampang dijual kembali, bukannya barang-barang yang kamu sukai.

Nggak perduli seberapa keren dan uniknya barang itu menurut kamu, nilainya haya ada pada 'apakah orang lain bersedia membayar untuk ini?" .

Beberapa orang yang sukses dengan cara menjadi reseller yaitu mereka yang nggak memiliki keterikatan emosional dengan apa yang mereka jual kembali.

Pikirkan Tentang Biaya Pengiriman

Banyak orang yang keberatan ketika harus mengeluarkan biaya pengiriman, kalau bisa sih free ongkir gitu lho! Dan tentu aja tawaran gratis pengiriman tuh sangat menggoda pembeli.

Tapi sebelum kamu ngasih diskon atau gratis tersebut, pastikan kamu udah menghitungnya dengan baik ya! Kamu harus punya keutungan yang layak. Jangan sampai deh kamu ingin cara menjadi reseller yang baik hati tapi malah bangkrut sendiri.

 

Beri Komentar