Kenali 7 Makanan Penyebab Batu Empedu dan Gejalanya pada Wanita

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 27 Mei 2020 12:41
Kenali 7 Makanan Penyebab Batu Empedu dan Gejalanya pada Wanita
Ternyata penyebab batu empedu bisa dari makanan.

Tahu nggak, beberapa makanan ini bisa jadi penyebab batu empedu yang harus kita hindari. Biasanya batu empedu ditandai dengan kram dan sakit perut di bagian kanan atas, mual, muntah bahkan sampai hilangnya nafsu makan.

Di dalam kantung empedu tersebut ada cairan yang disebut empedu. Ia memiliki fungsi dalam pencernaan lemak. Penyakit batu empedu ini muncul apabila cairan empedu tersebut mengeras. Hal ini dipengaruhi dengan makanan apa saja yang kita konsumsi, guys!

1 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Batu Empedu

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona
Salah satu penyebab batu empedu adalah banyaknya kolesterol di dalam kantung empedu. Nah, makanan-makanan ini nih yang wajib dihindari kalau nggak terkena penyakit batu empedu seiring bertambahnya usia kita nanti.

Makanan Siap Saji


Praktis dan rasanya yang enak memang patut jadi alasan kegemaran semua khalangan. Tapi, makanan cepat saji ini membuat badan berisiko menjadi gemuk. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas berpeluang terkena penyakit batu empedi.

Makanan Kering


Penyebab batu empedu selanjutnya adalah makanan kering yang biasa enak jadi camilan, kayak biskuit, keripik dan kue kering. Mending kalau mau ngemil makan buah-buahan aja ya guys!

2 dari 6 halaman

Makanan Kemasan

Penyebab Batu Empedu © Diadona
Nggak salah sih makan makanan kemasan, tapi kalau terlalu sering juga nggak bagus. Coba cek dulu kandungan gizi pada kemasannya, hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi sebesar 17,5 g atau lebih lemak per 100 gramnya. Hindari juga makanan dengan kode merah pada label lemaknya. Sebaiknya pilih yang mengandung maksimal 3 gram lemak saja ya.

Makanan Berlemak


Yap, sempat dibahas di atas, makanan berlemak ini jadi penyebab batu empedu yang utama. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans-jeuh, lemak jenuh, lemak hewani dan minyak terhidrogenasi.

Kenapa? Soalnya lemak membuat empedu bekerja terlalu berat untuk mencerna. sehingga kolesterol dalam tubuh juga berpotensi meningkat. Menurut Regional Digestive Consultants merangkum dari Hellosehat, penderita penyakit batu empedu harus mengurangi lemak yang dikonsumsi sebanyak 25-40 gram per hari atau 10-20 persen dari total asupan kalori harian.

Sedangkan lemak yang baik adalah lemak sehat yang mengandung omega-3. Sebab, ia bisa bantu meringankan kerja empedu sehingga kadar kolesterol menurun. Misalnya tuna, sarden, salmon, kacang kedelai, kubis dan bayam.

3 dari 6 halaman

Daging Merah Berlemak

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona
Mengonsumsi daging sapi, kambing dan domba kebanyakan mengandung lemak jenuh ketimbang daging putih seperti ayam. Sehingga kolesterol dalam tubuh akan meningkat dan hati jadi bekerja lebih keras untuk mencerna daging. Hal ini bisa jadi pemicu penyebab batu empedu.

Tapi tenang aja, ada tips biar kamu tetap bisa makan daging kok, yaitu:

1. Konsumsi satu porsi daging atau setara dengan dua hingga tiga ons saja.

2. Bersihkan gajih dan lemak pada daging.

3. Pilih potongan daging tanpa lemak, seperti bagian gandik atau tenderloin.

4. Masak daging dengan cara dipanggang atau direbus.

5. Jangan mengonsumsi daging olahan seperti bacon, ham, sosis, hot dog, dendeng sapi dan salami.

4 dari 6 halaman

Makanan Karbohidrat Olahan

Penyebab Batu Empedu © Diadona
Makanan yang mengandung karbohidrat hampir setiap hari kita makan, nasi misalnya. Tapi karbohidrat olahan seperti gula, pemanis, tepung terigu, biskuit, cokelat, permen dan lain sebagainya ini perlu dihindari loh!

Makanan yang Digoreng


Makanan digoreng memang enak dan gurihnya nagih, kayak ayam goreng, kentang goreng atau bahkan bawang goreng yang sebagai pelengkap. Tapi guys, makanan-makanan ini mengandung lemak tinggi yang jadi penyebab batu empedu.

5 dari 6 halaman

Penyebab Batu Empedu pada Wanita

Penyebab Batu Empedu © Diadona

Selain makanan-makanan yang bisa memicu, penyebab batu empedu pada wanita umumnya karena adanya kadar kolesterol yang mengeras dan tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi akibat tidak seimbang antara senyawa kimia dan kolesterol dalam cairan empedu.

Sebenarnya, batu empedu tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, apabila batu empedu menyumbat saluran empedu, maka pengidap batu empedu akan merasa sakit di bagian kanan perutnya yang datang tiba-tiba. Peristiwa ini bisa disebut juga dengan kolik bilier.

Wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu. Hal ini juga bisa berkaitan dengan dampak setelah melahirkan. Selain penyebab batu empedu pada wanita bisa karena obesitas, perubahan hormon progesteron, keturanan dan penurunan berat badan yang drastis bisa jadi faktor lainnya. 

6 dari 6 halaman

Penyebab Batu Empedu dan Gejala

Penyebab Batu Empedu © Diadona
Penyebab batu empedu dan gejalanya yang bisa kita kenali adalah sakit di perut bagian kanan. Namun, rasa sakit ini bisa juga menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat. Adapun gejala lainnya, yaitu:

1. Sakit perut secara terus-menerus, apalagi setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak.

2. Gatal-gatal pada kulit.

3. Sakit kuning dan detak jantung cepat.

4. Kehilangan napsu makan.

5. Mengalami demam jika ada infeksi pada saluran empedu. Jika saluran tersumbat karena batu empedu tanpa infeksi, tidak akan demam.

6. Mual dan muntah.

Jadi itu tadi guys, 7 makanan penyebab batu empedu yang harus kita hindari. Kenali gejalanya juga dan cegah sedini mungkin, yuk!

Beri Komentar