Dijamin Praktis, Panduan Lengkap Cara Membuat Bonsai untuk Pemula

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 4 November 2022 08:55
Dijamin Praktis, Panduan Lengkap Cara Membuat Bonsai untuk Pemula
Agar rumah tampak lebih asri dan indah, yuk coba cara membuat bonsai seperti berikut!

Bonsai merupakan salah satu bentuk kerajinan yang berbahan dasar tumbuhan hidup. Termasuk ke dalam seni hidup, Bonsai sendiri banyak diminati orang.

Selain karena keindahannya, bonsai juga memiliki harga yang relatif mahal jika dijual. Karena termasuk kerajinan berbentuk seni hidup, bonsai tidak termasuk ke dalam spesies pohon tertentu. 

Beberapa teknik yang diterapkan dalam pembuatan bonsai seperti penanaman dangkal, defoliasi, pencangkokan, pemangkasan, pengurangan akar, pembentukan kabel batang menjadi bentuk yang diinginkan,dll. Itu semua digunakan dalam proses pembuatan pohon bonsai sehingga bonsai terlihat seperti pohon dewasa namun dalam bentuk kecil.

Bonsai juga dapat bertahan sangat lama jika dirawat dengan tepat. Untuk membuat bonsai sendiri dibutuhkan ketelitian serta kesabaran ekstra, namun cara membuatnya cukup mudah.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana membuat bonsai, berikut Diadona rangkumkan panduan lengkap cara membuat bonsai yang dapat kamu ikuti. 

 

1 dari 2 halaman

Bahan Yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Bonsai

Bahan Yang Dibutuhkan dalam Pembuatan BonsaiBahan Yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Bonsai © pixabay.com/kat7214

Untuk membuat bonsai, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa bahan. Bahan serta alat ini penting untuk mempermudah kamu pada proses pembuatan. Kamu juga dianjurkan menggunakan bahan yang berkualitas untuk hasil yang lebih maksimal. Berikut bahan – bahan yang diperlukan untuk cara membuat bonsai:

Pot Bonsai

Sebelum memilih jenis tanaman yang akan kamu buat sebagai bahan dasar bonsai, terlebih dahulu kamu harus mencari pot untuk bonsainya. Pot memiliki banyak bentuk yang bisa kamu pilih sesuai selera, tapi yang terpenting pot tersebut memiliki sistem drainase yang memadai.

Tanaman Bonsai

Selanjutnya, pilih tanaman yang akan menjadi bahan dasar bonsai. Ada beragam bibit tanaman yang bisa kamu gunakan untuk membuat bonsai. Terlebih dahulu kamu pelajari jenis tanaman apa saja, bagaimana cara membuatnya, referensi bentuk,dll. Sehingga kamu dapat menentukannya dengan mudah sesuai keinginan.

Tanah Pot Bonsai

Untuk tanah sendiri, kamu bisa membelinya di toko taman pembibitan bonsai daerah kamu atau bisa mencarinya secara online. Pilih tanah pot dengan sifat penyerapan nutrisi dan air yang baik. Kamu juga memerlukan tanah dengan aerasi bakm tanah yang dapat menahan air dan nutrisi serta mengalirkan kelebihannya.

Agregat

Untuk meningkatkan drainase dari tanah, kamu membutuhkan bahan agregat. Agregat sendiri merupakan potongan – potongan batu kecil serta bahan lain yang ditempat di bagian bawah dari pot. 

Air

Selanjutnya, kamu memerlukan air bersih untuk proses pembuatan bonsai. kamu dapat menggunakan air hujan atau air keran, namun pastikan air dalam kondisi bersih yah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan tanaman bonsai.

Pupuk

Gunakan pupuk khusus tanaman Bonsai, kamu bisa membelinya di toko taman. Jangan gunakan pupuk sembarangan, karena formula dalam pembuatan pupuk berbeda. 

Gunting Tanaman

Sediakan gunting tanaman untuk membantuk proses pembentukan bonsai nantinya. Pastikan juga gunting dalam kondisi bersih atau gunting yang disanitasi, hal ini untuk mencegah penyebaran jamur dan penyakit tertentu.

Kawat

Kawat disini berguna sebagai penyanggah untuk melatih bonsai sesuai dengan gaya yang diinginkan. Biasanya kawat yang digunakan terbuat dari aluminium atau tembaga anil. Untuk membuat cabang muda kamu dapat menggunakan kawat aluminium. Untuk membuat batang yang lebih tua dan tebal, kamu dapat menggunakan kawat anil.

Tang

Yang terakhir, kamu membutuhkan tang dengan kualitas bagu untuk memotong serta melepas kawat nantinya. Gunakan sepasang tang untuk memangkas akar atau batang yang keras, terutama pada pohon dewasa. Pastikan tang selalu dalam keadaan steril yah!

 

2 dari 2 halaman

Langkah – langkah untuk Cara membuat Bonsai

Ilustrasi Bonsai JuniperIlustrasi Bonsai Juniper © 2020 https://www.pinterest.com

Untuk cara membuat bonsai, sebenarnya cukup mudah. Hal terpenting dalam membuat bonsai adalah ketelitian serta kesabaran pada proses pembuatannya. Selebihnya dibutuhkan juga kreatifitas dalam pembentukan bonsai yang unik sesuai keinginan kita. Berikut Langkah – langkah membuat bonsai yang sudah Diadona rangkumkan, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Siapkan Bola Akar

Bola akar bisa kamu dapatkan dengan mengeluarkan tanaman dari wadah pembibitan, kemudian potong 2/3 bagian bawah bola akar. Selanjutnya, garuk tanah yang ada di permukaan supaya akar terlihat. Semprot akar secara keseluruhan hingga basah.

Masukkan Bola Akar ke Pot

Setelah selesai, selanjutnya kamu perlu memasukan bola akar ke dalam pot bonsai yang tadi sudah disediakan. Terlebih dahulu singkirkan dulu cabang mati serta buang akar mati dan akar besar yang dapat mengganggu pot. Letakkan tanaman di dalam pot kemudian beri tanah disekitar akar lalu tutup dengan kerikil atau lumut. Terakhir kamu dapat menyiramnya dengan baik.

Bentuk Pohon Bonsai

Untuk membentuk pohon Bonsai, pilih cabang yang akan digunakan dalam pembentukan, kemudian bungkus dengan kawat secara rapat. Usahakan tidak terlalu kencang karena akan berdampak pada pertumbuhan. Arahkan bentuk cabang dengan bantuan kawat sesuai yang diinginkan, ketika sudah cukup besar barulah kawat dapat dilepaskan.

Itu tadi cara membuat Bonsai yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Dalam pembuatannya memang membutuhkan alat yang cukup memadai, namun ketika proses pembuatan kamu akan terbentuk ketika membentuk tanaman Bonsai. Yang terpenting adalah ketelitian dan kesabaran yah, dijamin kamu dapat membuat bonsai yang berkualitas baik.

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar