Tips Menghidupkan Kulkas Pertama Kali Setelah Beli, Sepele tapi Penting untuk Dilakukan

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 23 Maret 2024 21:15
Tips Menghidupkan Kulkas Pertama Kali Setelah Beli, Sepele tapi Penting untuk Dilakukan
Jangan sampai keliru dan kulkas jadi gampang rusak

Terlihat sepele namun penting untuk dilakukan. Ya, tips menghidupkan kulkas baru ini mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Ternyata, kulkas baru itu juga butuh perlakukan khusus loh Diazens.

Jadi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menghidupkan atau menyalakan kulkas yang baru saja kamu beli. Dan yang paling penting, ternyata tidak dianjurkan loh langsung menghidupkan kulkas baru secara langsung.

Lantas seperti apa perlakukan kulkas baru ini? Mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Diazens.

1 dari 5 halaman

Tips Menghidupkan Kulkas Pertama Kali © Diadona© Freepik.com

Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan?

Pada dasarnya, tidak ada aturan tertulis yang terkait menyalakan kulkas baru ini. Namun, langkah terbaiknya adalah mendiamkan kulkas baru ini di rumah selama 2 sampai 24 jam sebelum digunakan pertama kali.

Alasam kenapa kulkas baru tidak dianjurkan langsung dinyalakan adalah adanya proses perpindahan kulkas yang sangat mungkin mengalami guncangan ketika berpindah posisi. Nah, proses inilah yang rawan membuat oli kompresor berpindah bahkan rentan bocor mencapai sistem pendinginan.

Jadi, kulkas baru yang baru saja diangkut ke rumah harus didiamkan sejenak dalam posisi tegak di tempat yang diinginkan. Meskipun terkesan sederhana, jeda waktu ini penting untuk memastikan oli kompresor kembali ke posisi semula.

2 dari 5 halaman

Tips Menghidupkan Kulkas Pertama Kali © Diadona© Freepik.com

Persiapan Sebelum Menggunakan Kulkas Baru

Sudah terjawab ya pertanyaan mengenai cara menghidupkan kulkas pertama kali. Sekrang kita lanjut ke tips menghidupkan kulkas pertama kali yang lebih luas. Apa saja? simak poin-poinnya di bawah ini.

Posisi Kulkas dengan Tepat

Jadi, pastikan bahwa kamu sudah memiliki ruangan yang sesuai dengan ukuran kulkas. Lakukan perbandingan antara ukuran ruangan dan volume kulkas secara teliti sebelum membeli.

Dengan begitu, kamu tidak kesulitan meletakkan kulkas baru pada posisi yang sudah kamu rencanakan. Jangan lupa juga menyisakan jarak kurang lebih 10 cm antara kulkas dan dinding supaya sirkulasi udara bodi kulkas senantiasa lancar.

Membersihkan Kulkas Baru

kebersihan juga tidak boleh dihiraukan begitu saja ya, Diazens. Setelah kulkas diletakkan pada posisi yang tepat, kamu bisa lagsung membersihkan seluruh bagian kulkas. Kamu bisa menggunakan campuran air dengan sabun cuci piring untuk membasuh bagian dalam dan luar kulkas.

Dengan kulkas yang bersih, maka makanan dan minuman yang ada di dalamnya juga akan higenis. Sekadar tambahan, gunakan lap micro fiber yang bersih sehingga tidak menimbulkan goresan pada permukaan kulkas.

3 dari 5 halaman

Kosongkan Kulkas

Ya, kamu tidak salah baca, tips yang kedua adalah mengosongkan kulkas. Jadi, setelah kamu menyalakan kulkas, tunggulah kurang lebih 2 jam sebelum menyimpan makanan atau minuman di dalamnya.

Usahakan untuk tidak buka tutup pintu kulkas maupun freezer dalam kurun waktu 2 jam tersebut agar distribusi udara dinginnya lekas merata. Kalau bagian dalam kulkas sudah dingin sempurna, barulah bisa mulai mengisinya sesuai kapasitas.

Pengisian Kulkas

Saat kulkas telah melewati masa tunggu di atas, selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan rak pelengkap produk sesuai pada tempatnya. Siapkan pula berbagai bahan makanan untuk disimpan ke dalam unit dan bila perlu sekalian membuat es batu.

Penting nih, hindari menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu diluar ruangan. Pasalnya, ini hanya akan merusak kualitas makanan tersebut.

4 dari 5 halaman

Tips Menghidupkan Kulkas Pertama Kali © Diadona© Freepik.com

Jangan Isi Terlalu Penuh

Terakhir nih, hindari mengisi kulkas secara penuh atau melebihi kapasitasnya. Pasalnya, beberapa kompartmen bisa rusak bahkan pecah jika menahan beban terlalu berat dalam waktu yang lama.

Jadi, isi dengan sesuai ukuran saja. Dan jangan lupa untuk selalu memasukan makanan yang bersih ke dalam kulas agar tidak menimbulkan bau menyengat di dalam kulkas.

Jadi itu ya Diazens beberapa tips menghidupkan kulkas pertama kali yang bisa kamu coba lakukan. Dengan begitu, kulkas akan berusia lebih panjang dan tentunya awet. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Beri Komentar