Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 November 2023 12:16
Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?
Masih bingung bedanya AC 1/2 PK dan 1 PK? Ini penjelasannya.

Saat ingin membeli AC, cukup penting mempertimbangkan berbagai faktor agar sesuai dengan kebutuhan juga keinginan. Salah satu pertimbangan dalam memilih AC adalah kapasitas pendingin. Kamu mungkin akan dihadapkan oleh pilihan AC 1/2 PK dan 1 PK.

Banyak orang masih bingung sebenarnya apa yang membedakan AC 1/2 PK dan 1 PK. Dilansir dari laman Samsung, PK pada AC menunjukkan kapasitas pendinginan dari AC itu sendiri. Semakin besar PK, AC akan cenderung semakin dingin dan mengkonsumsi daya lebih besar.

Selain itu, ada berbagai hal yang membedakan AC 1/2 PK dan 1 PK. Berikut Diadona telah mengulas terkait perbedaan tersebut, simak ya!

1 dari 7 halaman

Kapasitas Pendinginan

Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK © Diadona

Perbedaan utama AC 1/2 PK dan 1 PK terletak pada kapasitas pendinginannya. Kapasitas pendinginan AC secara universal diukur dengan BTu (British Termal Unit). Berdasarkan ukuran BTU, AC 1/2 PK punya kapasitas pendinginan sekitar 5.000 BTU, sedangkan AC 1 PK sekitar 9.000 BTU.

Karena ini, AC 1 PK cenderung lebih mampu mendinginkan ruangan yang lebih besar dibandingkan AC 1/2 PK. Keduanya bisa sama-sama mendinginkan, namun kalau area atau ruangan milikmu berukuran besar ke sangat besar, AC 1 PK relatif lebih cepat dingin. Tapi, kalau cuma butuh untuk kamarmu, AC 1/2 sebenarnya sudah lebih dari cukup.

2 dari 7 halaman

Efisiensi Energi

Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK © Diadona

Efisiensi penggunaan energi adalah salah satu hal yang yang cukup membedakan dan seringkali jadi pertimbangan banyak orang saat membeli AC 1/2 PK dan 1 PK. Karena AC 1/2 PK punya kapasitas yang lebih kecil, maka unit ini relatif lebih hemat energi dibanding AC 1 PK. Itulah mengapa AC 1/2 PK sangat cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari.

Sedangkan, AC 1 PK dengan kapasitas seperti itu akan lebih banyak mengkonsumsi energi listrik rumah kamu. Kalau kamu memang butuh mendinginkan ruangan yang besar, kamu bisa pilih AC 1 PK. Hanya saja, kamu mungkin akan perlu membayar lebih banyak pada tagihan listrik.

3 dari 7 halaman

Ruangan Yang Cocok

Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK © Diadona

AC 1/2 PK dan 1 PK juga dapat dibedakan karena pertimbangan penggunaan ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan, AC 1/2 PK akan lebih cocok untuk area yang tidak terlalu besar, misalnya kamar tidur, studio kecil, kamar mandi, ruang kantor, dan sebagainya. Di area kecil, AC 1/2 PK sudah sangat bisa mendinginkan.

Di satu sisi, AC 1 PK akan cocok untuk ukuran area yang lebih besar. Contohnya ruang keluarga, kantor terbuka, tempat kopi, working space, dan sebagainya. Namun, untuk ukuran ruangan yang sangat besar, beberapa orang akan merasa AC 1 PK masih saja kurang.

4 dari 7 halaman

Tingkat Kebisingan

Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK © Diadona

Hal lain yang membedakan antara AC 1/2 PK dan 1 PK adalah kebisingan suara yang dihasilkan. Biasanya, AC 1/2 PK relatif lebih senyap dan tidak berisik dibandingkan AC 1 PK. Ini karena AC 1/2 PK punya kipas dan kompresor yang cenderung lebih kecil dari 1 PK sehingga suara yang dikeluarkan juga kecil.

Sedangkan, AC 1 PK otomatis punya kipas dan kompresor yang lebih besar, sehingga lebih bising dari 1/2 PK. Namun, sebenarnya suara AC tetap bergantung pada merk atau model AC. Walaupun unit 1 PK, namun beberapa AC yang mahal cenderung tidak mengeluarkan suara apapun. Bahkan, ada AC-AC yang diklaim tidak mengeluarkan suara saat digunakan.

5 dari 7 halaman

Biaya

Salah satu pertimbangan banyak orang dalam memilih antara AC 1/2 PK dan 1 PK adalah harga. Pada intinya, semakin besar PK sebuah AC, maka harganya akan cenderung semakin mahal. AC 1 PK cenderung lebih mahal dibandingkan dengan AC 1/2 PK. 

Namun, balik lagi harga AC tergantung pada merk dan jenisnya. Beberapa merk AC memang punya kualitas dan teknologi yang sangat canggih, sehingga punya harga yang lebih mahal dari biasanya.

Desain dan Ukuran

Perbedaan fisik antara AC 1/2 PK dan 1 PK adalah desain dan ukuran masing-masing. Sebenarnya, desain AC tergantung pada developer masing-masing merk, ada AC yang memiliki desain mewah ada juga AC yang punya desain minimalis.

Kalau dari segi ukuran, AC 1/2 PK relatif lebih kecil dibandingkan AC 1 PK. AC 1 PK lebih besar dan berat karena memiliki komponen kipas dan prosesor yang lebih besar. 

6 dari 7 halaman

Perawatan

Perawatan juga salah satu yang membedakan antara AC 1/2 PK dan 1 PK. Karena ukuran yang lebih besar, otomatis AC 1 PK membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan AC 1/2 PK. AC 1 PK akan butuh pembersihan yang lebih rutin apalagi jika ditaruh di area yang besar dan berdebu. Sedangkan, kalau kamu menggunakan AC 1/2 PK di kamar, perawatannya tidak terlalu ribet.

Itulah berbagai hal yang membedakan AC 1/2 PK dan 1 PK yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Selain itu, berikut beberapa tips memilih AC ketika ingin membeli:

  1. Sesuaikan dengan ukuran ruangan. Pilihlah AC sesuai dengan ukuran ruangan yang kamu perlukan. Kalau kamu butuh AC untuk ruangan kecil dan penggunaan normal, AC dengan 1/2 PK sudah sangat cukup.

  2. Perhatikan fitur AC. Setiap merk AC memiliki fitur masing-masing. Beberapa AC punya fitur lebih canggih daripada yang lain, beberapa juga punya fitur minim dan cukup hanya untuk mendinginkan ruangan.

  3. Pilih merk AC dengan daya rendah. Untuk menghemat energi dan menekan pembayaran listrik, pilihlah merk AC yang punya konsumsi daya rendah.

Penulis: Starky

Beri Komentar