8 Desain Rumah Kebun yang Asri dan Nyaman Banget, Jadi Lebih Dekat dengan Alam

Reporter : Riza Umami
Rabu, 31 Januari 2024 10:22
8 Desain Rumah Kebun yang Asri dan Nyaman Banget, Jadi Lebih Dekat dengan Alam
Ini nih beberapa desain rumah kebun untuk kamu yang suka berkebun.

Desain rumah kebun telah menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan masyarakat. Rumah ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang tak hanya mencari tempat tinggal yang nyaman, tetapi juga terhubung dengan alam.

Rumah dengan kebun menciptakan suasana yang tenang dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Dengan desain yang tepat, rumah kebun pun akan terlihat cantik dan nyaman meski menanam banyak sayuran dan tanaman hijau.

Berikut ini beberapa desain rumah kebun yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin memiliki hunian dengan kebun yang hijau.

1 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun dengan Lahan Luas

Desain Rumah Kebun © Diadona

Jika kamu memiliki lahan yang luas, kamu bisa membangun rumah dengan kebun seperti ini. Desain rumahnya tampak modern dengan atap miring di bagian atas, kemudian atap yang di bawahnya dibuat datar.

Rumah ini pun bagian dindingnya didominasi dengan kaca sehingga pencahayaannya tentu sangat baik terutama di siang hari. Untuk kebunnya diletakkan di bagian depan rumah.

Tamu yang mengunjungi rumah tersebut akan melewati kebun yang dipenuhi tumbuhan hijau yang cantik. Penghuni rumah pun bisa menanami berbagai sayur dan tanaman yang diinginkan di taman rumah tersebut.

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun dengan Aksen Kayu

Desain Rumah Kebun © Diadona

Hunian dengan kebun seperti ini membuat penghuni rumah jadi lebih dekat dengan alam. Setiap hari saat bangun tidur, kamu bisa melihat kebun yang dipenuhi sayuran hijau seperti ini. Pasti rasanya menenangkan ya.

Untuk menambah kesan alami pada rumah, kamu bisa menggunakan bahan kayu seperti ini. Rumah kebun ini didominasi dari bahan kayu sehingga akan lebih menghemat budget. Namun, perawatannya perlu dilakukan dengan ekstra karena kayu mudah terserang rayap dan hama lain.

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun di Tengah Sawah

Desain Rumah Kebun © Diadona

Jika kamu memiliki lahan sawah, kamu bisa menyulapnya menjadi rumah kebun yang mungil seperti ini lho. Tinggal di rumah yang dikelilingi dengan alam seperti ini tentu akan terasa lebih damai dan tenang.

Selain itu, kamu gak perlu kesusahan membeli bahan makanan karena kamu bisa menanam berbagai sayuran di kebun. Selain itu, kamu bisa memelihara beberapa ekor ayam. Untuk stok beras, sawah di sekeliling rumah bisa kamu tanami padi.

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun Simpel

Desain Rumah Kebun © Diadona

Jika kamu tidak memiliki cukup banyak budget untuk membangun rumah, kamu bisa menggunakan desain rumah simpel seperti ini. Bangunan rumah tidak terlalu besar dan menggunakan bahan utama kayu.

Kemudian, halaman rumah dimanfaatkan untuk membuat kebun yang bisa ditanami berbagai sayuran dan tanaman. Meski sederhana, rumah ini tampak asri dan nyaman untuk ditinggali.

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun di Pedesaan

Desain Rumah Kebun © Diadona

Memiliki rumah yang tenang dan damai di pedesaan menjadi impian beberapa orang. Rumah ini terlihat homey dan asri sekali terutama dengan adanya kebun di halaman rumah.

Suasana pedesaan yang alami dengan pohon rindang pun terlihat begitu menenangkan. Pasti menyenangkan hidup di rumah kebun ini bersama keluarga kecil apalagi jauh dari hiruk-pikuk perkotaan yang terkadang terasa menyesakkan.

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun Dekat Danau

Desain Rumah Kebun © Diadona

Irigasi menjadi salah satu hal penting yang perlu dipikirkan jika kamu ingin memiliki rumah dengan kebun. Tinggal di rumah dekat danau ini bukan hal yang buruk apalagi karena sayuran dan tanaman hijau bisa mendapatkan pasokan air yang melimpah.

Untuk bagian rumah, buatlah lebih tinggi dengan danau supaya tetap aman dan terhindar dari banjir. Di pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan danau dan kebun yang indah. Wah, menyenangkan ya.

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun di Tengah Perkotaan

Desain Rumah Kebun © Diadona

Meski tinggal di tengah perkotaan yang padat penduduk, kamu tetap bisa membuat kebun di rumah asal punya lahan yang cukup luas. Sebagai contoh, pemilik rumah ini memanfaatkan area lantai duanya untuk membuat ruang terbuka hijau seperti ini.

Ada berbagai sayur mayur dan tanaman obat yang bisa ditanam di kebun rumah lantai dua seperti ini. Sayuran dan tanaman ini pun mendapatkan sinar matahari langsung karena areanya dibuat terbuka seperti ini.

8 dari 8 halaman

Desain Rumah Kebun di Tengah Hutan

Desain Rumah Kebun © Diadona

Mungkin awalnya terdengar agak menyeramkan tinggal di tengah hutan seperti ini. Namun, salah satu selebriti Indonesia sudah menjalaninya yaitu komika Dodit Mulyanto.

Ia tinggal di rumah di tengah hutan seperti ini. Dia juga memiliki kebun yang luas di dekat rumahnya tersebut. Seperti gambar di atas, rumah ini tampak indah berada di tengah-tengah kebun berbagai sayuran dan tanaman hijau.

Biar gak serem, rumah ini dipasangi dengan cukup banyak lampu supaya mendapatkan pencahayaan yang terang terutama di malam hari. Kalau punya rumah seperti ini, tentu gak bingung beli bahan makanan di tukang sayur.

Itulah beberapa desain rumah kebun yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang suka berkebun. Bagaimana, apakah tertarik memiliki rumah dengan kebun hijau seperti gambar-gambar di atas?

Beri Komentar